sign up SIGN UP

Masih Jaman Pusingin Uang Bulanan? 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Ibu Rumah Tangga Ini Perlu Dicoba!

Zeyra Haya | Rabu, 10 Nov 2021 23:00 WIB
Masih Jaman Pusingin Uang Bulanan? 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Ibu Rumah Tangga Ini Perlu Dicoba!
caption

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Selain harus mengurus seluruh kebutuhan rumah, ia juga bertugas sebagai pengatur keuangan keluarga.

Mengelola keuangan menjadi tugas yang sangat penting. Setiap bulan para ibu harus memutar otak bagaimana mengatur keuangan bulanan dengan cermat agar seluruh kebutuhan keluarganya dapat terpenuhi.

Nggak Perlu Pusing, 5 Tips Mengatur Keuangan Ini Cocok Dicoba untuk Para Ibu Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan ibu rumah tangga tentunya berbeda-beda. Besar kecilnya gaji kerap mempengaruhi cara mengelola keuangan agar terhindar dari kondisi defisit keuangan. Untuk kamu para ibu rumah tangga, sudahi galaumu dan simak 5 tips mengatur keuangan berikut ini yuk!

1. Membuat Perencanaan Belanja Bulanan

Cara atur uang bulanan ala ibu rumah tangga/Foto: pexels.com/Liza Summer
(Cara atur uang bulanan ala ibu rumah tangga/Foto: pexels.com/Liza Summer)

Mengatur pengeluaran dalam berbelanja menjadi satu poin penting. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemborosan dan pengeluaran dapat terpantau dengan baik. Dengan membuat perencanaan belanja, kita akan mengetahui apa saja yang diperlukan dan mengetahui anggarannya. Namun, jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah disusun karena akan mengganggu kebutuhan lainnya.

Tips pentingnya, cobalah untuk membuat daftar kebutuhan selama sebulan. Rencanakan anggaran bulanan secara tertulis dengan membagi daftar pengeluaran menjadi dua, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan tersier.

2. Hindari Berutang

Hindari utang, ini dampak buruknya bagi keuangan keluarga/Foto: pexels.com/Pixabay
(Hindari utang, ini dampak buruknya bagi keuangan keluarga/Foto: pexels.com/Pixabay)

Menghindari utang menjadi langkah yang tepat untuk menjaga kestabilan keuangan. Memiliki utang akan membuat penghasilan cepat habis untuk membayarnya. Sebisa mungkin kita harus menghindari utang dengan mengatur kebutuhan sesuai budget yang dimiliki.

Tips untuk ini, menyesuaikan budget adalah cara terbaik. Namun jika mendesak, upayakan besaran uang cicilan utang tidak melebihi 30 persen dari penghasilan bulanan. Serta pastikan dana utang digunakan untuk kebutuhan produktif, bukan untuk sesuatu yang konsumtif.

3. Menyisihkan Dana Tabungan dan Dana Darurat

Pentingnya menyisihkan dana darurat saat mengatur keuangan bulanan/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Pentingnya menyisihkan dana darurat saat mengatur keuangan bulanan/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika sudah menyusun perencanaan belanja, maka kita akan mengetahui anggaran-anggaran apa saja yang bisa ditekan agar sebagian dananya dapat disisihkan untuk tabungan, asuransi dan investasi. Satu lagi dana yang perlu diperhatikan yakni dana darurat.

Dana ini penting dialokasikan untuk digunakan saat keadaan darurat seperti anak mendadak sakit, adanya fasilitas rumah tangga yang rusak dan hal tak terduga lainnya. Sehingga saat terjadi mendadak, kita tidak kebingungan dan sudah siap menghadapinya.

Tipsnya adalah sisihkan sisa dana anggaran pokok untuk tabungan dan alokasikan untuk dana darurat menyesuaikan pengeluaran bulanan. Simpan dana ini di rekening terpisah dengan rekening dana operasional bulanan.

4. Mengurangi Kebiasaan Boros

Tips mengatur keuangan rumah tangga, hindari sering beli makan diluar/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Tips mengatur keuangan rumah tangga, hindari sering beli makan diluar/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meminimalisir kebiasaan boros seperti terlalu sering menggunakan kendaraan bermotor dan sering jajan di luar adalah salah satu cara efektif untuk menekan pengeluaran bulanan. Tanpa kita sadari, terkadang kebutuhan tersier seperti shopping, makan di luar dan biaya kendaraan justru lebih besar ketimbang kebutuhan pokok.

Tips untuk ini, mulailah membiasakan diri untuk memangkas biaya untuk kebutuhan tersier. Alih-alih jajan di luar, ada baiknya memasak makanan sendiri di rumah agar kebersihannya juga dapat lebih terjamin dan biasakan untuk lebih sering menggunakan angkutan umum ketimbang kendaraan bermotor pribadi agar dapat lebih menghemat.

5. Memanfaatkan Diskon

Manfaatkan diskon dan penawaran sebaik-baiknya untuk menghemat biaya bulanan/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Manfaatkan diskon dan penawaran sebaik-baiknya untuk menghemat biaya bulanan/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ibu rumah tangga pasti sudah familiar dengan yang satu ini. Siapa sangka, ternyata berbagai diskon dan penawaran-penawaran seperti cashback dan gratis ongkos kirim memang harus dimanfaatkan oleh para ibu untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Tipsnya, pastikan untuk memanfaatkan diskon dan penawaran hanya untuk membeli kebutuhan yang diperlukan. Manfaatkan diskon untuk menghindari harga barang melambung tinggi. Namun, jangan sampai memborong hanya karena tergiur dengan harga murah.

Beauties, itulah beberapa tips mengatur keuangan untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu coba. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id