sign up SIGN UP

Masih Ada Kesempatan, 8 PTN Ini Masih Buka Jalur Mandiri

Ika Nur Amalia | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 19:45 WIB
Masih Ada Kesempatan, 8 PTN Ini Masih Buka Jalur Mandiri
caption

Hasil UTBK SBMPTN 2022 sudah dapat diketahui mulai 23 Juni lalu. Apapun hasil yang telah diterima tentulah yang terbaik untuk masing-masing peserta.

Sebagaimana mata uang yang memiliki dua sisi, pengumuman SBMPTN pun sama. Ada yang merasakan kebahagiaan karena berhasil diterima di kampus impian, ada pula yang masih harus berlapang dada karena belum berhasil lolos tahun ini.

Meskipun kecewa, namun nggak boleh terlalu lama bersedih ya Beauties. Kamu masih bisa mengejar kampus impian lewat jalur mandiri. Nah, ini 8 PTN yang masih membuka Seleksi Mandiri dan bisa kamu coba.

1) Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Ilustrasi belajar
Ilustrasi belajar /Foto: Pexels/Zen Chung

Seleksi mandiri UNPAD masih dibuka hingga 27 Juni 2022 pukul 16.00 WIB lalu. Terdapat dua skema seleksi yang bisa dipilih. Skema pertama yaitu peserta yang menggunakan nilai UTBK, sementara skema kedua yaitu peserta yang mengikuti ujian tulis mandiri.

Biaya pendaftaran untuk peserta skema satu ialah sebesar Rp 100.000, sementara bagi pendaftar skema kedua sebesar Rp 200.000. Pelaksanaan ujian dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Kamu bisa mengakses informasi lanjutan di laman https://smup.unpad.ac.id

2) Universitas Indonesia (UI)

Jalur mandiri Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan SIMAK UI masih dibuka hingga 27 Juni 2022. Kamu bisa memilih lebih dari satu prodi dengan ketentuan biaya pendaftaran sebagai berikut:

  • Biaya 2 pilihan pertama IPA atau IPS sebesar Rp 500.000
  • Biaya 3 pilihan pertama IPA dan IPS sekaligus sebesar Rp 600.000
  • Setiap pilihan berikutnya akan dikenakan tambahan biaya Rp 100.000

Informasi lebih lengkapnya bisa diakses pada laman https://penerimaan.ui.ac.id

3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Mengerjakan tes online
Mengerjakan tes online /Foto: Pexels/Ketut Subiyanto

Universitas Negeri Jakarta juga masih membuka seleksi mandiri hingga 1 Juli 2022. Ujian akan dilaksanakan secara online, namun untuk beberapa prodi terdapat juga tambahan ujian keterampilan.

Biaya pendaftaran jika kamu hanya memilih prodi saintek atau soshum saja sebesar Rp 300.000. Namun jika pilihanmu adalah campuran maka diharuskan membayar Rp 450.000.

Pada beberapa prodi yang memerlukan ujian keterampilan, akan dikenakan biaya tambahan Rp 300.000. Selengkapnya bisa kamu akses melalui https://penmaba.unj.ac.id

4) Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Seleksi mandiri UNNES masih dibuka hingga 2 Juli 2022 nanti. Kamu bisa memilih maksimum 2 program studi. Pendaftaran akan dikenakan biaya sebesar Rp 250.000, namun pada prodi tertentu yang memerlukan penilaian portofolio (prodi seni dan olahraga) akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 150.000.

Detail lengkapnya bisa kamu simak di laman https://penerimaan.unnes.ac.id

5) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Ilustrasi mengerjakan soal
Ilustrasi mengerjakan soal /Foto: Pexels/Louis Bauer

Sesuai dengan yang dilansir pada laman PMB UPI, seleksi mandiri masih dibuka hingga 3 Juli 2022 nanti. Kamu bisa memilih 2 prodi pada kelompok bidang minat yang sama, yaitu bidang minat Kependidikan atau Non Kependidikan dan minat Saintek atau Soshum.

Biaya pendaftaran yang harus disetorkan jika kamu berniat mengikuti seleksi mandiri UPI ialah sebesar Rp 350.000. Informasi lebih detail bisa diakses melalui https://pmb.upi.edu

6) Universitas Negeri Malang (UM)

Dilansir dari laman Seleksi UM, ada 5 macam jalur mandiri yang dibuka oleh universitas yang berlokasi di Jawa Timur ini. Namun, hanya tersisa 3 jalur yang masih dibuka setelah pengumuman UTBK.

Ilustrasi belajar
Ilustrasi belajar /Foto: Pexels/Jeswin Thomas

Kamu bisa mendaftar pada Jalur Mandiri Skor UTBK, Jalur Mandiri Kemitraan Institusi, ataupun Jalur Mandiri Portofolio. Ketiga jalur ini masih dibuka hingga bulan Juli nanti. Informasi lengkapnya dapat diakses pada laman https://home.seleksi.um.ac.id

7) UIN Sunan Kalijaga

Seleksi mandiri yang masih dibuka di UIN Suka yakni Mandiri CBT. Pendaftaran masih bisa dilakukan hingga 5 Juli 2022. Peserta bisa memilih 1 prodi prioritas dari kelompok sains atau soshum.

Kamu akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000. Pelaksanaan ujian akan dilakukan secara daring. Informasi lebih detail bisa diakses melalui https://admisi.uin-suka.ac.id

8) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Ilustrasi belajar
Ilustrasi belajar /Foto: Pexels/Artem Podrez

Jalur mandiri yang masih bisa kamu ikuti di UNY ialah jalur mandiri Prestasi Unggul dan Prestasi Akademik. Pendaftaran keduanya dibuka hingga 5 Juli 2022. Kedua jalur ini memiliki skema seleksi yang berbeda, namun biaya pendaftarannya sama yaitu sebesar Rp 200.000

Jalur Prestasi Unggul diperuntukkan bagi pendaftar yang berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik seperti bidang seni, olimpiade, hafidz Al-qur’an dan penghafal kitab suci lain. Sementara seleksi untuk jalur Prestasi Akademik akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik. Informasi yang lebih lengkap bisa diakses di laman https://pmb.uny.ac.id

Selalu ada jalan bagi yang mau berusaha, jadi sudahi sedihmu dan kembali berjuang untuk mencoba seleksi mandiri ya Beauties. Semangat!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id