STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Penasaran dengan Lucid Dream? Atur Mimpi dengan 5 Cara Ini!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 25 Aug 2021 19:30 WIB
Penasaran dengan Lucid Dream? Atur Mimpi dengan 5 Cara Ini!

Banyak dari kita berpikir bahwa bermimpi terjadi di bawah alam sadar sehingga kita tidak bisa sadar. Namun, ternyata ada fenomena yang membuktikan bahwa kita bisa bermimpi dalam keadaan sadar sehingga bisa mengontrol kejadiannya. Fenomena ini disebut sebagai lucid dream.

Lucid dream terjadi ketika kita berada di tahapan tidur Rapid Eye Movement atau REM. Ketika kita mengalami lucid dream, ternyata kejadiannya menunjukkan arti mimpi yang berbeda-beda, lho. Terlebih lagi, mengontrol mimpi kita dengan lucid dream ternyata ada caranya. Yuk simak bagaimana menerapkan lucid dream untuk mengontrol jalan cerita mimpi kita ketika tidur nyenyak.

Mencatat di Buku Sebelum Mulai Tidur

Lucid dream
Lucid dream/ Foto: Pexels/ Negative Space

Salah satu cara untuk menerapkan lucid dream adalah mencatat apa yang mau dimimpikan setiap harinya dalam sebuah buku. Buku ini layaknya seperti jurnal yang menunjukkan mimpi kita.

Ketika kita mencatat mimpi yang kita mau alami, maka kemungkinan untuk memimpikan hal itu jadi lebih besar. Selain itu, mencatat juga membantu kita mengingat sehingga kita mampu menyadari bahwa pengalaman tersebut akan terjadi.

Menjadwalkan Waktu Tidur

Lucid dream
Lucid dream/ Foto: Pexels/ Max Vakhbovych

Cara selanjutnya adalah menjadwalkan waktu tidurmu. Kamu harus mulai menjadwalkan tidurmu agar bisa terbangun setiap tidur nyenyak 5-6 jam sekali. Cara ini dikenal lebih sulit namun punya tingkat keberhasilan yang tinggi.

Mulai dengan pasang alarm di HP yang akan berbunyi setelah kamu tidur nyenyak selama 5-6 jam. Ketika terbangun, rilekskan pikiranmu dengan mengatur napas. Waktu untuk merilekskan pikiran ini hanya membutuhkan 20 menit.

Setelah 20 menit, imajinasikan mimpi yang kamu inginkan dalam pikiranmu. Aksi ini memerlukan konsentrasi yang tinggi sehingga nantinya kamu akan berhasil masuk ke tahapan lucid dream tanpa mencoba untuk tidur sebelumnya.

Mengingat Mimpi Sebelumnya

Lucid Dream
Lucid dream/ Foto: Pexels/ John Diez

Cara ini disebut sebagai Mnemonic Induction of Lucid Dreams (MILD) dan merupakan cara pertama yang digunakan para peneliti untuk memicu lucid dream seseorang. MILD merupakan cara menumbuhkan niat untuk melakukan suatu hal. Ini artinya kamu benar-benar bertekad untuk memimpikan suatu hal. Cara ini bisa diikuti dengan langkah-langkah berikut:

  1. Sebelum tertidur, coba ingat-ingat kembali mimpi yang kamu alami terakhir kalinya.
  2. Pikirkan kembali tentang mimpi tersebut.
  3. Katakan pada dirimu sendiri: “ketika aku bermimpi besok dan seterusnya, aku ingin tetap sadar walaupun sedang bermimpi”

Memeriksa Realita

Lucid Dream
Lucid dream/ Foto: Pexels/ Andrea Pacquadio

Cara ketiga adalah dengan memeriksa realita yang kita alami untuk melatih mental ketika sudah selesai bermimpi. Memeriksa realita tujuannya untuk memperhatikan kesadaran diri kita sendiri setelah terbangun dari mimpi.

Kamu bisa mulai dengan bertanya pada diri sendiri seperti “Apakah aku berada dalam mimpi?” lalu memperhatikan benda-benda di sekitar dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitarmu. Contohnya, hal pertama yang kamu bisa lakukan setelah bangun dari mimpi tidur nyenyakmu adalah memeriksa bayanganmu sendiri di depan cermin dan perhatikan apakah dirimu masih terlihat normal seperti biasanya?

Konsentrasi Sebelum Tidur

Lucid dream
Lucid dream/ Foto: Pexels/ Eren Li

Cara terakhir adalah dengan berkonsentrasi di saat kamu benar-benar merasa ngantuk dan belum tidur. Buat pikiranmu agar fokus pada mimpi yang ingin dimunculkan sebelum kamu tertidur. Contohnya, berjalan di dalam hutan, menemui seorang teman lama, maupun bertemu artis terkenal.

Cara ini cukup berisiko karena mampu memicu kegelisahan atau halusinasi pada pikiran seseorang. Namun, ketika seseorang bisa mengontrol emosinya sendiri hal itu tidak akan jadi masalah. Usahakan bahwa kalian tetap tenang dalam keadaan sadar.

Begitulah lima cara untuk memicu lucid dream ketika kita tidur nyenyak. Apakah Beauties tertarik mencoba salah satu caranya?

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE