sign up SIGN UP

Menjelang Lebaran, Ini 5 Kiat Belanja Online Aman Biar Nggak Kena Tipuan Barang Jelek!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Rabu, 27 Apr 2022 06:15 WIB
Menjelang Lebaran, Ini 5 Kiat Belanja Online Aman Biar Nggak Kena Tipuan Barang Jelek!
caption

Sudah hampir satu dekade lamanya, era digital merubah segalanya. Mulai dari cara berkomunikasi, bermain, hingga bekerja. Tak terkecuali dalam hal berbelanja.

Belanja jadi lebih mudah dilakukan hanya dengan satu kali klik. Nggak perlu repot-repot keluar dan cari barang sana-sini. Tinggal duduk dan scroll sebentar, barang langsung dikirim. Harganya pun tak kalah miring.

Apalagi semenjak pandemi Covid-19 yang semua-muanya serba online. Ditambah lebaran yang tinggal hitungan hari, membuat intensitas belanja online semakin tinggi guna memenuhi keperluan di hari Raya.

Di lain sisi, intensitas transaksi online juga mengundang mara bahaya. Misalnya saja penipuan barang yang dijual maupun fraud lainnya. Oleh karena itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar belanja tetap mudah dan aman. Simak beberapa kiatnya di bawah ini!

1. Pastikan Berbelanja Lewat Aplikasi Terpercaya

TikTok ShopKiat Belanja Online Aman/Foto: Pexels.com/cottonbro

Bagi pecinta belanja online, pasti udah nggak asing lagi dengan deretan e-commerce yang tersedia kan? Selain produk yang lengkap, diskon dan berbagai bonusnya pun tak kalah heboh. Sampai-sampai diadakan ‘Hari Belanja Online Nasional’ alias HARBOLNAS setiap bulannya. Harganya pun tak kalah miring jika dibandingkan dengan beli langsung di toko, bahkan lebih murah tapi kualitas tetep sama.

Tak heran jika sekarang lebih banyak orang yang membuka lapak di aplikasi belanja online tersebut. Pasalnya, baik penjual maupun pembeli tak perlu khawatir akan kecurangan yang sering terjadi.

Karena, sistem aplikasi tersebut membantu menjaga setiap penggunanya. Sehingga jikalau ada masalah, penjual ataupun pembeli dapat langsung membuat pengaduan dan langsung ditindak sehingga mempermudah mendapat refund dana.  

2. Jangan Malas Baca Deskripsi Produk

membaca deskripsi produk sangat penting
diskon produk/pinterest.com/shareably.net

"Duhh, kok barangnya nggak sesuai sama yang digambar ya?"

Mungkin banyak dari pembeli sering mengeluhkan hal tersebut jika ekspektasi barang tak seindah realita ketika barang tersebut datang. Dalam hal ini ada dua sudut pandang yang harus diluruskan.

Sebagai penjual, alangkah baiknya jika memasukkan gambar yang sesuai dengan barang aslinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa kekecewaan pembeli yang bisa berujung dengan feedback buruk.

Nah sebagai pembeli, jadilah pembeli yang bijak. Yaitu pembeli yang membaca setiap detail deskripsi produk. Sehingga tidak salah beli barang.

3. Lihat Review Sebelum Membeli

kolom feedback sangat penting untuk meningkat kepercayaan antar penjual dan pembeli
feedback customer/pinterest.com/Jeff-Wong

Tips selanjutnya untuk memastikan barang tersebut layak dibeli atau tidak adalah dengan melihat kolom feedback dari para pembeli sebelumnya. Bisa dibilang tidak ada manusia yang sempurna.

Jadi kadang, walaupun si penjual sudah sangat mengantisipasi kualitas barang, tapi ada kemungkinan seperkian persen cacat dari si distributor. Sehingga jika nggak di cek ulang akan berimbas saat si pembeli menerima pesanannya. Oleh karena itu, ada baiknya agar barang di cek dahulu sebelum dikirim.

Nah sebagai pembeli, feedback dari pembeli sebelumnya bisa dijadikan penilaian apakah si penjual beneran menjual barang yang sesuai di gambar atau tidak. Jika banyak sekali penilaian negatif, alangkah lebih baik untuk mencari produk sejenis di toko lain.

Jangan sampai kecewa karena barang nggak sesuai cuma gara-gara harga barang murah.

4. Coba Konfirmasi Ulang ke Penjual

konfirmasi ulang produk dinilai sangat penting
customer support center/pinterest.com/Lifehacker

Langkah terakhir sebelum check-out adalah memastikan ke penjual bahwa barang tersebut sesuai deskripsi dan gambar. Hal ini bertujuan agar jika terjadi kekeliruan di deskripsi si penjual bisa bergegas membenarkan. Di satu sisi, si pembeli juga bisa meminta video atau foto produk yang lebih jelas untuk memastikan barang tersebut sesuai deskripsi.

Nah Beauties, itu dia beberapa tips berbelanja online menjelang hari raya Idul Fitri. Jadilah penjual maupun pembeli yang bijak ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id