sign up SIGN UP

Kesulitan Saat Kuliah Online? Mahasiswa Baru Wajib Lakukan Ini!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Rabu, 18 Aug 2021 15:30 WIB
Kesulitan Saat Kuliah Online? Mahasiswa Baru Wajib Lakukan Ini!
caption
Jakarta -

Masa pandemi COVID-19 menyebabkan aktivitas bertatap muka berubah menjadi daring atau online, tidak terkecuali dunia pendidikan. Belajar secara daring atau online sudah dijalankan semenjak pandemi ini mulai meluas, termasuk kuliah online. Kuliah online atau daring tentunya memiliki perbedaan dengan kuliah tatap muka.

Yang membedakan adalah tempat, bahkan suasana pembelajaran. Sejumlah mahasiswa, khususnya mahasiswa baru harus dapat beradaptasi agar dapat melaksanakan perkuliahan dengan maksimal. Berikut ini kiat mudah beradaptasi di dunia perkuliahan untuk para mahasiswa baru ‘generasi pandemi’.

Menyusun Agenda Perkuliahan

Menyusun agenda kuliah online
Menyusun agenda kuliah online/ sumber: freepik.com/ benzoix

Tips pertama untuk mahasiswa baru yang akan menjalankan kuliah online adalah dengan menyusun agenda perkuliahan. Kegiatan ini penting dilakukan sebagai langkah awal untuk menyiapkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk perkuliahan. Selain itu, menyusun agenda perkuliahan juga bertujuan agar kegiatan-mu lebih terstruktur.

Memasuki masa perkuliahan, kamu harus lebih matang untuk menyiapkan segala sesuatu dengan maksimal. Walaupun kuliah dari rumah lebih terasa santai, kamu harus tetap memiliki agenda perkuliahan agar tidak mudah lupa.

Aktif Selama Perkuliahan

Semangat kuliah online
Semangat kuliah online/ sumber: freepik.com/ freepik

Kuliah online memang terasa cukup berbeda dibandingkan dengan kuliah tatap muka. Salah satunya, mahasiswa yang cenderung pasif saat proses perkuliahan berlangsung. Untuk memudahkan beradaptasi saat kuliah online, kamu harus menjadi mahasiswa yang aktif.

Aktif selama masa perkuliahan akan menambah nilai kamu, lho. Misalnya, aktif mengemukakan pendapat selama jam kuliah, bertanya terkait mata kuliah yang sedang diajarkan, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, kamu akan lebih nyaman melaksanakan perkuliahan secara online atau daring.

Gunakan Pakaian Sopan dan Rapi

Berpakaian saat kuliah online
Berpakaian saat kuliah online/ sumber: freepik.com/ freepik

Study from home bukan berarti kamu bisa bebas menggunakan baju seperti saat sedang di rumah. Saat mulai jam kuliah, kamu harus tetap menggunakan pakaian perkuliahan yang sopan dan rapi.

Kamu harus tetap membedakan kegiatan santai di rumah dan saat jam perkuliahan berlangsung, seperti selayaknya mahasiswa pada umumnya.

Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Tugas kuliah online
Tugas kuliah online/ sumber: freepik.com/ freepik

Mengumpulkan tugas tepat waktu termasuk hal terpenting dalam dunia perkuliahan, karena kalau terlambat mengumpulkan, maka nilai mu yang akan bermasalah. Kuliah online bukan berarti bisa bermalas-malasan untuk mengerjakan tugas. Kamu harus tetap mengerjakan tugas dengan maksimal dan mengumpulkannya tepat waktu.

Jangan pernah menunda pekerjaan karena akan membuat semua terasa lebih berat. Saat di rumah, kamu bisa mengerjakan tugas perkuliahan dengan fokus dan giat.

Melakukan Virtual Meet

Bersosialisasi diluar jam kuliah online
Bersosialisasi diluar jam kuliah online/ sumber: freepik.com/ tirachardz

Saat kuliah online intensitas bertemu dengan teman sekelas hanya sebatas saat jam perkuliahan melalui aplikasi virtual, terutama mahasiswa baru yang kesulitan untuk bersosialisasi dengan teman sekelas sehingga dunia perkuliahan dirasa kurang lengkap jika tanpa kehadiran teman kuliah untuk menemari hari-hari di kuliah.

Untuk itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan virtual meet dengan teman sekelas di luar jam perkuliahan. Cara ini bertujuan agar satu sama lain dapat saling mengenal, bisa bercerita, sebagai hiburan, dan lain-lain.

Walaupun sulit bertemu dengan teman sekelas secara langsung, kamu bisa mengakrabkan diri dengan melakukan virtual meet.

Itulah kiat mudah beradaptasi dalam dunia perkuliahan untuk mahasiswa baru ‘generasi pandemi’. Kuliah online atau kuliah tatap muka pada dasarnya sama saja, yang membedakan hanya lokasi perkuliahan.

Kamu harus tetap melakukan perkuliahan dengan maksimal dan jangan lupa untuk selalu menikmati setiap prosesnya. Semangat!


Our Sister Site

mommyasia.id