sign up SIGN UP

Kiat Singkat dan Ampuh Meredakan Stres, Kamu Hanya Butuh 5 Menit!

Ayuliy Lestari | Jumat, 30 Jul 2021 16:00 WIB
Kiat Singkat dan Ampuh Meredakan Stres, Kamu Hanya Butuh 5 Menit!
caption

Penyebab stres setiap orang bermacam-macam, namun untuk meredakan stres itu sendiri, ada beberapa cara simpel yang mudah untuk dilakukan. Kamu pun bisa hanya membutuhkan waktu beberapa menit agar dapat rileks kembali. Terutama jika stres-mu disebabkan oleh tekanan pekerjaan, deadline, tugas yang menumpuk dan lain-lain.

Berikut cara singkat meredakan stres yang bisa kamu coba:

Menit Pertama: Akui Stres yang Tengah Kamu Rasakan

Kiat meredakan stres
Kiat meredakan stres/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Mengakui stres benar-benar dapat membantu mengangkat beban dari bahu kamu, Beauties. Ketika kamu sadar akan hal itu, artinya kamu mulai siap menghadapinya. Cobalah untuk mengatur ulang pikiran kamu dan menganggap perasaan campur aduk yang tengah kamu rasakan sebagai kesempatan untuk tumbuh.

Dikutip dari Healthline, saat seseorang sadar akan keadaannya, sadar dengan situasi yang membuatnya stres maka otak sedang menyusun ulang untuk mencoba belajar dari pengalaman sehingga kamu dapat menanganinya secara berbeda di lain waktu.

Menit Kedua: Cobalah Menarik Napas

Kiat meredakan stres
Kiat meredakan stres/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Dikutip dari Mind Body Center for Women’s Health, hanya dengan satu menit istirahat, hal tersebut bisa menenangkan saraf sistem otonom tubuh. Sistem saraf otonom sendiri merupakan sistem saraf yang bergantung pada sistem saraf pusat.

Jadi kamu hanya perlu menarik napas yang cukup dalam untuk meningkatkan asupan oksigen sehingga membuat tubuh lebih tenang. Bukan sembarang menarik napas ya, Beauties. Kamu harus memastikan bernapas dari diafragma. Coba letakkan satu tangan sekitar 2,5 sentimeter di atas pusar, kemudian, tariklah napas untuk empat hitungan.

Menit Ketiga: Makan Sedikit Cokelat atau Permen Karet

Kiat meredakan stres
Kiat meredakan stres/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Menurut Journal Proteome Research, kandungan cokelat hitam bisa membantu tubuh untuk mengurangi hormon stres. Dengan mengonsumsi cokelat hitam dengan ukuran 1,4 ons sehari selama dua minggu, bisa membantu tubuh untuk memangkas hormon tersebut.

Tapi jangan memakannya secara berlebihan agar gula darah tetap stabil, Beauties. Cobalah untuk mengonsumsi cokelat dengan ukuran satu persegi saja, kemudian foskuslah pada kenikmatan cokelat tersebut.

Selain cokelat, kamu juga bisa menikmati permen karet. Mengunyah adalah bentuk pengurangan stres yang cukup baik. Jika kamu memiliki permen karet, terutama permen karet beraroma, kunyahlah setidaknya selama satu menit. Ada baiknya, kamu selalu membawa coklat atau permen karet untuk pertolongan pertama saat sedang penat dan stres.

Menit Keempat: Hirup Minyak Esensial

Kiat meredakan stres
Kiat meredakan stres/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Menghirup minyak esensial dapat membantu menenangkan pikiran saat stres, cemas dan insomnia. Teknik ini, juga dikenal sebagai aromaterapi yang berfokus pada penggunaan aroma untuk menyeimbangkan kesehatan fisik, emosional dan psikologismu, Beauties.

Minyak esensial yang baik untuk meredakan stres adalah aroma lavender, mawar, akar wangi, chamomile dan kayu cendana. Namun kamu sebaiknya memilih aroma berdasarkan preferensi pribadi kamu, misalnya, jika aroma peppermint mengingatkan kamu pada suasana rumah dan membuat kamu tenang, tak masalah jika kamu memilih minyak esensial beraroma peppermint.

Untuk menggunakan minyak esensial sebagai pereda stres, oleskan tiga tetes ke kapas dan hirup dalam-dalam 10 kali. Kamu juga bisa membeli diffuser untuk ruangan atau meja kamu agar selalu mengeluarkan aroma yang menenangkan.

Menit Kelima: Mencari Udara Segar di Luar Ruangan

Kiat meredakan stres
Kiat meredakan stres/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Ketika stres tak kunjung reda dengan cara-cara sebelumnya, ada baiknya kamu bangkit dari tempat tidur atau meja kerjamu, lalu pergilah ke luar ruangan. Cara ini bisa meningkatkan kadar norepinephrine, zat kimia yang membantu otak melawan stres.

Cobalah mencari udara segar di luar ruangan dengan berjalan-jalan santai. Sama seperti aktivitas kardiovaskular lainnya, berjalan meningkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin akan meredakan stres ringan dan meningkatkan suasana hati, Beauties.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan adalah cara yang baik untuk menghilangkan stres. Hal ini dapat meningkatkan tingkat energi dan memori sebanyak 20 persen. Studi di UK menjelaskan jalan-jalan di ruang hijau sama seperti mengirim pesan pada otak bahwa kamu sedang melakukan meditasi.

Nah, itulah 5 menit pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengurangi stres. Ketika merasa penat, tegang dan mulai tidak fokus, sebaiknya berilah waktu untuk dirimu beristirahat. Jangan dipaksakan ya! Jika kiat meredakan stres di atas masih belum berhasil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog, Beauties.


Our Sister Site

mommyasia.id