STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Mengesankan, Sederet Lagu K-Pop Populer Asal SM Entertainment Ini Merupakan Hasil Re-make!

Dina Natasya | Beautynesia
Minggu, 04 Sep 2022 19:00 WIB
Mengesankan, Sederet Lagu K-Pop Populer Asal SM Entertainment Ini Merupakan Hasil Re-make!

Karya musik merupakan sebuah kreativitas yang akan selalu hidup sepanjang tahun. Eksistensi sepanjang tahun tersebut membuat para musisi berusaha menciptakan warna yang akan menjadi ciri khas karyanya, termasuk musisi asal Korea di bawah naungan SM Entertainment.

Dikenal sebagai agensi yang berani menghasilkan musik eksperimental, SM Entertainment ternyata sering me-remake lagu untuk rilisan terbaru artisnya. Ini dia beberapa hits besar di antaranya, Beauties!

1. TVXQ - Mirotic

Potret foto sampul single Mirotic
Potret TVXQ dalam foto sampul single Mirotic/ Foto: kpop.fandom.com

Salah satu lagu hits dari TVXQ yang dirilis pada November tahun 2009 ini merupakan lagu remake dari penyanyi asal Jerman bernama Sarah Connor. Selang beberapa bulan sejak lagu Under My Skin milik Sarah Connor dirilis pada bulan Juni, SM Entertainment membeli hak cipta lagu tersebut untuk dibawakan oleh TVXQ yang kala itu masih terdiri dari 5 member.

Lagu hasil remake berjudul Mirotic yang aslinya sudah menunjukkan kemampuan vokal kuat Sarah Connor digubah menjadi semakin menarik oleh harmonisasi vokal dengan sentuhan rap.

2. SHINee - Juliette

Potret SHINee dalam foto sampul single Jepang Juliette
Potret SHINee dalam foto sampul single Jepang Juliette/ Foto: kpop.fandom.com

Di tahun yang sama dengan perilisan Mirotic, SM Entertainment kembali menggubah lagu asal musisi luar negeri untuk dijadikan lagu utama dalam album. Lagu remake dari Corbin Bleu bertajuk Deal With It diaransemen ulang oleh SM Entertainment menjadi lagu Juliette yang mulai dipopulerkan oleh SHINee sejak 2009 sebagai lagu tunggal.

Perbedaan utama dari versi asli dan hasil remake lagu rilisan 2007 Deal With It adalah instrumen musik lebih modern dan teknik vokal yang lebih kuat karena dibawakan secara grup.

3. f(x) - Hot Summer

Potret f(x) dalam foto konsep album Hot Summer
Potret f(x) dalam foto konsep album Hot Summer/ Foto: kpop.fandom.com

Lagu musim panas milik f(x) berjudul Hot Summer merupakan hasil remake dari girl group asal Jerman yaitu Monrose. Tidak mengalami perubahan judul, lagu pop bergaya trendi yang dirilis oleh Monrose pada 2008 tersebut ternyata sangat cocok dengan warna musik f(x).

Kesan segar dalam lagu semakin terpancar ketika f(x) berhasil me-remake lagu Hot Summer dengan sempurna sesuai karakter vocal setiap member-nya. Sejak perilisan lagu pada 2011 lalu, Hot Summer menjadi salah lagu populer di musim panas hingga saat ini.

4. Girls' Generation - Dancing Queen

Potret foto sampul single Dancing Queen oleh Girls' Generation
Potret foto sampul single Dancing Queen oleh Girls' Generation/ Foto: kpop.fandom.com

Girls' Generation menjadi girl group asal SM Entertainment yang sering merilis lagu hasil demo dan menggubah ulang lagu musisi asal luar negeri. Di antara deretan lagu populer Girls’ Generation, Dancing Queen adalah hasil re-make dari lagu Mercy yang dinyayikan oleh musisi berkebangsaan Wales yaitu Duffy.

Nuansa kental retro dan semi jazz pada lagu Mercy mengalami perubahan warna menjadi lebih manis dan funky dalam kesatuan suara member Girls’ Generation.

Hasil akhir remake berjudul Dancing Queen ini termasuk ke dalam single pra-rilis album ke-4 Girls’ Generation bertajuk I Got Boy yang dirilis pada 2012 lalu.

5. JOY - Hello

Potret JOY dalam foto sampul album Hello
Potret JOY dalam foto sampul album Hello/ Foto: kpop.fandom.com

Pada Mei tahun 2021 lalu, salah satu member Red Velvet yang terkenal memiliki suara manis, JOY merilis album pertamanya. Album khusus bertajuk Hello tersebut berisikan 6 lagu hasil re-make dari musisi Korea.

Di antara sederet lagu digubah ulang, JOY memilih lagu Hello sebagai lagu utama. Sebelumnya lagu Hello dipopulerkan oleh penyanyi veteran Park Hye Kyung dengan judul Good Bye. JOY memberikan suasana lebih ceria dan semangat dalam lagu bernuansa retro milik Park Hee Kyung.

6. aespa - Next Level

Potret aespa dalam foto sampul single Next Level
Potret aespa dalam foto sampul single Next Level/ Foto: kpop.fandom.com

Tak lama setelah merilis single remake Forever milik penyanyi sekaligus produser SM Entertainment Yoo Young Jin, aespa kembali menunjukkan kemampuan luar biasa melalui lagu Next Level. Next Level merupakan lagu tema dari film Fast and Furious: Hobbs and Shaw (2019).

Lagu bernuansa tenang dan keren secara bersamaan itu digubah ulang untuk disesuaikan dengan identitas musik futuristik aespa hingga bagian liriknya berisikan tentang dunia Kwangya yang sedang dikembangkan oleh SM Entertainment untuk semua artisnya.

Menarik sekali bukan Beauties deretan lagu legendaris hasil re-make di atas? Dari sebagian karya musik tersebut, SM Entertainment sukses menunjukkan kepiawaiannya sebagai salah satu pioner musik K-Pop dengan produksi lagu hasil remake mengesankan untuk artisnya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE