sign up SIGN UP

Nggak Perlu Minder! Nyatanya, Deretan Kelebihan Ini Hanya Dimiliki oleh Orang Introvert

Zeyra Haya | Beautynesia
Selasa, 09 Nov 2021 09:30 WIB
Nggak Perlu Minder! Nyatanya, Deretan Kelebihan Ini Hanya Dimiliki oleh Orang Introvert
caption

Beberapa waktu lalu tengah ramai diperbincangkan tentang tes kepribadian MBTI atau Myers-Birggs Type Indicator. Tes ini merupakan suatu pengukuran sudut pandang psikologis bagaimana seseorang bersikap dan mengambil keputusan.

Tes MBTI membedakan dua jenis kepribadian, yakni kepribadian introvert dan kepribadian extrovert. Bertolak belakang, kepribadian introvert dicirikan sebagai karakter yang tertutup sementara kepribadian extrovert memiliki karakteristik terbuka.

Cenderung dikaitkan dengan sifat pemalu dan tertutup, orang dengan kepribadian introvert kerap merasa minder karena menganggap dirinya susah bergaul dan berteman. Namun nyatanya, masih banyak sisi positif dari kepribadian introvert.

Sebuah fakta kepribadian introvert adalah sebenarnya orang dengan MBTI ini bukannya susah bergaul namun lebih suka untuk menyendiri. Waktu sendiri akan dimanfaatkan seorang introvert untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif.

Nggak Usah Minder, Kamu yang Introvert Justru Punya Kelebihan Ini

Seorang introvert akan merasa energi dalam tubuhnya terisi kembali setelah melakukan kegiatan yang ia sukai. Energi mereka akan cepat terkuras jika berada pada situasi ramai.

Bukan sulit berteman, seorang introvert hanya lebih menyukai pertemanan yang kecil tetapi dekat dan juga hangat. Mereka juga lebih menyukai menghabiskan waktu dengan teman terdekatnya saja.

Lantas apa saja kelebihan introvert dibandingkan extrovert? Beauties, berikut adalah kelebihan yang hanya dimiliki seorang introvert.

Seorang Pendengar yang Baik

Meski lebih sering diam, siapa sangka seorang introvert justru pendengar yang baik/Foto: pexels.com/Alexander Suhorucov
(Meski lebih sering diam, siapa sangka seorang introvert justru pendengar yang baik/Foto: pexels.com/Alexander Suhorucov)

Kerap disebut tidak pandai bergaul, siapa sangka seorang introvert justru adalah pendengar yang baik. Meski cenderung pendiam, saat orang lain bercerita mereka akan senang mendengarkan dan memahami perasaan serta pikiran orang tersebut.

Memiliki Kreativitas Tinggi

Meski sering menyendiri, seorang introvert memanfaatkan waktunya untuk membuat ide kreatif/Foto: pexels.com/Greta Hoffman
Seorang introvert memanfaatkan waktunya untuk membuat ide kreatif/Foto: pexels.com/Greta Hoffman

Tak sepenuhnya salah bila menyebut seorang introvert memiliki dunianya sendiri. Kesendirian yang disukai introvert akan memunculkan ide dan kreativitas dari mereka. Tak jarang seorang introvert yang suka mengurung diri di kamar justru dapat menghasilkan karya yang dapat menoreh sebuah prestasi.

Memiliki Ketenangan

Memiliki ketenangan dan dapat mengenal diri, si introvert jadi nggak punya musuh/Foto: pexels.com/Stefan Stefancik
Memiliki ketenangan dan dapat mengenal diri/Foto: pexels.com/Stefan Stefancik

Para introvert memiliki ketenangan dan dapat mengontrol emosi dengan baik sebab mereka dapat mengenal diri sendiri. Mereka tidak mudah terdistraksi oleh faktor eksternal di luar dirinya. Tak heran, seorang dengan kepribadian introvert jarang memiliki musuh dan berkonflik dengan orang lain.

Bahagia dengan Kesendirian

Jika seorang extrovert takut kesepian, introvert justru bahagia dengan kesendirian/Foto: pexels.com/Khoa Vo
Introvert bahagia dengan kesendirian/Foto: pexels.com/Khoa Vo

Kelebihan introvert lainnya adalah bahagia dengan kesendirian. Jika seorang extrovert akan merasa tertekan bila kesepian, lain halnya dengan seorang introvert. Sosok introvert lebih banyak menghabiskan waktunya untuk lebih mengenal dan mengembangkan diri. Kesendirian si introvert membawanya untuk tidak bergantung pada orang lain.

Pandai dalam Menilai Sesuatu

Pandai menilai sesuatu, seorang introvert sering disebut
(Pandai menilai sesuatu, seorang introvert sering disebut "sensitif"/Foto: pexels.com/mikoto.raw Photographer)

Berkat kebiasaannya mengamati lingkungan sekitar, seorang introvert jadi memiliki kelebihan dalam menilai sesuatu. Kelebihan ini membuatnya kerap memiliki naluri yang kuat dalam mengambil sebuah keputusan dan menilai sesuatu. 

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki seorang dengan kepribadian introvert. Kalian termasuk introvert atau extrovert nih Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id