sign up SIGN UP

Kenalan dengan ATBO, Grup Baru dari IST Entertainment yang Langsung Cetak Prestasi Usai Debut

Siti Aida Fatimah | Beautynesia
Kamis, 11 Aug 2022 22:00 WIB
Kenalan dengan ATBO, Grup Baru dari IST Entertainment yang Langsung Cetak Prestasi Usai Debut
caption
Jakarta -

Terdapat beberapa grup yang melangsungkan debutnya pada tahun 2022, termasuk ATBO. ATBO sendiri merupakan grup yang debut di bawah naungan IST Entertainment dengan lagu Monochrome (Color). Bagi Beauties yang penasaran dengan mereka, yuk intip beberapa fakta mengenai grup ATBO!

1. Berawal dari Acara Survival

Line-up debut The Origin : A, B Or What?  / Foto : twitter.com/ATBO_ground
Line-up debut The Origin : A, B Or What?/ Foto: twitter.com/ATBO_ground

ATBO merupakan salah satu grup bungsu dari IST Entertainment. ATBO sendiri merupakan grup hasil survival “THE ORIGIN – A, B, Or What?” dengan 13 kontestan yang mulai tayang pada Maret 2022 lalu.

Pada penayangan final-nya, terdapat 7 peserta yang berhasil debut dengan nama ABO (at The Beginning od Originality). 7 peserta dipilih oleh audiens beserta juri dengan rincian 5 orang dipilih oleh audiens dan 2 orang oleh juri.

Lima orang pilihan audiens adalah Jeong Seung Hwan, Oh Jun Seok, Seok Rak Won, Ryu Jun Min, dan Bae Hyun Jun. Dua orang lainnya hasil pilihan juri ialah Yang Dong Hwa dan Kim Yeon Kyu.

2. Pergantian Nama

Pada Juni 2022, IST Entertainmeng mengumumkan perubahan nama grup yang semua ABO menjadi ATBO. ABO sendiri merupakan singkatan dari At The Beginning od Reality dan memiliki arti ambisi dari tim untuk mengungkapkan cerita baru serta original.

Namun karena adanya kekhawatiran penggemar internasional mengenai nama ABO yang dapat disalahartikan di beberapa wilayah tertentu, maka IST Entertainment memutuskan mengubah nama grup menjadi ATBO dengan mempertahankan makna asli yang telah dibuat.

3. Perubahan Line-Up

Won Bin, member baru ATBO / Foto : twitter.com/ATBO_ground
Won Bin, member baru ATBO/ Foto: twitter.com/ATBO_ground

IST Entertainment mengumumkan pada pertengahan Juni lalu bahwa salah satu member ATBO yakni Yang Dong Hwa memutuskan untuk tidak bergabung atau batal debut. Hal ini karena ada siswa yang terluka karena ucapan serta tindakannnya di masa lalu.

Yang Dong Hwa sendiri telah menyampaikan permintaan maafnya secara langsung serta merenungi kesalahan yang diperbuat di masa lalu. Keputusan membatalan debutnya ini telah melalui proses pengecekan fakta serta diskusi secara mendalam dengan yang bersangkutan.

Pihak Yang Dong Hwa serta orang tuanya juga menyatakan keinginan mereka untuk mengundurkan diri. Untuk mengganti posisi Yang Dong Hwa, IST Entertainment melakukan evaluasi internal terhadap trainee yang telah tereliminasi dan memilih Won Bin untuk masuk ke dalam line-up debut ATBO.

Won Bin dipilih karena menerima nilai tertinggi serta mendapatkan dukungan besar baik dari penggemar dalam negeri maupun internasional.

4. Fandom Resmi

ATBO mengumumkan melalui siaran langsung V Live mengenai nama resmi fandom. Dalam siaran tersebut, mereka mengumumkan bahwa nama resmi fandom mereka yakni 'BOAT' yang bearti bahwa baik member maupun penggemar berada di perahu yang sama serta akan berlayar bersama-sama.

5. Member Berpartisipasi dalam Pembuatan Lagu di Album Debut

ATBO DEBUT ALBUM  Concept Photo / Foto : twitter.com/ATBO_ground
ATBO DEBUT ALBUM Concept Photo/ Foto: twitter.com/ATBO_ground

Dalam mini album debutnya yang bertajuk The Beginning, member ATBO berpartisipasi dalam pembuatan lagu. Adapun lagu yang dirilis dalam mini albumnya yakni 7IBE (VIBE), Monochrome (Color) yang menjadi lagu utama, Graffiti, High Five, WoW, dan RUN.

ATBO sendiri secara resmi telah melangsungkan debut pada Rabu, (27/7) lalu.

6. Prestasi yang Diraih

ATBO dalam pemotretan Dispatch / Foto : twitter.com/dispatchsns
ATBO dalam pemotretan Dispatch/ Foto: twitter.com/dispatchsns

Meskipun baru debut, ATBO berhasil menunjukkan prestasinya. The Beginning berhasil debut pada posisi 128 pada iTunes worldwide album chart dan trending nomor 4 di Thailand. Lagu Monochrome (Color) menduduki peringkat 3 pada pada playlist Boy Bands: K-Pop Kings playlist yang dibuat oleh Tydal.

Music Video Monochrome (Color) berhasil mendapatkan 1,3 juta penonton dalam waktu 24 jam serta menjadi video nomor 6 yang sering ditonton secara global dalam waktu 24 jam terakhir.

Di dalam negeri, Monochrome (Color) di-streaming sebanyak 12,8 ribu serta mendapatkan 5,3 ribu unique listeners di MelOn serta album mereka berhasil terjual 24,730 pada hari pertama di Hanteo.

Itulah beberapa fakta mengenai grup bungsu dari IST Entertainment, ATBO. Sudahkah Beauties menentukan siapa yang akan dijadikan bias dalam grup ini?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id