sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Pernah Dimintai 'Harga Teman' Saat Berbisnis? Begini 5 Cara Mengatasinya!

Anindya Milagsita | Rabu, 24 Mar 2021 22:30 WIB
Pernah Dimintai 'Harga Teman' Saat Berbisnis? Begini 5 Cara Mengatasinya!
caption

Ladies, buat kamu yang menekuni dunia bisnis pernahkah menemui seseorang yang meminta harga khusus karena kalian saling mengenal? Nah, kebiasaan yang satu ini seringkali disebut sebagai 'harga teman'. Sebagian orang merasa hubungan dekat yang terjalin membuat mereka bebas menawar bahkan meminta harga khusus.

Padahal enggak semua orang bisa dengan mudah dan merasa nyaman untuk memberikannya lho. Kalau kamu salah satu di antaranya, jangan khawatir. Ada berbagai cara menolak harga teman yang cukup halus dan enggak menyakiti hati. Penasaran bagaimana caranya? Let's talk about this!

1. Jelaskan Kalau Harga Sudah Pas

Menunjukkan kalau harga yang dibanderol sudah pas.
Cara Menolak Permintaan Harga Teman/sumber: freepik.com/

Saat kamu menemui teman ataupun orang terdekat yang minta harga khusus, cara menolak harga teman paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjelaskan kalau produk yang dijual sudah harga nett alias pas. Kamu bisa menunjukkan tampilan produk yang kamu upload di media sosial ataupun marketplace sebagai bukti kepadanya.

Transparansi harga yang kamu lakukan kali ini bisa memperkecil kemungkinan permintaan harga teman lho. Ini karena kamu benar-benar menunjukkan bukti kalau harga yang diberikan kepadanya sama seperti yang kamu tawarkan ke calon pembeli yang lain. 

2. Berikan Diskon Kalau Ambil Banyak

Beri harga diskon kalau ambil banyak.
Cara Menolak Permintaan Harga Teman/sumber: freepik.com/

Selanjutnya cara menolak harga teman yang satu ini bagian dari strategi yang bisa meningkatkan penjualan kamu lho. Caranya dengan memberikan diskon apabila teman atau orang terdekat membeli produk kamu dalam jumlah yang banyak. 

Selain mendapatkan keuntungan karena dapat menjual produk dengan jumlah lebih banyak, kamu juga enggak akan merugi saat memberi harga diskon. Pastikan harga diskon yang kamu berikan kepadanya worth it untuk kedua belah pihak ya, Ladies.

3. Tunjukkan Kualitas Produk

Tunjukkan kualitas produk yang dijual.
Cara Menolak Permintaan Harga Teman/sumber: freepik.com/

Saat teman atau orang terdekat kamu ragu dan tetap meminta kamu menurunkan harga yang telah ditentukan, tunjukkan kualitas produk yang kamu punya. Pernahkah kamu mendengar istilah ada harga ada rupa? Nah, istilah itu bisa kamu gunakan sebagai alasan mengapa tak bisa memberikan harga khusus alias harga teman, Ladies.

Cara menolak harga teman yang satu ini seharusnya cukup worth it kalau dirinya benar-benar membutuhkan produk yang kamu jual. Selain itu, dengan memberi tahu detail kelebihan produk juga bisa memperbesar peluang untuk menarik hati calon pembeli lho.

[Gambas:Instagram]

4. Jangan Segan Bilang Tidak

Jangan ragu untuk menolak permintaan harga teman.
Cara Menolak Permintaan Harga Teman/sumber: freepik.com/

Kalau beberapa cara menolak harga teman dengan halus tadi tak mempan, saatnya mengeluarkan jurus terakhir, Ladies. Caranya dengan berani berkata tidak. Meskipun dia teman kamu bahkan sudah sangat dekat, dengan ia terus menuntut memberi harga diskon tandanya dia tak bisa menghargai sebuah barang sekaligus usaha yang telah kamu lakukan selama ini.

Seseorang yang enggak melihat barang dan usaha sebagai sebuah hal berharga justru cenderung meremehkan. Kalau kamu menemui teman semacam ini, disarankan buat enggak menawarinya lagi produk yang kamu jual ke depannya. 

5. Buat Kesepakatan Bersama

Membuat kesepakatan untuk tak lagi memintanya di masa yang akan datang.
Cara Menolak Permintaan Harga Teman/sumber: freepik.com/

Last but not least, buat kamu yang merasa enggak enakan dan cenderung ragu untuk menolak, coba terapkan cara yang satu ini, Ladies. Kamu bisa memberikan sedikit diskon khusus untuknya dengan catatan harus membuat kesepakan terlebih dahulu. Kamu bisa memberi diskon untuk yang pertama dan terakhir kali.

Setelah memberi diskon, kamu bisa meminta dirinya untuk jangan melakukan lagi ke depannya. Selain itu, ada kesepakatan lain yang cukup menjadi win win solution lho. Caranya dengan meminta feedback positif alias testimoni kepada teman kamu. Tips ini cukup menguntungkan bagi kamu untuk meraih lebih banyak pelanggan lain. Selamat mencobanya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id