Di era yang serba cepat ini, keuangan menjadi topik yang semakin sering dibicarakan, terutama oleh generasi muda. Salah satu tren keuangan yang muncul di kalangan Gen Z adalah loud budgeting. Kalau kamu sering melihat konten di media sosial, khususnya TikTok, kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini.
Namun, apa, sih, sebenarnya loud budgeting itu dan mengapa semakin banyak anak muda yang tertarik mengadopsinya? Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Penjelasan Loud Budgeting
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/pe_jo |
Loud budgeting adalah cara mengelola keuangan yang menekankan transparansi dan kejujuran dalam finansial. Gen Z yang mengadopsi konsep ini tidak lagi merasa malu untuk berbicara terbuka tentang kondisi keuangan mereka. Ini termasuk memberi tahu teman-teman, keluarga, atau bahkan pengikut di media sosial bahwa mereka sedang berhemat atau tidak bisa ikut kegiatan tertentu karena alasan finansial.
Sederhananya, loud budgeting adalah kebalikan dari budaya konsumtif yang sering memaksa seseorang untuk berpura-pura memiliki banyak uang demi memenuhi ekspektasi sosial. Di bawah konsep ini, Gen Z merasa lebih nyaman mengatakan "tidak" ketika mereka tidak mampu membeli sesuatu atau ikut dalam acara tertentu, tanpa merasa khawatir akan penilaian orang lain.