BILLBOARD
970x250

Mengenal 5 Ciri Kepribadian Ambivert yang Mudah Dikenali, Kamu Termasuk Nggak Nih?

Jasmine Rahmanizahra Sumirat | Beautynesia
Senin, 05 Jun 2023 21:00 WIB
Mengenal 5 Ciri Kepribadian Ambivert yang Mudah Dikenali, Kamu Termasuk Nggak Nih?

Introvert, ekstrovert, dan ambivert merupakan tiga kepribadian yang ciri-cirinya terlihat sangat jelas perbedaannya. Namun, tidak jarang bahwa banyak dari mereka yang sering bingung apakah dirinya termasuk introvert, ekstrovert atau bahkan ambivert.

Di suatu momen, seseorang bisa saja menginginkan untuk menyendiri dalam waktu yang lama. Tetapi, terdapat beberapa momen yang juga membuatnya ingin terus bersosialisasi tanpa henti dengan teman-temannya.

Untuk mengetahui apakah Beauties memiliki kepribadian ambivert sebaiknya simak beberapa ciri berikut ini!

1. Relate dengan karakteristik introvert dan ekstrovert

Ilustrasi ekstrovert.
Ilustrasi ekstrovert/Foto:Unsplash/Helena Lopes

Biasanya, kita cenderung merasakan sifat introvert atau ekstrovert secara keseluruhan. Namun, bagi seorang yang memiliki kepribadian ambivert, mereka cenderung berada di antara keduanya. 

Ambivert memiliki karisma atau ketegasan seperti ekstrovert dan juga sifat perhatian serta kemampuan mendengarkan seperti introvert. Jika Beauties merasa senang berada di dekat banyak orang, tetapi juga pada waktu tertentu lebih senang untuk menghabiskan waktu dengan berbincang dengan teman secara intimate maka memungkinkan bahwa Beauties memiliki sifat ambivert.

2. Memiliki perasaan yang tepat ketika memutuskan untuk percaya pada seseorang

Ilustrasi ekstrovert.
Ilustrasi ekstrovert/Foto:Unsplash/ Brooke Cagle

Ekstrovert umumnya cenderung mudah percaya dengan orang yang baru dijumpainya meskipun hanya sebentar. Ia bisa saja berterus terang kepada orang yang baru ditemuinya sehingga tidak heran kalau mereka punya banyak teman. 

Sedangkan, introvert lebih lama untuk membuka dirinya pada orang lain. Mereka cenderung menganalisa orang yang menjadi lawan bicaranya sebelum mulai membuka dirinya.

Namun, ambivert akan memiliki perasaan di mana mereka dapat menganalisa secara cepat apakah ia harus percaya atau tidak dengan lawan bicara yang baru saja ditemuinya.

Ciri Kepribadian Ambivert Selanjutnya: Merasa Nyaman di Situasi Apapun!

3. Merasa nyaman di situasi apapun

Ambivert memiliki sifat di mana ia dapat merasa nyaman di situasi apapun. Mereka bisa saja mencari interaksi sosial di tengah kerumunan dan juga menarik diri jika mereka membutuhkan waktu sendiri.

4. Komunikator yang baik

Ilustrasi komunikator.
Ilustrasi komunikator/Foto:Unsplash/ Brooke Cagle

Ambivert tidak hanya menyukai deep, intimate, dan percakapan empat mata, tetapi juga ia senang untuk berbincang dengan orang asing di kereta yang ia temui. Mereka adalah pendengar yang baik dan tahu kapan untuk berbicara atau mendengarkan.

5. Senang bekerja secara kelompok maupun sendirian

Ilustrasi kerja kelompok.
Ilustrasi kerja kelompok/Foto:Unsplash/ Jason Goodman

Sifat yang menandakan bahwa Beauties adalah seorang ambivert, yakni dapat secara unggul bekerja di sebuah kelompok ataupun sendirian. Hal ini dikarenakan ambivert dapat menyeimbangi dirinya ketika ia ingin menjadi centre of attention atau justru jadi seseorang yang pendiam di dalam kelompok.

Nah, itulah beberapa sifat yang menunjukkan seseorang memiliki kepribadian ambivert. Beauties termasuk nggak, nih?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE