sign up SIGN UP

Mengintip Perayaan Hari Kemerdekaan Korea, Ada Perlombaan Seperti di Indonesia Juga Nggak Ya?

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Rabu, 17 Aug 2022 09:00 WIB
Mengintip Perayaan Hari Kemerdekaan Korea, Ada Perlombaan Seperti di Indonesia Juga Nggak Ya?
caption
Jakarta -

Negara Korea Selatan dan Korea Utara merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 15 Agustus, di mana hanya berbeda 2 hari dari Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan di tanggal 17 Agustus.

Nah, mengingat perayaan kemerdekaan yang tak jauh berbeda dari Indonesia, Beautynesia akan mengajak kamu untuk 'mengulik' tradisi perayaan kemerdekaan Korea, khususnya di negara Korea Selatan, Beauties.

Ada tradisi apa saja yang diadakan? Atau mungkin, adakah tradisi berbagai perlombaan seperti yang ada di Indonesia? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Mengadakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan

Lambang bendera Korea SelatanLambang bendera Korea Selatan/ Foto: all-free-download.com

Sama seperti Indonesia, negara Korea Selatan juga mengadakan upacara peringatan hari kemerdekaan pada tanggal 15 Agustus. Presiden pun turut menghadiri upacara resmi tersebut yang biasanya diadakan di Sejong Center of Performing Arts atau Independence Hall of Korea yang berlokasi di Cheonan.

Upacara tersebut pun diikuti dengan menyanyikan lagu kebangsaaan nasional yang disebut 'Lagu Gwangbokjeol'. Selain itu, bendera nasional Korea Selatan yang disebut 'Taegeukgi' pun akan terlihat di sepanjang jalan untuk memperingati hari tersebut seperti melansir Asia Society.

Menjadi Hari Libur Nasional

Hari kemerdekaan Korea SelatanHari kemerdekaan Korea Selatan/ Foto: Kim Hong Ji/Reuters

Yup, hari kemerdekaan Korea Selatan yang disebut Gwangbokjeol ini turut menjadi hari libur nasional bagi masyarakat, Beauties. Melansir Asia Society, sekolah, kantor, bank, kantor pemerintahan, hingga beberapa kantor bisnis akan tutup.

Sementara untuk sektor-sektor lainnya seperti perhotelan, restoran, hingga beberapa tempat wisata akan tetap buka. Dalam hari libur nasional tersebut juga ditemani dengan rangkaian upacara, festival, hingga parade menarik.

Bisa Mengunjungi Museum dan Menaiki Transportasi Publik Secara Gratis

Transportasi publikTransportasi publik/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tzido

Di hari kemerdekaan Korea Selatan, banyak orang yang merayakan hari tersebut mulai dari masyarakat umum hingga pemerintah sekalipun. Menariknya, beberapa orang yang merupakan keturunan dari para aktivis kemerdekaan Korea Selatan bisa mengunjungi museum secara gratis, hingga mengendarai transportasi publik tanpa harus membayar khusus di hari tersebut seperti melansir 90 Day Korean.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id