sign up SIGN UP

Kiat Jitu Bisa Staycation Low Budget Tapi Tetap Seru dan Menyenangkan

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 21 Nov 2021 13:30 WIB
Kiat Jitu Bisa Staycation Low Budget Tapi Tetap Seru dan Menyenangkan
caption

Ingin staycation namun minim budget? Tidak perlu khawatir Beauties, kamu tetap bisa kok mengatur rencana staycation yang seru, asalkan mengetahui tipsnya. Kiat ini akan membantu kamu untuk dapat merencanakan sebaik mungkin staycation low budget namun tetap seru dan menyenangkan.

Dengan begitu, kamu tetap bisa merasakan bagaimana serunya staycation baik itu sendiri alias me time ataupun bersama keluarga. Langsung simak tipsnya dibawah ini

Pilih Waktu Saat Low Season

Ilustrasi menentukan tanggal menginap/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi menentukan tanggal menginap/ Foto: Freepik.com

Kiat pertama ini bisa kamu terapkan apabila memiliki cuti di hari biasa atau weekdays. Pada umumnya, harga harga penginapan akan meningkat pada saat weekend maupun hari libur. Oleh karenanya, jangan menyia-nyiakan waktu apabila punya jatah libur di hari biasa, ya Beauties. Terlebih lagi kamu sudah planning ingin melakukan staycation.

Keuntungan lain biasanya juga bisa didapatkan ketika memilih staycation di saat low season adalah jumlah pengunjung yang tidak terlalu ramai sehingga memungkinkan kamu untuk lebih nyaman memakai fasilitas umum yang ada di penginapan. Contohnya saja kolam renang.

Atau juga bisa jadi ide kamu untuk work from hotel, mungkin?

Bandingkan Harga dan Memesan Penginapan dari Aplikasi

Ilustrasi pesan hotel lewat aplikasi/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi pesan hotel lewat aplikasi/ Foto: Freepik.com

Kiat selanjutnya adalah membandingkan harga dan memesan penginapan dari aplikasi. Ya, tidak bisa dipungkiri, di era digital seperti saat ini banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang bisa mempermudah booking hotel ataupun penginapan jenis lainnya.

Dengan begitu, Beauties selaku pengguna bisa dengan mudah membandingkan harga antar hotel di aplikasi yang berbeda. Apabila sudah menemukan harga yang terbaik dari salah satu aplikasi, maka jangan tunda untuk booking karena biasanya harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. 

Manfaatkan Promo dan Diskon yang Ditawarkan

Ilustrasi check in hotel/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi check in hotel/ Foto: Freepik.com

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, saat memesan penginapan lewat aplikasi, Beauties bisa mencari hotel atau penginapan yang tengah menawarkan promo tertentu, tetapi pertimbangkan juga hal lainnya. Seperti lokasi, fasilitas dan kesesuaian lainnya sesuai dengan kebutuhan dan rencana Beauties masing-masing.

Dengan kata lain, selain promo, perlu menelaah kesesuaian hal-hal yang ditawarkan dari penginapan yang bersangkutan dengan rencana staycation yang ingin Beauties lakukan.

Membuat Agenda Kegiatan

Ilustrasi kegiatan seru selama staycation/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi kegiatan seru selama staycation/ Foto: Freepik.com

Hal yang satu ini juga tidak boleh terlupakan ya, Beauties. Apabila ingin staycation yang seru, maka Beauties harus pastikan sudah mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama staycation. Dengan begitu, saat sampai di penginapan, Beauties tidak perlu bingung tentang hal yang akan dilakukan.

Hal ini juga akan menghemat waktu lho. Apabila memilih staycation bersama teman-teman, maka beberapa kegiatan seperti olahraga bersama, menonton bersama, berenang dan lainnya bisa menjadi agenda menarik yang dilakukan.

Mempersiapkan Snack dari Rumah

Ilustrasi memakan snack/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi memakan snack/ Foto: Freepik.com

Nah satu lagi tips yang bisa diterapkan ketika ingin staycation adalah mempersiapkan sendiri snack atau makanan ringan dari rumah. Tidak jarang, harga snack di sekitar penginapan akan lebih mahal dibandingkan dengan harga snack pada umumnya. Terlebih lagi jika lokasi penginapan yang dituju tidak berada pada lokasi yang strategis.

Untuk menyiasatinya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan membawa snack sendiri dari rumah. Selain hemat biaya, hal ini juga akan menghemat waktu karena tidak perlu lagi pergi ke tempat tertentu untuk membeli makanan ringan. Alhasil, lebih banyak waktu yang bisa dihabiskan untuk menikmati aktivitas staycation.

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id