sign up SIGN UP

Kenalan yuk dengan Metaverse yang Belakangan Lagi Banyak Dibahas Banyak Orang

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 20 Dec 2021 19:45 WIB
Kenalan yuk dengan Metaverse yang Belakangan Lagi Banyak Dibahas Banyak Orang
caption
Jakarta -

Belum lama ini, penyanyi Indonesia Syahrini mengunggah postingan berupa informasi tentang metaverse.

'Welcome To The Metaverse,...' tulisnya di caption. Mungkin kamu juga mulai sering dengar kata ini di mana saja. Lantas apa sih metaverse itu?

Dirangkum dari detikInet, metaverse itu sendiri merupakan dunia digital yang kemungkinan akan menggantikan kehadiran 'dunia fisik' dalam beberapa hal, Beauties.

Sehingga hal ini akan mengacu pada dunia virtual yang menyerupai dunia nyata di mana kamu bisa membeli rumah, tanah, bangunan, dan berbagai aktivitas juga transaksi jual-beli pada bidang lainnya, yang semuanya itu kerap dilakukan menggunakan mata uang kripto.

Metaverse: Ancaman atau Peluang bagi Umat Manusia?Metaverse: Ancaman atau Peluang bagi Umat Manusia?/ Foto: detik

Metaverse dapat dikatakan sebuah mixed reality (MR), paduan digital dan dunia nyata memanfaatkan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Kedengarannya canggih banget ya!

Konsep Metaverse Pertama Kali Diperkenalkan di Tahun 1992

Tepatnya dalam novel Snow Crash karya Neal Stephenson, yang mengisahkan perjalanan metaverse sepasang kurir untuk menyelamatkan diri dari distopia kapitalis. Mengutip dari USA Today, ia membayangkan avatar manusia hidup di bangunan 3D realistis.

Karakterisitik dari metaverse ini menurut para futuris mirip dengan penggambaran dari cerita fiksi ilmiah Ready Player One. Di antaranya persisten, real-time, punya fungsi ekonomi, merupakan jembatan dengan dunia nyata, serta ruang terbuka bagi seluruh pengguna.

Ganti Nama Jadi 'Meta', Facebook Fokus Pengembangan MetaverseGanti Nama Jadi 'Meta', Facebook Fokus Pengembangan Metaverse/ Foto: DW (News)

Facebook belum lama ini mengganti namanya menjadi Meta. Bukan tanpa alasan, karena Zuckerberg mendeskripsikan metaverse sebagai lingkungan virtual yang bisa dimasuki, alias nggak cuma lagi melihatnya lagi dari layar.

Yang berarti orang-orang bisa bekerja, bertemu, bermain secara virtual dengan memakai headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone dan/atau perangkat lainnya.

Itu dia penjelasan tentang metaverse. Apakah kamu juga excited dengan hal tersebut?

[Gambas:Youtube]

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id