sign up SIGN UP

Meski Bukan Psikolog, Kamu Juga Perlu Tahu 10 Gangguan Kepribadian yang Terbagi dalam 3 Cluster!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 08 Mar 2022 08:45 WIB
Meski Bukan Psikolog, Kamu Juga Perlu Tahu 10 Gangguan Kepribadian yang Terbagi dalam 3 Cluster!
caption
Jakarta -

Ada banyak seluk beluk yang bisa kita ketahui dari kepribadian seseorang, bahkan kendati kamu bukan psikolog, nggak ada salahnya untuk mengetahui hal ini. Sebab, sebagai makhluk sosial, kamu akan bertemu banyak orang di kehidupanmu dengan kepribadian yang berbeda-beda.

Mungkin kamu juga akan menemukan seseorang dengan gangguan kepribadian di dalam dirinya. Jika kamu abai dengan hal ini, bisa jadi kamu juga akan yang kesulitan menghadapi serta menyerang dirimu sendiri. 

pasangan introvert dan ekstrovert rawan konflikIlustrasi gangguan kepribadian. (Foto: pexels.com/Cottonbro)

Dikutip dari Psychology Today, gangguan kepribadian mungkin mencerminkan kombinasi sifat kepribadian yang berpotensi mengganggu, seperti tidak ramah atau narsisme tinggi, sehingga membuat seseorang sulit bergaul atau membuat orang tersebut memperlakukan orang lain dengan buruk.

Di lapangan, gangguan kepribadian biasanya didefinisikan dengan rangkaian tanda dan gejala yang mencerminkan bahaya atau kesulitan yang berasal dari cara hidup seseorang. Dikutip dari sumber yang sama, setidaknya ada 10 gangguan kepribadian, yang dikelompokkan menjadi tiga cluster. Apa saja?

Cluster A

Virgo adalah salah satu zodiak rempongIlustrasi gangguan kepribadian. (Foto: Freepik.com/ lookstudio)/

Pola berpikir yang aneh atau eksentrik adalah ciri dari gangguan kepribadian cluster A. Seperti kecurigaan terus-menerus atau ketidaktertarikan pada orang lain.

Beberapa orang dengan gangguan kepribadian cluster A ini juga memiliki keyakinan aneh, yang cocok dikaitkan dengan gangguan psikotik seperti skizofrenia. Ada tiga jenis gangguan kepribadian cluster A, yaitu paranoid, skizoid, dan skizotipal.

Cluster B

Jika gangguan kepribadian cluster A ditandai dengan pola pikir yang eksentrik, gangguan kepribadian cluster B ditandai dengan keadaan emosi yang tidak stabil dan perilaku yang tidak menentu.

Berdasarkan astrologi keempat zodiak ini mudah terjebak dalam toxic friendship (Teman yang toxic/Foto: pexels.com/Liza Summer)Ilustrasi gangguan kepribadian. (Foto: pexels.com/Liza Summer)

Mereka cenderungan untuk menyerang atau mencoba memanipulasi orang lain. Hal ini juga dilakukan bersama dengan perilaku lain, sehingga dapat menyebabkan gangguan besar dalam hubungan interpersonal. Antisosial, borderline, histrionik, dan narsistik, adalah empat gangguan kepribadian yang masuk dalam cluster ini.

Cluster C

Gangguan kepribadian cluster C melibatkan cara berpikir seseorang yang berhubungan dengan orang lain dan diwarnai oleh kecemasan serta ketakutan. Out of no where, kecemasan ini bersifat mendarah daging.

OCD atau Obsessive-Compulsive Personality Disorder adalah gangguan kepribadian yang cukup terkenal di cluster ini, diikuti oleh avoidant personality disorder dan dependent personality disorder.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id