sign up SIGN UP

Mau Curhat Tapi Takut ke Psikolog? Coba Dulu 5 Aplikasi Konseling Online Gratis Ini yuk!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Kamis, 07 Oct 2021 06:15 WIB
Mau Curhat Tapi Takut ke Psikolog? Coba Dulu 5 Aplikasi Konseling Online Gratis Ini yuk!
caption

Di masa pandemi seperti sekarang, mungkin susah bagi kita yang ingin mengunjungi psikolog untuk konsultasi tentang masalah pribadi. Seringkali, kita juga dihantui rasa malu untuk becerita ketika harus berhadapan dengan psikolog.

Kamu sekarang nggak perlu khawatir lagi, Beauties! Sudah beredar banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk curhat tentang permasalahan hidupmu. Kamu juga akan diberikan solusi yang tepat.

Yuk, simak sederetan aplikasi konseling online yang bisa di-download melalui Playstore atau App Store:

1. Riliv - Counseling Online, Meditation, Sleep Sound

aplikasi konseling online
aplikasi konseling online/ Foto: Google Playstore

Merupakan salah satu aplikasi konseling online gratis yang paling populer. Terdiri dari para psikolog profesional yang berasal dari berbagai universitas ternama di Indonesia. Mereka seperti teman curhatmu yang siap mendengarkan permasalahan hidupmu. 

Kapan saja jika kamu ingin bercerita, mereka akan siap memberi solusi bagi permasalahan yang kamu alami. Bagi kamu yang tertarik mendengar saran medis, kamu bisa berlangganan fasilitas berbayar. 

2. Self- Help Anxiety Management (SAM)

aplikasi konseling online
aplikasi konseling online/ Foto: Google Playstore

Salah satu aplikasi konseling psikologi online yang digarap oleh pakar komputer di University of West England. Aplikasi ini secara khusus dirancang bagi kalian yang ingin belajar mengelola kecemasan. 

Selain dapat mengidentifikasi pemicu kecemasan, aplikasi ini juga memungkinkan pemakainya untuk bercerita. Jangan khawatir, karena identitasmu akan dirahasiakan kok!

3. Oncom- Konsultasi jadi Mudah!

aplikasi konseling online
aplikasi konseling online/ Foto: Google Playstore

Disebut sebagai Online Consultation & Mentorship (oncom), aplikasi ini merupakan aplikasi konseling online terlengkap. Penggunanya bisa mencurahkan pikirannya tentang apapun, mulai dari permasalahan rumah tangga, keluarga, hingga kesehatan. Paket lengkap, ya Beauties!

Fitur konsultasi ini dilakukan dengan para ahli di bidangnya yang dapat memberikan kamu solusi yang bermanfaat!

4. Whats Up? - A Mental Health App 

aplikasi konseling online
aplikasi konseling online/ Foto: BYU Edu

Whats Up? merupakan aplikasi konseling online gratis untuk mengelola kesehatan mental, caranya dengan menggabungkan terapi CBT dan komitmen.

Mereka bekerja dengan melacak kebiasaan buruk dan baik dari seseorang untuk membantunya mencari solusi. Sehingga, aplikasinya mampu membantu seseorang mengatasi kecemasan, stres, ataupun depresi. 

Uniknya, Whats Up? juga memiliki fitur buku harian dimana penggunanya dapat mencatat kegiatannya yang telah dilakukan sehari-hari, lho!

5. Persona 

aplikasi konseling online
aplikasi konseling online/ Foto: Google Playstore

Yang terakhir, adalah aplikasi konseling online yang bisa dimanfaatkan sebagai teman curhat, Beauties! Di dalam aplikasi ini, kamu bisa bebas curhat dengan para ahli di bidangnya yang akan memberikan saran medis. 

Jika kamu ingin merahasiakan identitasmu, maka kamu pun bebas menggunakan private mode. Berbagai macam fitur di dalamnya pun mudah diikuti, Beauties.

Itulah sederetan aplikasi konseling online yang dapat kamu coba. Selamat mencobanya ya, Beauties? 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id