STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal Resflasi, Lebih Seram Mana Dibanding Resesi Ekonomi? Anak Muda Wajib Tahu, Nih!

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 20:30 WIB
Mengenal Resflasi, Lebih Seram Mana Dibanding Resesi Ekonomi? Anak Muda Wajib Tahu, Nih!
Foto: Getty Images/iStockphoto/PRImageFactory

Sempat ramai kabar resesi ekonomi dan inflasi yang menghantui berbagai negara, yang mana hal itu bisa berpengaruh ke kehidupan masyarakatnya. Lalu terbaru muncul istilah resflasi, Beauties sudah tahu maksudnya?

Resflasi itu sendiri adalah gabungan dari resesi dan inflasi. Menurut Kepala Badan Pusat Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan RI Febrio N. Kacaribu, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, resflasi merupakan kondisi stagflasi.

"Kalau resesi dibarengi dengan inflasi yang masih tinggi itu namanya stagflasi, itu kombinasi yang berat. Karena suku bunga kebijakannya mengalami dilema," katanya.

Dampak bagi Kehidupan Masyarakat Sehari-hari

Ilustrasi PHKIlustrasi PHK/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Sebelumnya dalam Rapat Kerja dengan komisi XI DPR, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menjelaskan resflasi merujuk pada fenomena adanya resesi, tetapi di sisi lain laju inflasi yang tinggi, Beauties.

Saat ini banyak negara yang dikabarkan mengalami resesi. Mengutip CNBC Indonesia (22/11), disebutkan bahwa Indonesia memang jauh dari resesi, tetapi dampaknya tetap akan terasa.

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan Anak Muda untuk Siap Menghadapi Resesi di Tahun DepanMenyiapkan dana darurat/Foto: pexels.com/Yan Krukov

Mulai dari ekspor dan pertumbuhan ekonomi yang terancam menurun, hingga memperparah 'badai' Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang saat ini tengah terjadi di RI. Terutama pada perusahaan yang bertumpu ada ekspor.

Di sisi lain, inflasi menyebabkan harga barang mengalami kenaikan yang berdampak menurunnya daya beli masyarakat.

Beauties, semoga saja keadaan segera membaik sehingga kembali stabil. Di samping itu seperti yang telah disinggung sebelumnya, kondisi ini bisa berdampak dalam kehidupan sehari-hari, karenanya pastikan menjaga keuanganmu agar tetap aman, seperti memperhatikan arus cash flow hingga menyiapkan dana darurat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE