sign up SIGN UP

Merasa Media Sosial Mulai Toksik, 5 Hal Perlu Dilakukan Agar Kamu Lebih 'Sehat'

Ruhil Anadiah Sabrina | Minggu, 26 Sep 2021 23:00 WIB
Merasa Media Sosial Mulai Toksik, 5 Hal Perlu Dilakukan Agar Kamu Lebih 'Sehat'
caption

Hayo siapa nih yang kerjaannya cuma scrolling media sosial? Saat bekerja bukannya fokus menyelesaikan pekerjaan malah asyik buka Instagram, hari-hari diisi dengan rebahan sambil nonton YouTube, eh tahu-tahu waktu habis berantakan.

Waduh, kebiasaan satu ini harus dihindari ya karena kalau ketergantungan media sosial kamu yang bakal lelah sendiri. Ya memang sih medsos juga sebagai tempat untuk mencari hiburan. Di saat penat bekerja buka Instagram, Twitter, TikTok, langsung deh pikiran jadi lebih segar.

Namun ingat jangan berlebihan karena bisa berujung toksik. Ini dia lima langkah mudah mengatasi media sosial yang toksik. Simak yuk, Beauties!

1. Puasa Media Sosial

Puasa Media Sosial
Puasa Media Sosial/pexels.com/@charlotte may

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu, puasa media sosial. Hmm, memang bisa ya puasa media sosial? Bukankah setiap hari kita nggak bisa lepas scrolling Instagram, buka Twitter, lihat video TikTok, main Facebook, dan sebagainya. Namun nggak ada salahnya lho kamu lakukan!

Coba tantang dirimu sehari saja untuk tidak buka medsos, namun tetap mengaktifkan fitur chat dan email. Mengapa dua fitur tersebut tetap aktif, karena biasanya keluar masuk pekerjaan dari dua fitur tersebut. Nah kalau kamu berhasil melakukannya dalam satu hari, nggak ada salahnya untuk menambah beberapa hari ke depan untuk puasa media sosial. 

2. Batasi Waktu Penggunaan

Batasi Waktu Penggunaan
Batasi Waktu Penggunaan/pexels.com/@Tima Miroshnichenk

Cara selanjutnya yaitu, dengan membatasi waktu penggunaan. Jika kamu dituntut untuk tetap mengecek media sosial, diharuskan untuk online, dan pekerjaanmu nggak bisa ditinggal, kamu bisa mengatur limit waktu penggunaannya. 

Misalnya nih, kamu membuat pengaturan aplikasi Instagram hanya bisa diakses 1 jam saja. Nah nanti kalau kamu bermain Instagram melebihi waktu yang sudah ditetapkan, aplikasi tersebut tidak bisa dibuka lagi. Tentunya kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. 

3. Follow Akun-akun yang Bermanfaat

Follow Aku akun yang Bermanfaat
Follow Akun yang Bermanfaat/pexels.com/@pixabay

Selain faktor keseringan bermain medsos, merasa media sosial jadi toksik bisa juga disebabkan karena kamu mengikuti akun-akun yang nggak bermanfaat. Akun provokatif yang sering membuat huru-hara dan menebar kebencian.

Nah kamu bisa follow akun yang sekiranya memberi manfaat dalam hidupmu, seperti akun yang berisi quote inspiratif, video lucu-lucu, mengenai pengetahuan bisnis, pendidikan, dan sebagainya. Dengan demikian membuka medsos nggak hanya sebagai tempat untuk mencari hiburan, namun bisa menambah wawasan. 

4. Unfollow Akun Toksik

Unfollow Akun Toksik
Unfollow Akun Toksik/pexels.com/shevts production

Selain men-follow akun yang membuatmu bahagia, kamu juga diperkenankan untuk berhenti mengikuti akun yang tidak membawa dampak positif dalam hidupmu. Nggak ada salahnya untuk unfollow teman yang suka menebar kebencian, akun "bodong" yang suka membuat berita hoax tersebut.

Kamu berhak untuk memilih dan memilah jaringan pertemanan di media sosial. Karena kalau kamu hobi mengikuti akun toksik tersebut nggak hanya membuat waktumu terbuang cuma-cuma, namun bisa membuat kesehatan mental jadi terganggu. So, jadilah pengguna yang cerdas. 

5. Membuat Kegiatan di Luar Media Sosial

Membuat Kegiatan di Luar Media Sosial
Membuat Kegiatan di Luar Media Sosial/pexels.com/andrea piacquadio

Memang media sosial ini penuh dengan hiburan. Kamu cari apa saja ada semua di dalamnya. Namun jika dalam pemakaiannya kamu nggak bisa mengontrol diri dengan baik, bisa membuatmu jadi kecanduan. Nah untuk mengatasi hal tersebut, coba deh membuat daftar kegiatan di luar media sosial.

Ketika sedang tidak ada tugas, pekerjaan selesai, pasti kamu tergoda untuk bermain medsos kan? Nah kamu bisa mengalihkan dengan kegiatan lain seperti nonton film, melakukan hobi, baca buku, quality time bareng sahabat, dan aktivitas positif yang lain. 

Itulah lima hal yang harus kamu lakukan saat merasa media sosial berubah jadi toksik. Semoga tips di atas bisa membantumu ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id