STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal HR Rasuna Said, Sang 'Singa Betina' yang Patut Diteladani Perempuan Masa Kini

Hijria Khatimi | Beautynesia
Selasa, 17 Aug 2021 09:00 WIB
Cerdas dan Peduli Kemajuan Perempuan

3. Cerdas dan Mengutamakan Pendidikan

HR Rasuna Said dikenal sebagai perempuan yang cerdas sejak kecil. Mengutip dari karya Hafidz Muftisany berjudul Kisah Pahlawan Muslimah Dunia -  HR Rasuna Said Hingga Siti Sarah, sejak masa-masa pelajar Rasuna Said dipercaya untuk mengajar kelas di bawahnya, meskipun dirinya sendiri berstatus sebagai siswa. Tak cuma mementingkan pendidikan umum, ia juga memperdalam pemahaman agamanya dengan menempuh pendidikan di Pesantren Ar-Rasyidiyah.

Kecintaannya pada pendidikan dan ilmu pengetahuan tak luntur, meskipun dirinya sempat dipenjara karena menentang pemerintah Hindia Belanda. Setelah keluar dari penjara, ia justru memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Islamic College pimpinan K.H. Mochtar Jahja dan Dr. Kusuma Atmaja.

4. Peduli dengan Kemajuan dan Pemberdayaan Perempuan

Akibat ruang gerak yang terus dibatasi oleh pemerintah Hindia Belanda, Rasuna Said akhirnya pindah ke Medan. Di sana ia mendirikan sekolah khusus perempuan. Tak cuma itu, ia juga menerbitkan majalah Menara Putri yang kerap membahas isu-isu terkait perempuan. Di antaranya yaitu isu-isu seperti pentingnya peran perempuan di berbagai bidang, hingga kesetaraan antara perempuan dan laki-laki.

Itulah sifat-sifat HR Rasuna Said dan perjuangannya yang patut diteladani para perempuan. Semoga menginspirasi kita semua menjadi perempuan yang menebar manfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia, Beauties.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE