sign up SIGN UP

Makin Tajir Melintir, Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Terbaru! Cek, Ada Orang RI?

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Senin, 03 Jan 2022 14:00 WIB
Makin Tajir Melintir, Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Terbaru! Cek, Ada Orang RI?
caption
Jakarta -

Pembahasan seputar orang-orang terkaya di dunia memang tidak ada habisnya. Meski dunia masih dilanda wabah COVID-19, harta orang-orang terkaya dunia terus meroket alias meningkat. Memasuki tahun 2022, harta 10 orang terkaya dunia kini bernilai total lebih dari US$ 100 miliar atau setara Rp 1,427 triliun (asumsi Rp 14.270/US$).

Lantas, siapa saja yang termasuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia? Apakah ada orang terkaya dari RI? Menurut Daftar Miliarder Real-Time Forbes dan Indeks Miliarder Bloomberg per 29 Desember 2021, dikutip dari CNBC International, berikut daftarnya!

1. Elon Musk

Elon Musk, Jeff Bezos, dan Bernard Arnault menduduki peringkat teratas sebagai orang terkaya di dunia (tiga zodiak terkaya/Foto: thetrendspotter.net)Elon Musk/Foto: thetrendspotter.net

Posisi pertama orang terkaya di dunia berhasil ditempati oleh Elon Musk. Sebelumnya di tahun 2021, ia juga menempati peringkat pertama orang terkaya dunia versi Forbes, menggeser Jeff Bezos, mantan CEO Amazon.

Total kekayaan Elon Musk kini sebesar US$ 277 miliar (Rp3.954 triliun), bertambah US$ 121 miliar (Rp1.727 triliun). Elon Musk adalah CEO Tesla, serta pendiri dan CEO SpaceX. Dia juga dikenal sebagai pendiri Neuralink dan para pendiri The Boring Company.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos berada di urutan kedua sebagai miliarder di duniaJeff Bezos/Foto: Forbes.com

Mantan CEO Amazon, Jeff Bezos menempati peringkat ke-2 dalam daftar 10 orang terkaya dunia. Total kekayaannya sebesar US$ 195 miliar (Rp2,782 triliun), bertambah US$ 5 miliar (Rp71,3 triliun)

Setelah mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada Juli 2021, Bezos mengisi posisi baru di Amazon, yakni sebagai Ketua Eksekutif Dewan. Diakuinya, ia juga masih terlibat dalam proyek-proyek penting Amazon.

Meskipun begitu, Bezos juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus di Bezos Earth Fund, perusahaan pesawat ruang angkasa Blue Origin-nya, The Washington Post dan Amazon Day 1 Fund.

3. Bernard Arnault

Bernard ArnaultBernard Arnault/ Foto: LVMH

Bernard Arnault, yang menempati posisi ke-3, merupakan orang Eropa pertama terkaya yang masuk dalam jajaran 10 orang terkaya dunia. Arnault adalah pria asal Prancis yang menjabat sebagai ketua dan CEO dari perusahaan mode ternama dunia, yakni Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH).

Perusahaan tersebut membawahi grup yang terdiri lebih dari 70 merek mewah, termasuk Louis Vuitton, Moët & Chandon, dan TAG Heuer, hingga Sephora. Total kekayaan Arnault adalah US$ 176 miliar (Rp 2.511 triliun), bertambah US$ 61 miliar (Rp 870 triliun).

4. Bill Gates

Berzodiak Scorpio, ternyata lima orang ini tercatat sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih mencapai miliarn dolar (Zodiak Bill Gates/Foto: weforum.org)Bill Gates/Foto: Dok. weforum.org

Nama Bill Gates tentu sudah tidak asing lagi dalam daftar 10 orang terkaya dunia. Bisa dibilang, ia merupakan anggota permanen dalam daftar orang terkaya selama 20 tahun terakhir.

Total kekayaan Bill Gates sebesar US$ 139 miliar (Rp1.983 triliun), bertambah US$ 7 miliar (Rp99,8 triliun). Gates adalah pendiri perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, yakni Microsoft. Namun, kini ia lebih fokus pada pekerjaan filantropisnya melalui Yayasan Bill & Melinda Gates.

5. Mark Zuckerberg

Mark ZuckerbergMark Zuckerberg/ Foto: Instagram/zuck

Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Meta, sukses menempati posisi ke-5 orang terkaya dunia dengan total kekayaan US$ 128 miliar (Rp 1.826 triliun), bertambah US$ 24 miliar (Rp 342 triliun). Pada 2021 lalu, Facebook Inc berganti nama menjadi Meta Platforms Inc,  yakni perusahaan induk dari berbagai perusahaan media sosial seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Sebelumnya di 2021, Mark Zuckerberg berhasil menjadi miliarder termuda dalam daftar orang terkaya di dunia. Zuckerberg sendiri memiliki 13% saham di Meta, yang telah tumbuh nilainya lebih dari 20% tahun ini.

Ada Orang RI di Daftar 10 Orang Terkaya Dunia?

Ternyata, belum ada warga negara Indonesia yang berhasil masuk ke dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia. Namun menurut Forbes' Real-Time Billionaires per Minggu (2/1/2022), Robert Budi Hartono berhasil menembus 100 besar atau menempati posisi orang terkaya ke-86 di dunia dengan kekayaan $21.3 miliar atau Rp303,95 triliun.

Robert Budi Hartono adalah pemilik Djarum. Selain itu, Robert dan sang kakak, Michael Hartono, juga memegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Diketahui ia juga memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat.

Untuk melihat orang terkaya peringkat ke-6 hingga 10, simak selengkapnya di sini ya, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id