sign up SIGN UP

Viral Bumil 9 Bulan Dilecehkan Bidan, Disebut Jorok! Kupas Tuntas Keputihan Saat Akan Melahirkan di Sini

Rini Apriliani | Rabu, 06 Oct 2021 15:30 WIB
Viral Bumil 9 Bulan Dilecehkan Bidan, Disebut Jorok! Kupas Tuntas Keputihan Saat Akan Melahirkan di Sini
caption
Jakarta -

Baru-baru ini media sosial kembali diramaikan oleh salah satu unggahan netizen yang curhat usai mengalami hal tidak menyenangkan saat hendak mengantarkan keluarganya lahiran. Dalam video yang disebar di TikTok, ia mengaku jika saudaranya mengalami pelecehan verbal oleh bidan karena beberapa hal. 

Selain masalah yang datang tanpa suami dan tidak bisa menggunakan BPJS, bidan puskesmas tersebut mempermasalahkan kondisi bumil 9 bulan yang mengalami keputihan banyak. Saat memeriksa kondisi tersebut, salah satu bidan mengatakan "IH JORSE" (ih jorok sekali) katanya.

@stevfanywijjaya

#GoodDayGoodJam #tolong #tolongbantu #tolongfyp #fyp #fypシ #bumil #mentalhealth

♬ suara asli - Ly💚🇲🇨

"Dan membuat saya sangat marah adalah ketika saat mereka mengecek pembukaan bumil lalu dia mengatakan 'keputihannya banyak banget', lalu bidan tersebut ada yang menjawab ih JORSE," ungkapnya, Rabu (6/10).

Tentu saja hal tersebut menyinggung mental ibu hamil yang sesaat akan berjuang melahirkan buah hatinya. Memangnya, keputihan banyak saat akan melahirkan tidak normal ya? Simak jawabannya di bawah ini yuk!

Peraturan Rumah Sakit yang BerlakuIlustrasi Perempuan Hamil/ Foto: Freepik.com/valuavitaly

Beauties, seperti yang dilansir dari berbagai sumber, ternyata keputihan yang dialami oleh perempuan adalah hal yang wajar sekali terjadi. Tidak hanya pada mereka yang belum menikah, justru saat hamil tiba, volume banyaknya keputihan pada perempuan ini justru akan datang semakin banyak. 

"Itu hanya hal biasa yang terjadi selama kehamilan," ujar Kerry Harris, seorang bidan yang berbasis di Vancouver, seperti yang dikutip dari HaiBunda, Rabu (6/10).

Volume banyaknya keputihan ini memang akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena untuk mengurasi risiko infeksi vagina dan rahim. Tak aneh jika mendekati waktu melahirkan, keputihan akan semakin banyak dan semakin berat untuk dilalui ibu hamil.

Hormon, perubahan serviks, dan adanya tekanan kepala bayi pada serviks menjadi penyebab keputihan. Kadar hormon estrogen tubuh selama kehamilan akan meningkat, sehingga meningkatkan aliran darah ke area panggul dan menstimulasi selaput lendir. 

Pakaian Ganti Ibu HamilIlustrasi Perempuan Hamil/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Kerry Harris pun kembali mengungkapkan jika keputihan saat hamil ternyata berguna sebagai sistem pembersihan vagina, membantu mencegah infeksi dengan membuang bakteri, menjaga vagina pada tingkat pH normal, dan menyingkirkan masalah sel-sel mati.

Berdasarkan hal ini, maka keputihan saat hamil tua terjadi ini seharusnya tidak perlu dipermasalahkan lagi. Karena ada banyak manfaat juga yang menyebabkan hal ini terjadi ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id