Siapa yang tidak bisa hidup tanpa gadget? Dengan maraknya hiburan yang bisa didapat dari media sosial, screen time harian kita bisa melejit. Bahkan di waktu bekerja sekalipun. Beberapa pekerjaan mengharuskan pekerjanya menggunakan handphone atau laptop yang memungkinkan adanya distraksi. Imbasnya, produktivitas pun bisa berkurang, Beauties.
Maka dari itu, kita perlu berusaha mengelola sebaik mungkin screen time kita guna menjaga hubungan tetap sehat dengan perangkat digital. Ini penting untuk membuat kita tetap fokus, produktif dan sehat mental.
Di samping itu, beberapa strategi juga kita butuhkan agar bisa mengelola screen time dengan baik. Mengutip dari laman Digitalzenlife, beberapa kiat mengelola screen time saat bekerja ini bisa coba diterapkan.
1. Tata Ulang Ruang Kerja Digital
Menata ruang kerja/ Foto: Freepik.com/freepik |
Ruang kerja yang berantakan, termasuk di perangkat digital, dapat mengganggu fokus dan meningkatkan stres. Mulailah dengan membersihkan layar desktop dari ikon-ikon yang tidak diperlukan. Simpan aplikasi atau file yang sering digunakan dalam folder tertentu agar mudah diakses.
Beauties juga bisa memilih untuk menggunakan alat manajemen tugas yang dapat membantu mengorganisasi pekerjaan. Dengan cara ini, kita bisa meminimalkan waktu berpindah antar aplikasi dan lebih fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Jangan lupa juga untuk mematikan notifikasi yang tidak penting selama jam kerja agar tidak mudah terdistraksi, ya.