sign up SIGN UP

Keren! Seoul Akan Jadi Kota Metaverse Pertama di Dunia, Cek Selengkapnya di Sini!

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 07 Jan 2022 22:00 WIB
Keren! Seoul Akan Jadi Kota Metaverse Pertama di Dunia, Cek Selengkapnya di Sini!
caption
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengubah Facebook menjadi Meta. Mark juga melakukan rebranding untuk memberi ide-ide futuristik dengan mengangkat istilah Metaverse.

Merangkum dari berbagi sumber, Metaverse adalah realitas digital yang menggabungkan aspek media sosial, game online, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency untuk memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual.

Di Metaverse, kamu dapat melakukan banyak hal, seperti bekerja, berbelanja, bahkan berkumpul dengan teman atau keluarga. Sama seperti yang kamu lakukan di dunia nyata, hanya saja dengan konsep virtual.

Nah, baru-baru ini, dikabarkan Seoul akan menjadi kota pertama di dunia yang punya dunia virtual Metaverse. Penasaran seperti apa? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Metaverse Seoul

Konferensi virtual walikota Seoul
Konferensi virtual walikota Seoul/Foto: Pinterest.com/Washington Post

Melansir dari The Washington Post, pada Oktober 2021, walikota Seoul, Oh Se Hoon, mengadakan konferensi secara virtual dalam wujud avatar. Ini merupakan langkah awal bagi Seoul menjadi kota pertama yang memasuki Metaverse.

Di Metaverse Seoul, nantinya penduduk dapat menggunakan fasilitas publik, mengunjungi tempat-tempat wisata, bahkan mengurus kegiatan administrasi hanya dengan mengakses Metaverse melalui ponsel masing-masing. Metaverse Seoul diperkenalkan pertama kali saat malam perayaan tahun baru dengan melakukan upacara membunyikan lonceng Bosingak di platform tersebut sehingga penduduk bisa ikut berpartisipasi secara virtual.

Merupakan Bagian dari Seoul Vision 2030

Merupakan bagian dari Seoul Vision 2030
Seoul Vision 2030/Foto: Pinterest.com/Seoul Metropolitan Government

Program Metaverse Seoul sendiri merupakan bagian dari Seoul Vision 2030 yang direncanakan selesai pada tahun 2026. Program tersebut telah dimulai pada akhir tahun 2021 dengan peluncuran berbagai fasilitas dan pelayanan virtual.

Pembangunannya sendiri mencakup 20 sektor dan masing-masing sektor akan dirilis dalam tiga tahap. Tahap pengenalan akan dirilis pada awal tahun 2022, lalu tahap ekspansi dari tahun 2023 hingga 2024, dan tahap penyelesaian dari tahun 2025 hingga 2026.

Aspek yang Ada di Metaverse Seoul

Gwanghwamun Square
Gwanghwamun Square/Foto: Instagram.com/koreatraveleasy

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, akan ada banyak fasilitas dan pelayanan secara virtual di Metaverse Seoul. Setidaknya, ada tiga aspek penting yang nantinya bisa kamu nikmati secara virtual. Apa saja? Berikut ringkasannya:

  • Metaverse 120 Center: Merupakan pusat layanan publik virtual yang dikelola avatar pejabat publik. Konsultasi dan layanan sipil yang dilakukan di dunia nyata akan dialihkan ke Metaverse ini.
  • Fasilitas pendukung bisnis: Fasilitas tersebut meliputi kantor Walikota virtual, Lab FinTech Seoul, Invest Seoul, dan kampus kota Seoul.
  • Virtual Tourist Zone: Memungkinkan para turis untuk berwisata ke Seoul secara virtual dengan mengunjungi tempat wisata utama di Seoul, seperti Gwanghwamun Square, Istana Deoksugung, dan Pasar Namdaemun.

Jalan-Jalan Virtual di Masa Depan

Jalan-jalan ke mana saja menggunakan virtual reality
Jalan-jalan menggunakan VR/Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov

Untuk kamu yang bercita-cita liburan ke Seoul, alangkah lebih baik bersabar sebentar. Dengan adanya Metaverse Seoul ini, tentunya akan mempermudah para turis jalan-jalan ke kota Seoul secara virtual, tanpa repot membuat paspor dan juga visa.

Virtual Tour sendiri sekarang banyak diminati karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kini sudah ada beberapa perusahaan yang dapat mewujudkan keinginan kamu untuk melakukan virtual tour.

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, tentunya semakin memudahkan manusia untuk beraktivitas, ya, Beauties. Apalagi kalau bisa jalan-jalan ke tempat favorit tanpa perlu ambil cuti dan urus paspor serta visa. Apakah kamu tertarik mengunjungi Metaverse Seoul?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id