Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Agar Sukses di Dunia Kerja, Ini Caranya!

Nikita Karin | Beautynesia
Sabtu, 26 Mar 2022 16:00 WIB
Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Agar Sukses di Dunia Kerja, Ini Caranya!
Kecerdasan Interpersonal Bisa Membuatmu Sukses di Dunia Kerja/foto: pexels.com/fauxels

Beauties, pernahkah kamu menemui dalam sebuah tim atau kelompok orang-orang yang sulit untuk kamu ajak kerjasama? Tidak jarang, orang-orang tersebut membuat kinerja kelompokmu jadi terhambat. Kemampuan untuk bekerjasama, saling menghargai dan memahami serta kemampuan untuk mengorganisir sebuah kelompok adalah kecerdasan interpersonal yang penting untuk dikembangkan.

Kemampuan dalam kecerdasan interpersonal yang dapat kamu kembangkan dan kamu gunakan dengan tepat dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja. Karena pada dasarnya, sebuah pekerjaan membutuhkan banyak orang yang bisa bekerjasama.

Adanya interaksi sosial antara satu dengan yang lain dapat menimbulkan sebuah gesekan apabila tidak dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, yuk kenali kemampuan apa saja yang tergolong kecerdasan interpersonal berikut ini!

Kemampuan Komunikasi

Komunikasi adalah aspek yang penting dalam kecerdasan interpersonal
Berlatih Komunikasi/foto: pexels.com/christina-morillo

Kemampuan komunikasi tergolong dalam kemampuan yang mencerminkan seseorang memiliki kecerdasan interpersonal. Kemampuan komunikasi berguna dalam dunia kerja karena melalui komunikasi, kamu bisa lebih mudah menjalin hubungan dengan seseorang, mudah menyampaikan informasi, bernegosiasi, dan kemampuan untuk persuasi.

Kemampuan komunikasi tidak hanya sebatas verbal saja, namun juga non verbal seperti sikap, bahasa tubuh serta tulisan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kamu juga lebih bisa memahami rekan kerja dan menempatkan diri di posisi yang tepat saat harus berinteraksi.

Problem Solving

kemampuan problem solving sangat berguna dalam dunia kerja
Ilustrasi Memecahkan Masalah/foto: pexels.com/tirachard-kumtanom

Saat berkecimpung di dunia kerja, tentunya kamu akan berhadapan dengan berbagai masalah. Mulai dari masalah perkerjaan hingga relasi dengan rekan kerja. Kemampuan problem solving berkaitan dengan berpikir analitis, kritis, logis sekaligus ulet saat menemui masalah sehingga kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Kemampuan ini akan sangat berguna di dunia kerja karena akan menjadikan dirimu sebagai orang yang penuh solusi serta penuh dengan ide-ide yang dapat membuatmu dan rekan-rekan lain mampu menyelesaikan masalah.

Leadership atau Kepemimpinan

kemampuan leadership berguna di dunia kerja
Leadership/foto: pexels.com/thisisengineering-

Leadership adalah suatu kemampuan yang berkaitan dengan cara memimpin maupun mengarahkan suatu kelompok. Hal ini sulit dilakukan apabila kamu tidak memahami karakter dari masing-masing orang serta cara mengarahkan mereka. Namun jika kamu berhasil, kamu bisa dengan mudah terlibat secara aktif dalam sebuah kelompok di tempat kerja.

Kemampuan ini bersifat kompleks dan mencakup beberapa kemampuan lain yang bermanfaat dalam dunia kerja. Sehingga, jika kamu bisa mengembangkan dan mengasah skill ini kamu juga bisa sekaligus mengembangkan kemampuan lain seperti problem solving, komunikasi, empati dan leadership itu sendiri.

Setelah mengetahui 3 dari beberapa kemampuan yang tergolong dalam kecerdasan interpersonal sekaligus manfaatnya di dunia kerja, sekarang kamu juga perlu tau bagaimana cara mengembangkan kecerdasan interpersonal. Yuk, simak!

Tingkatkan Potensi Diri

Meningkatkan potensi diri agar bisa mengembangkan potensi kecerdasan interpersonal
Ilustrasi Kondisi Tempat Kerja/foto: pexels.com/rfstudio

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah kenali dirimu. Mana yang jadi kekuranganmu dan mana yang menjadi kelebihanmu. Apabila kamu merasa bahwa contoh perilaku yang mencerminkan kecerdasan interpersonal yang baik ada di dirimu, maka kamu hanya perlu mengembangkannya.

Sedangkan jika contoh perilaku di atas tergolong kelemahanmu, maka kamu harus mengasahnya. Perbanyak aktivitas sosial yang bisa mendukungmu untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut.

Berlatih Komunikasi

Berlatih komunikasi akan membantumu bisa mengembangkan kecerdasan interpersonal dan sukses di dunia kerja
Ilustrasi Berlatih Komunikasi/foto: pexels.com/thisisengineering-

Hal utama yang perlu kamu kembangkan dalam dunia kerja yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal adalah kemampuan komunikasi. Latih dan evaluasi terus menerus kemampuan komunikasimu. Caranya perbanyak kegiatan public speaking, aktif dalam diskusi dan menyampaikan pendapat, perbanyak berdiskusi dan bertukar pikiran agar kamu secara perlahan juga terbiasa untuk berlatih menyampaikan pendapat serta gagasan.

Perluas Pergaulan

Lingkaran pertemanan yang luas dapat membantumu berkembang di dunia kerja
Perluas Pergaulan/foto: pexels.com/fauxels

Bagaimana caranya bergaul dengan banyak orang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal? Ternyata, dengan semakin banyak kamu mengenal orang maka akan makin banyak juga karaker orang-orang yang kamu temui. Hal itu yang menyebabkan kamu jadi lebih bisa memahami orang dengan berbagai karakter. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa memahami karakter orang lain dengan baik.

Yuk, Beauties, latih kemampuan-kemampuan yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal agar membuatmu lebih sukses di dunia kerja!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE