sign up SIGN UP

#MERDEKADARISTIGMA

Kerap Jadi Pembicaraan Hingga Kritikan, 3 'Stereotip' Tentang Selebriti Korea Ini Nggak Sepenuhnya Benar

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 10:30 WIB
Kerap Jadi Pembicaraan Hingga Kritikan, 3 'Stereotip' Tentang Selebriti Korea Ini Nggak Sepenuhnya Benar
Deretan aktris Korea populer/ Foto: kdramastars.com
Jakarta -

Industri hiburan Korea Selatan yang terlihat gemerlap memang menjadi perhatian banyak orang. Banyaknya selebriti papan atas yang kariernya kian cemerlang, tak luput dari perhatian publik hingga dukungan penggemar.

Sayangnya, beberapa pihak masih memiliki anggapan atau penilaian yang kurang menyenangkan mengenai penduduk Korea Selatan khususnya mereka yang merupakan sosok 'selebriti' karena adanya 'stereotip' ataupun prasangka yang melekat.

Padahal, nggak sepenuhnya prasangka yang diberikan pada mereka benar atau sesuai dengan kenyataan yang ada. Selain itu, ada pula alasan kuat dibalik setiap tindakan maupun fenomena yang kerap menjadi penilaian publik terhadap selebriti Korea.

Ini dia beberapa prasangka maupun stereotip tentang selebriti Korea yang kerap jadi pembicaraan maupun kritikan, namun nggak sepenuhnya benar!

Semua Selebriti Korea Melakukan Operasi Plastik

Yeo Jin GooIlustrasi aktor Korea terkenal, Yeo Jin Goo/ Foto: twitter.com/theseoulstory

Operasi plastik menjadi salah satu hal yang kerap melekat dengan Korea Selatan. Yup, bukan rahasia umum lagi jika Negeri Ginseng ini dikenal dengan fenomena operasi plastik, terlebih jika melihat visual rupawan para selebriti Korea maupun para anggota grup K-Pop.

Kendati demikian, selebriti Korea maupun negara Korea Selatan nggak melulu soal operasi plastik, Beauties. Banyak selebriti Korea yang nggak menjalani operasi plastik dan merawat penampilan mereka bahkan sejak sebelum debut.

Selain itu, adanya gen, gaya hidup, hingga faktor lingkungan seperti cuaca turut mempengaruhi kondisi tubuh orang Korea, termasuk hingga kondisi visual mereka yang kerap tampil nyaris sempurna setiap saat.

Ilustrasi perempuan memakai liptintIlustrasi perempuan memakai liptint/ Foto: my.dailyvanity.com

Kalaupun ada beberapa selebriti Korea yang menjalani plastik, hal tersebut dilakukan karena alasan medis. Seperti misalnya anggota Super Junior yaitu Heechul yang mengaku menjalani operasi pada bagian hidungnya.

2. Heechul - Super Junior / foto: instagram.com/superjuniorHeechul Super Junior / foto: instagram.com/superjunior

Melansir Yahoo Life, pria berusia 39 tahun tersebut sempat jatuh dan menyebabkan hidungnya patah hingga harus menjalani operasi plastik.

Punya Kehidupan Mewah dan Hidup Nyaman

Ilustrasi kehidupan mewah selebriti KoreaIlustrasi kehidupan mewah selebriti Korea/ Foto: otakukart.com

Kendati memiliki kehidupan yang mewah, banyak selebriti Korea yang justru memulai karier dari 0, bahkan berasal dari keluarga sederhana. Nggak sedikit pula selebriti Korea yang kini terkenal dan termasuk dalam deretan selebriti dengan penghasilan paling tinggi justru pernah merasakan hidup 'susah'.

Seperti misalnya IU, aktris sekaligus penyanyi yang satu ini bukan berasal dari keluarga berada, dan sempat mengalami kesulitan finansial. Selain itu, banyak selebriti Korea yang kerap melakukan donasi rutin sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap sesama, sekaligus mengikuti perkembangan isu-isu sosial yang tengah dihadapi.

Gaya fashion IUIU menjadi salah satu selebriti Korea yang kerap melakukan donasi/ Foto: pinterest.com

Beberapa sosok selebriti Korea lainnya yang kerap berdonasi ialah IU, Song Hye Kyo, Kim Soo Hyun, Bae Suzy, dan masih banyak lagi. Dibalik kehidupan mewah pun, ada waktu yang harus mereka korbankan.

Para aktor hingga aktris Korea kerap memiliki jadwal syuting yang padat, hingga membuat mereka bisa kekurangan istirahat hingga jauh dari keluarga. Selain itu, persaingan yang ketat pun harus dihadapi mengingat banyaknya talenta-talenta baru yang selalu mengisi industri hiburan Korea Selatan.

Bisa Sukses dengan Mudah

Ilustrasi aktor dan aktris Korea dibalik layarIlustrasi aktor dan aktris Korea dibalik layar/ Foto: kdramaclicks.com

Sama halnya dengan 'stereotip' kehidupan mewah, segelintir orang pun pastinya pernah mengira jika selebriti Korea yang berprofesi sebagai aktor, aktris, entertainer, hingga anggota grup K-Pop sekalipun bisa sukses dengan 'mudah'.

Padahal kenyataannya, mereka menghabiskan bertahun-tahun mempersiapkan diri sebelum debut, lho. Selain itu, mereka harus menjalani berbagai pelatihan seperti masa training untuk menjadi idol K-Pop, hingga bersaing dengan para aktor maupun aktris lainnya lewat casting untuk mendapatkan sebuah peran.

Para idol K-Pop yang melakukan latihan keras sebelum tampilPara idol K-Pop yang melakukan latihan keras sebelum tampil/ Foto: koreaboo.com

Sama halnya dengan kita yang butuh bekerja keras untuk memperoleh prestasi di sekolah atau di tempat bekerja, selebriti Korea pun menjalani perjuangan yang sama, Beauties.

Kendati demikian, mereka selalu berusaha menampilkan sisi terbaik di depan publik agar nggak membuat penggemar kecewa atau khawatir. Salut sekali ya dengan perjuangan mereka!

Nah, itu dia beberapa stereotip hingga prasangka yang kerap disandingkan dengan selebriti Korea Selatan. Perlu diingat, setiap individu pastinya memiliki alasan yang kuat dibalik setiap tindakan yang dilakukan, termasuk dalam hal-hal yang menjadi stereotip di kalangan selebriti Korea.

Meskipun nggak bisa sepenuhnya menghilangkan pro dan kontra di antara stereotip tersebut, mulai biasakan melihat fenomena dari berbagai sudut pandang yuk, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id