sign up SIGN UP

Kesehatan Mental Lebih Baik, Lakuin 4 Trik Psikologi Ini Biar Hidup Lebih Kalem!

Ni Made Dwi Agustina | Selasa, 11 Jan 2022 17:00 WIB
Kesehatan Mental Lebih Baik, Lakuin 4 Trik Psikologi Ini Biar Hidup Lebih Kalem!
caption
Jakarta -

Permasalahan hidup bisa terjadi oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Hal ini bisa menyebabkan terganggunya kestabilan hidup, seperti terganggunya mental. Kesehatan mental yang buruk dapat terjadi ketika seseorang merasa stres, depresi, tidak percaya diri, dan sebagainya.

Pentingnya menjaga kesehatan mental sangat diperlukan. Kesehatan mental yang baik akan menciptakan kehidupan yang lebih damai. Lalu, bagaimana cara memiliki kesehatan mental yang baik? Berikut adalah trik psikologi yang dihimpun dari Psychlopaedia. Keep scrolling!

Bersosialisasi

Trik psikologi dengan cara bersosialisasi
Trik psikologi dengan cara bersosialisasi/ foto: Freepik.com/ tirachardz

Kegiatan bersosialisasi mampu membantu kesehatan mental. Trik psikologi ini juga bisa melatih cara berkomunikasi yang baik kepada orang lain. Tidak perlu bersosialisasi dengan terlalu banyak orang jika kamu merasa tidak nyaman, cukup bersosialisasi dengan orang-orang yang membuat nyaman saja. Kamu bisa saling bercerita, berbagai keluh kesah, merayakan kebahagiaan, dan sebagainya.

Membangun Kebiasaan Baik

Trik psikologi dengan membangun kebiasaan baik
Trik psikologi dengan membangun kebiasaan baik/ foto: Freepik.com/ freepik

Ini saatnya membangun kebiasaan baik, agar hidup lebih bermakna dan memiliki pencapaian hidup sesuai yang diharapkan. Kamu bisa berkembang untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dimulai dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang kamu terapkan.

Latihlah sikap kemurahan hati, saling memaafkan, optimis, dan bersyukur dalam setiap langkah yang kamu lewati. Selain itu, membangun kebiasaan baik mampu menurunkan hormon stres. Dengan demikian, hidup menjadi lebih tenang.

Sayangi Diri Sendiri

Trik psikologi dengan menyayangi diri sendiri
Trik psikologi dengan menyayangi diri sendiri/ foto: Freepik.com/ wayhomestudio

Menyayangi diri sendiri adalah hal utama untuk memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Perlakukan diri dengan penuh kebaikan, perhatian dan dukungan. Tidak perlu merasa insecure, sadarilah bahwa hidup ini penuh dengan kesalahan dan kekurangan.

Sikap ini dapat membantu kamu memiliki mental yang kuat. Hindari menuntut diri untuk menjadi sempurna di mata orang lain, namun jadilah versi terbaik dari diri kamu sendiri.

Istirahat yang Cukup

Trik psikologi dengan istirahat yang cukup
Trik psikologi dengan istirahat yang cukup/ foto: Freepik.com/ jcomp

Cara membangun kesehatan mental yang sederhana, namun terkadang disepelekan adalah istirahat yang cukup. Adapun kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Semakin bertambahnya usia, diri akan mudah merasakan stres, kekhawatiran, masalah dan rutinitas sehari-hari yang dapat menganggu kualitas tidur.

Menggunakan perangkat elektronik seperti tablet, ponsel atau bahkan menonton televisi sebelum tidur, dapat mengganggu jam tidur. Kualitas tidur yang kurang hanya akan membuat kesehatan fisik maupun mental semakin turun. Oleh karena itu, tetap perhatikan jam tidur kamu, ya!

Beauties, itulah keempat trik psikologi untuk kesehatan mental yang lebih baik. Kesehatan mental yang baik, akan membawa kualitas hidup yang lebih baik pula.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id