sign up SIGN UP

Kasus Dugaan Pelecehan Seksual oleh Guru Besar UI Viral di Twitter, UI Buka Suara

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 23 Nov 2021 11:45 WIB
UI Menyambut Baik Permendikbudristek PPKS

UI Menyambut Baik Permendikbudristek PPKS

UI Menyambut Baik Permendikbudristek PPKS


Dalam utas di Twitter yang viral tersebut juga menyinggung perihal Permendikbudristek No 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Permendikbudristek tersebut dikeluarkan dengan upaya untuk mewujudkan kampus yang aman, sehat, dan nyaman dari berbagai bentuk kekerasan berbasis gender terutama kekerasan seksual.

UI sendiri diketahui menyambut baik terbitnya Permendikbudristek PPKS. Menurut Agustina, UI akan menyelenggarakan upaya pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus melalui 3 jalur, yaitu melalui pembelajaran, penguatan tata kelola, dan penguatan budaya komunitas sesuai dengan Permendikbudristek.

Kenali tingkatan pelecehan seksual agar lebih waspadaIlustrasi pelecehan seksual/ Foto: Pexels/Karolina Grabowska


Sebelumnya, Ketua Dewan Guru Besar (DGB) Universitas Indonesia (UI) Prof Harkristuti Harkrisnowo juga mendukung penerapan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021.

"Saya sebagai dosen, sebagai perempuan, sebagai guru besar dan Ketua Dewan Guru Besar UI, sangat mendukung keluarnya permendikbud ini," ujar Prof Harkristuti, Rabu (10/11), seperti dikutip dari detikcom.

Menurutnya, penanganan kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan kampus tidak pernah tuntas. Bila dilaporkan ke polisi, pihak korban tidak mendapatkan perlindungan.

"Kasus-kasus di kampus, termasuk UI, tidak bisa diselesaikan dengan tuntas. Juga kalau dilaporkan ke polisi, korban juga tidak mendapat perlindungan/bantuan medis/sosial/psikologi, karena tidak ada aturannya," imbuhnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 


Our Sister Site

mommyasia.id