sign up SIGN UP

Mau Otak Jadi Lebih Encer? Lakukan Kegiatan Sederhana Ini di Pagi Hari untuk Meningkatkan Kecerdasan!

Raudiya Nurfadilah | Senin, 01 Nov 2021 06:00 WIB
Mau Otak Jadi Lebih Encer? Lakukan Kegiatan Sederhana Ini di Pagi Hari untuk Meningkatkan Kecerdasan!

Beauties, memiliki otak cerdas tidak hanya dilatih dengan cara belajar saja, karena jika kurang dilatih maka daya ingat dan ketajaman akan berkurang. Ada cara lain yang dapat membantu untuk meningkatkan kecerdasan yakni dengan menjalani hidup sehat dan melakukan beberapa kegiatan sederhana di pagi hari, agar tingkat intelegensimu meningkat.

Mengutip laman The Healthy, seorang neuropsikolog klinis asal New York bernama Jennifer Wolkin, PhD, mengatakan bahwa melatih area otak sebelum melakukan aktivitas seharian penuh dapat meningkatkan kelincahan dan fleksibilitas dalam pemikiran, dan dapat memungkinkan berkomunikasi dengan tenang.

Apa saja kegiatannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mendengarkan Musik Klasik

meningkatkan kecerdasan dengan mendengarkan musik klasik
meningkatkan kecerdasan dengan mendengarkan musik klasik/ Foto: Pexels/ Artem Podrez

Beauties, suara lembut dan tenang dari musik klasik seperti Mozart dan Beethoven telah lama disebut dapat bermanfaat bagi otak dan produktivitas secara umum. Dikutip dari Life Hack, para orang tua juga sering kali memperdengarkan Mozart kepada bayi dengan harapan anak mereka akan lebih pintar.

Sebuah studi menunjukkan bahwa musik, khususnya musik klasik benar-benar dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan pembelajaran.

“Mendengarkan musik klasik sambil bersiap-siap di pagi hari atau berolahraga secara signifikan dapat meningkatkan kefasihan verbal, fungsi kognitif, fokus, dan konsentrasi secara keseluruhan," kata Dian Griesel, seorang pengusaha dan bisnis serta juru bicara kesehatan.

Olahraga

Olahraga di pagi hari dapat mempertajam daya ingat
Olahraga di pagi hari dapat mempertajam daya ingat/ Foto: Pexels/ Li Sun

Olahraga penting dilakukan agar kita tetap sehat dan suasana hati bisa menjadi lebih baik. Namun, tahukah kamu, olahraga juga bisa meningkatkan kecerdasan, Wolkin mengatakan bahwa berolahraga dapat mengubah kimia otak dan bahkan disamakan dengan efek mengonsumsi antidepresan.

“Ini menandakan pelepasan beberapa neurotransmiter utama, banyak di antaranya memainkan peran penting dalam menjaga otak kita tetap tajam seiring bertambahnya usia,” kata Wolkin.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu memompa aliran darah dan oksigen ke otak, memungkinkan materi abu-abu bekerja dengan kapasitas tertinggi, yang berarti pengambilan keputusan, penilaian, serta memori yang lebih baik dan tajam. Oleh karena itu, sempatkan waktu beberapa menit untuk berolahraga sebelum melakukan kegiatan lain, ya.


Our Sister Site

mommyasia.id