sign up SIGN UP

4 Pola Licik Seorang Narsistik Menghancurkan Orang Lain, Segera Sadari dan Menjauh!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 01 Mar 2022 13:45 WIB
4 Pola Licik Seorang Narsistik Menghancurkan Orang Lain, Segera Sadari dan Menjauh!
caption
Jakarta -

Sejak populer sekitar satu dekade lalu, kata "narsis" jadi umum diucapkan oleh masyatakat. Biasanya, kata "narsis" digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang suka mengunggah foto diri sendiri atau swafoto sesering mungkin.

Padahal, narsis sendiri lebih dari sekadar keinginan mengunggah foto atau selfie, Beauties. Di dunia kejiwaan, narsistik, kepanjangan dari narsis adalah sebuah gangguan kepribadian di mana orang yang memiliki gangguan ini memiliki perasaan yang meningkat tentang kepentingan mereka sendiri.

kepribadian narsistikIlustrasi kepribadian narsistik. (Foto: freepik.com/viki_studio)

Dikutip dari Mayo Clinic, orang narsistik memiliki kebutuhan yang mendalam akan perhatian dan kekaguman yang berlebihan, hubungan yang bermasalah, dan kurangnya empati terhadap orang lain. Begitu juga yang didefinisikan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Narsistik adalah kepedulian yang berlebihan pada diri sendiri yang ditandai dengan adanya sikap arogan, percaya diri, dan egois. Tiga kata terakhir merupakan senjata terbesar seorang nastistik untuk memenangkan dirinya senidiri.

Alasan zodiak Pisces harus percaya dengan insting mereka sendiri / Foto: Freepik @lookstudioIlustrasi narsistik. (Foto: Freepik @lookstudio)

Dikutip dari Psychology Today, orang narsistik biasanya memiliki empat pola licik untuk menghancurkan orang lain agar dirinya mendapat spotlight dari orang lain. Apa saja?

Tidak Menunjukkan Kenarsisan di Awal

Di awal perkenalan, orang narsistik nggak akan menunjukkan kepribadiannya yang licik. Sebaliknya, mereka akan menjadi orang yang paling peduli, suportif, dan penuh perhatian, sehingga kamu menjadi nggak bisa melihat red flag di dalam dirinya.

skincareIlustrasi narsistik. / Foto: pexels.com/cottonbro

Saat kamu kebingungan akan sikapnya yang tampak bias, mereka justru akan mengalihkan perhatianmu sampai kepercayaan kamu pulih. Itu cara mereka menghindari konflik dan drama.

Playing Victim

Setelah kamu dibuat jatuh cinta atau percaya penuh dengannya, kemudian orang narsistik akan membuat kamu meragukan validitas atas perasaan sendiri. Kemudian, kamu akan berulang kali disakiti, lalu dipatahkan, dan kamu dianggap tidak dapat mengelola emosi dan perspektif sendiri.

Akibat kecenderungan sifat egois, seorang narsistik menyangkal telah melakukan kesalahan dan memutarbalikkan kesalahan ke kamu atau orang lain. Dengan kata lain, seorang narsistik akan bertindak playing victim. Ini adalah pola licik kedua seorang narsistik menghancurkan kepercayaan diri kamu.

Gaslighting

Ketika merasa terintimidasi, seorang narsistik biasanya akan memberontak dengan bertindak superior. Mereka nggak segan mengambil kekuasaan secara tidak tepat dalam hubungan. Pada titik ini, si narsistik mungkin akan berkata "kamu terlalu banyak berpikir", "kamu terlalu emosional", "kamu terlalu sensitif", dan lain-lain.

Gemini adalah zodiak yang jago sugarcoatingIlustrasi gaslighting. (foto: Freepik.com/ ansiia)

Secara tidak langsung, mereka akan melakukan gaslighting untuk merusak perasaan seseorang. Nggak jarang mereka meremehkan kemampuan seseorang yang paling canggih, jika dirinya merasa tidak sehebat korbannya.

Pura-pura Peduli, Padahal...

Terlalu banyak manipulasi yang dilakukan oleh seorang narsistik. Pola licik terakhir yang dilakukan orang narsistik adalah kepedulian. Ya, mereka akan menawarkan bantuan dengan cara tertentu. Namun, ini bukan kepedulian yang sesungguhnya, sebab besar kemungkinan mereka ingin mengambil kendali.

Stereotip yang melekat pada zodiak PiscesIlustrasi narsistik. (Foto: Freepik @seventyfour) 

Misal, mereka menawarkan bantuan untuk memperbaiki mobilmu, tapi mereka akan menyelesaikannya dalam waktu hitungan bulan agar kamu bergantung kepadanya soal transportasi. Dengan demikian, mereka telah masuk ke kehidupanmu dan menghancurkan mobilitasmu. 

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id