sign up SIGN UP

Nggak Disangka! Ternyata 5 Perguruan Tinggi Ini Pernah Jadi Bagian Perguruan Tinggi Lain

Ersa Monica | Beautynesia
Minggu, 29 Aug 2021 14:00 WIB
Nggak Disangka! Ternyata 5 Perguruan Tinggi Ini Pernah Jadi Bagian Perguruan Tinggi Lain
caption

Perguruan tinggi di Indonesia jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Hampir setiap perguruan tinggi memiliki sejarah yang menarik untuk dibahas.

Kalian tau nggak sih, kalau beberapa perguruan tinggi di Indonesia dalam sejarah terbentuknya, pernah menjadi bagian dari perguruan tinggi lain?

5 Perguruan Tinggi yang Pernah Jadi Bagian Perguruan Tinggi Lain

Beauties, berikut ini ada 5 perguruan tinggi yang pernah menjadi bagian dari perguruan tinggi lain. Simak di bawah ini ya, Beauties!

1. Institut Pertanian Bogor

Institus Pertanian Bogor/Foto: ipb.ac.id
Institus Pertanian Bogor/Foto: ipb.ac.id

Sebelum resmi berdiri pada tahun 1963, Institut Pertanian Bogor (IPB) sempat menjadi bagian dari Universitas Indonesia (UI). Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan UI yang letaknya di Kota Bogor merupakan cikal bakal dari IPB.

Pisahnya fakultas-fakultas tersebut dari UI berdasar pada Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 91 tahun 1963. Selanjutnya Presiden Soekarno mengesahkan keputusan pendirian IPB dengan Keputusan No. 279 Tahun 1965. Hingga saat ini hari jadi IPB diperingati setiap tanggal 1 September.

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung/Foto: itb.ac.id
Institut Teknologi Bandung/Foto: itb.ac.id

Di masa pemerintahan kolonial Belanda tepatnya tahun 1946, Universiteit van Indonesie atau yang kini dikenal sebagai Universitas Indonesia memiliki fakultas bernama Faculteit van Technische Wetenschap dan Faculteit van Exacte Wetenschap. Semenjak tahun 1950 hingga tahun 1959, kedua fakultas tersebut berubah nama menjadi Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam di bawah naungan UI.

Atas dasar gagasan dan keyakinan yang dilandasi semangat perjuangan proklamasi kemerdekaan serta wawasan ke masa depan, Pemerintah Indonesia memutuskan berdirinya Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak saat itu lah Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam resmi berpisah dari UI dan berdirilah ITB.

3. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta/Foto: uny.ac.id
Universitas Negeri Yogyakarta/Foto: uny.ac.id

Berdirinya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tak lepas dari keberadaan Fakultas Pedagogik (FP) Universitas Gajah Mada (UGM) yang didirikan pada tanggal 19 September 1995. FP UGM yang awalnya terdiri dari Bagian Pendidikan dan Bagian Pendidikan Jasmani kemudian dipecah menjadi tiga fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD),  dan  Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP) pada tanggal 2 Februari 1962.

Di tahun yang sama FKIP UGM begitu digemari masyarakat sehingga jumlah mahasiswanya mencapai 1469 orang. Berkaitan dengan hal itu maka muncul Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 92 th 1962 tentang didirikannya Institut Pendidikan Guru (IPG). Setahun kemudian FKIP dan IPG digabung menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta yang kini dikenal sebagai UNY. Menyusul FKIP dan IPG, FIP UGM juga bergabung dengan IKIP Yogyakarta.

4. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang/Foto: instagram.com/unnes_semarang
Universitas Negeri Semarang/Foto: instagram.com/unnes_semarang

Sekolah guru setingkat di atas SMA peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda menjadi cikal bakal dari Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pada tahun 1961, sekolah yang letaknya di Kota Semarang itu diintegrasikan ke dalam Universitas Diponegoro (Undip) sebagai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Di samping adanya FKIP Undip, pemerintah kemudian mendirikan IPG yang fungsi dan tujuannya sama dengan FKIP. Tak berselang lama, Presiden Soekarno membuat keputusan untuk menyatukan FKIP dan IPG menjadi IKIP. Waktu itu FKIP Undip dinilai belum dapat berdiri sendiri sehingga masih menjadi bagian IKIP Yogyakarta untuk cabang yang di Semarang. IKIP Yogyakarta Cabang Semarang itu lah yang kemudian menjadi Unnes.

5. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya/Foto: unesa.ac.id
Universitas Negeri Surabaya/Foto: unesa.ac.id

Asal mula berdirinya Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masih berhubungan dengan Universitas Airlangga (Unair). Awalnya di Surabaya terdapat kursus yang mencetak guru sekolah lanjutan.

Kursus tersebut kemudian menjadi bagian Unair dengan nama FKIP Universitas Airlangga Cabang Surabaya. Hampir mirip dengan sejarah berdirinya UNY dan UNS, agar tak terjadi dualisme di bidang pendidikan guru maka FKIP ini diintegrasikan dengan IPG menjadi IKIP Surabaya. Seiring berjalannya waktu, IKIP Surabaya kemudian berubah nama menjadi Unesa.

Beauties, itu dia fakta kampus atau cerita universitas yang jarang banyak yang tahu. Bagaimana, kampusmu apa termasuk salah satunya?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id