Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Resign, Tetap Tunjukan Sikap Profesional
Ketika kamu ingin berhenti dari pekerjaan atau resign, kamu memerlukan refleksi dan perencanaan yang matang untuk memastikan keputusan yang diambil sudah tepat.
Mempersiapkan diri secara sepenuhnya dapat membantu kamu meninggalkan perusahaan dengan perasaan positif dan mengembangkan rencana untuk langkah karier selanjutnya.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum resign dari pekerjaan. Cek disini untuk tipsnya, ya, Beauties!
1. Siapkan Dana Darurat
Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik
Dilansir dari Real Simple, sebelum kamu resign dari pekerjaan kamu saat ini, ada baiknya untuk mempersiapkan dana darurat terlebih dahulu.
Setidaknya kamu bisa menutupi enam hingga sembilan bulan ke depan. Hal ini berguna untuk meringankan tekanan finansial kamu.
Â
2. Minta Rekomendasi
Surat rekomendasi kepada atasan/Foto:freepol.com/pressfoto
Di beberapa industri, lamaran kamu mungkin memerlukan rekomendasi profesional atau dukungan atas keahlian kamu.
Sebelum meninggalkan pekerjaan kamu, mintalah kepada supervisor atau atasanmu untuk menulis rekomendasi.
Surat rekomendasi ini bertujuan agar perusahaan yang kamu lamar mengetahui kinerja kamu selama bekerja di perusahaan sebelumnya.Â
3. Ikuti Protokol Pengunduran Diri
Ikuti protokol pengunduran diri/Foto:freepik.com/freepik
Protokol pengunduran diri setiap tempat kerja mungkin berbeda-beda. Atasan kamu mungkin akan meminta kamu untuk pemberitahuan dalam jangka waktu tertentu atau mengirimkan surat resmi.
Mengikuti protokol diwajibkan sebagai bagian dari perjanjian kontrak dan juga bentuk menghargai perusahaan tempat kamu bekerja.Â
4. Ungkapkan Rasa Terima Kasih
Ungkapkan rasa terima kasih kepada atasan dan juga teman kerja/Foto:freepik.com/drobotdean
Ketika kamu siap untuk berhenti dari pekerjaan, usahakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih dengan baik kepada teman-teman dan juga atasan kamu.
Langkah baik dan profesional ini dapat membantu menjaga hubungan kamu dengan orang-orang di tempat kerja. Kamu juga masih bisa berhubungan dengan teman-teman di tempat kerjamu.Â
5. Kembalikan Semua Fasilitas yang Diberikan Kantor
Kembalikan fasilitas kantor/Foto:freepik.com/freepik
Jangan lupa untuk mengembalikan semua perlengkapan kantor yang sebelumnya disediakan untuk menunjang fasilitas pekerjaan kamu sebelumnya.
Pengembalian fasilitas ini akan membuat kamu terlihat profesional dan bertanggungjawab dengan pekerjaan kamu sebelumnya.Â
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!