Belanja di satu sisi memang jadi kebutuhan khusus untuk para perempuan, Beauties. Tapi, pernah nggak sih kamu merasa nggak butuh-butuh banget untuk membeli barang tertentu, tapi ujung-ujungnya kamu malah tergoda untuk belanja terus menerus.
Ternyata ada fakta psikologis di balik belanja, loh! Apalagi kalau kamu hobi belanja berulang-ulang. Ternyata ada sejumlah fakta psikologis yang dilakukan oleh brand fashion supaya konsumennya hobi belanja.
Dirangkum dari buku Social Psychology edisi ke-13, berdasarkan hasil riset psikologi sosial dari Robert Baron dan Nyla Branscombe, ini dia berbagai faktanya!
1. Artis dan Brand yang Sedang Hype
Artis atau Idola/ Foto: Freepik.com/marymarkevich |
Penelitian psikologi sosial yang dilakukan oleh Sweldens, Van Osselaer dan Janiszewski mengungkapkan iklan yang diperankan oleh artis atau influencer yang sedang hype berhasil mendorong seseorang untuk membeli produk tertentu. Ketika seorang influencer di-endorse dan memakai tas dengan model dari brand yang sedang hype, banyak orang berlomba untuk memiliki tas tersebut.
Bisa jadi kamu nggak terlalu suka dengan warna atau modelnya, bahkan merasa harganya terlalu mahal. Namun karena artis tersebut adalah idola yang disenangi banyak orang, kamu pun terdorong otomatis untuk membelinya.