Nggak Boleh Sembarangan, Ini 4 Tips Jitu Memilih Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 15 Nov 2021 16:30 WIB
Nggak Boleh Sembarangan, Ini 4 Tips Jitu Memilih Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis
Tips Memilih Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis/Foto: Pexels.com/TracyLeBlanc

Saat ini sudah banyak pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnisnya. Mulai dari bisnis yang baru dirintis hingga bisnis yang sudah bertahan puluhan tahun, semuanya kini membutuhkan media sosia. Pasalnya, tidak hanya untuk berjualan, namun media sosial juga efektif untuk menjaring calon konsumen baru.

Ada banyak platform media sosial yang bisa digunakan, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, Pinterest, hingga LinkedIn. Semua media sosial tersebut bisa digunakan sekaligus, namun ada baiknya jika kamu bisa fokus dan memaksimalkan satu atau dua media sosial terlebih dahulu.

Lantas, gimana, sih, cara yang tepat untuk memilih media sosial bagi bisnis? Simak tipsnya yuk!


Identifikasi Target Konsumen

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum memilih media sosial yang tepat untuk bisnis adalah audiens atau target konsumen. Luangkan waktu untuk melakukan riset terkait karakteristik target konsumen. Dan yang terpenting, ketahui di platform media sosial manakah target konsumen paling aktif.

Beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan saat mengidentifikasi target konsumen seperti usia, jenis kelamin, pendapatan dan tingkat pendidikan, serta apa yang sekiranya mereka minati di luar produk atau jasa yang kamu jual. Gunakan jawaban dari pertanyaan tersebut untuk membantu kamu dalam membangun profil target konsumen.


Pertimbangkan Jenis Bisnis

5 Tips Memperpanjang Umur Batrai Smartphone/freepik.comTips memilih media sosial yang tepat bagi bisnis/Foto: Freepik

Tidak hanya mengidentifikasi target konsumen, kamu juga perlu mempertimbangkan jenis bisnis yang kamu jalankan, Beauties!

Melansir dari Forbes, untuk perusahaan jenis B2C (business to consumer), Facebook dan Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat karena membantu mendapatkan visibilitas dan berinteraksi dengan konsumen. Sedangkan untuk bisnis B2B (business to business), LinkedIn membantu untuk mencari target konsumen dan membangun koneksi pribadi.


Sesuaikan dengan Tujuan Awal

kiat sukses berjualan produk di live streaming/freepik.com created by freepikTips memilih media sosial yang tepat bagi bisnis/Foto: Freepik/ Foto: freepik.com

Alasan kamu ingin mempromosikan bisnis di media sosial pada akhirnya akan memengaruhi keputusan pemilihan media sosial yang akan digunakan. Contohnya, jika kamu ingin berbagi konten dan aktif berinteraksi dengan konsumen, ada beberapa jenis media sosial yang tepat, tergantung pada konten yang dibagikan.

Namun, jika kamu ingin fokus pada customer support atau membantu pelanggan, maka Twitter dan Facebook bisa menjadi pilihan yang tepat.


Pahami Karakteristik Berbagai Platform Media Sosial

Semakin lama waktu yang kamu habiskan untuk menggunakan sosial media maka akan semakin besar pula resiko mengalami gangguan kecemasan.Tips memilih media sosial yang tepat untuk bisnis/Foto: Freepik.com/Rawpixel.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, setiap platform media sosial memiliki karakteristik dan 'cara komunikasi' tersendiri. Twitter sangat bagus untuk membangun interaksi dengan konsumen serta membahas topik yang sedang trending.

Sementara Instagram bagus untuk membagikan foto produk yang kaya visual atau review dan testimoni dari jasa yang diberikan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE