Penting Dilakukan, 6 Cara Mengatur Waktu Terbaik Ini Dapat Membantu Kamu Cepat Mencapai Segala Tujuan!
Waktu adalah uang merupakan salah satu ungkapan yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Mengatur waktu dengan baik perlu dilakukan agar seseorang dapat produktif dalam melakukan aktivitas. Apalagi jika kamu memiliki pekerjaan yang harus segera dilakukan, maka kamu pasti perlu "time management" yang baik.
Lalu, gimana sih cara kita agar dapat membagi dan mengelola waktu yang kita miliki untuk berbagai aktivitas agar produktif untuk mencapai tujuan? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan!
1. Membuat Perencanaan dan Menetapkan Tujuan dengan Jelas
![]() Membuat Perencanaan dan Menetapkan Tujuan dengan Jelas / foto : pexels.com/BicTran |
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar waktumu dapat tertata dengan baik kamu bisa membuat perencanaan dan menetapkan tujuan secara jelas. Dengan menetapkan tujuan kamu dapat menentukan tugas atau pekerjaan apa yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Kamu juga nggak perlu bingung dan membutuhkan waktu lagi untuk berpikir tugas apa saja yang selanjutnya harus kamu lakukan.
Ketika membuat perencanaan tujuan kamu juga harus bersungguh-sungguh karena kamu ingin mencapainya dan kamu bisa menggunakan metode SMART goals (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time Bound) untuk menetapkan tujuan baik jangka pendek, menengah, maupun panjang.
2. Hindari Kebiasaan Multitasking
![]() Hindari Kebiasaan Multitasking / foto : pexels.com/KarolinaGrabowska |
Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah hindari kebiasaan multitasking. Kebiasaan ini kerap kali dilakukan apalagi anak jaman sekarang alias para usia muda pasti sering melakukan hal ini.
Adanya pikiran "jika mengerjakan sesuatu secara bersamaan dapat membuat pekerjaan lebih cepat selesai", ternyata dapat membuat fokus menurun dan tentunya hal ini berpengaruh pada produktivitasmu.
Ada baiknya untuk fokus pada satu pekerjaan terlebih dahulu, kemudian mengerjakan pekerjaan kedua. Hal ini juga dapat membantumu terhindar dari kesalahan yang mungkin dapat terjadi.
3. Menyelesaikan Pekerjaan Sesuai dengan Prioritas
![]() Menyelesaikan Pekerjaan Sesuai dengan Prioritas / foto : pexels.com/MoosePhotos |
Salah satu tantangan dalam mengatur "time management" yang baik adalah memprioritaskan hal yang benar-benar penting. Kamu harus ingat bahwa memiliki banyak prioritas berarti tidak memiliki prioritas sama sekali. Artinya, kamu harus memiliki beberapa prioritas utama dengan membuat pilihan pekerjaan apa saja yang harus kamu lakukan.
Kamu dapat melakukan beberapa hal, seperti memilah tugas yang penting dan mendesak terlebih dahulu, kemudian pertimbangkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, serta kamu bisa membuat to-do-list untuk mempermudah pekerjaan.
6 Cara Mengatur Waktu Terbaik untuk Dapat Membantu Kamu Cepat Mencapai Tujuan
Seperti Ini Cara Mengatur Waktu Terbaik/Foto: Freepik.com/ViDIstudio
4. Menetapkan Batas Waktu untuk Menyelesaikan Tugas
Agar kamu dapat melakukan pekerjaan dengan lebih fokus maka kamu harus mencoba untuk menetapkan batas waktu untuk tugas yang kamu lakukan atau istilah yang biasa kita kenal adalah menetapkan deadline. Salah satu teknik time management yang bisa kamu coba adalah metode time boxing.
Time boxing merupakan salah satu cara yang dilakukan dengan membatasi berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Seperti contohnya, kamu bisa membatasi waktu untuk menyelesaikan laporan dari jam 10-11 siang. Maka kamu harus segera menyelesaikan tugas dalam rentang waktu tersebut.
5. Mengambil Jeda Istirahat Sejenak
![]() Mengambil Jeda Istirahat Sejenak / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio |
Terlalu lama bekerja tanpa adanya jeda istirahat tentu akan membuatmu merasa susah fokus dan lelah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengambil jeda waktu untuk beristirahat sejenak agar otak dan pikiranmu lebih fresh. Dengan beristirahat, dapat membantu meningkatkan produktivitas, kesejahteraan mental, membantu pengambilan keputusan, dan meningkatkan kemampuan memori.
Bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu di depan laptop atau komputer, kamu bisa menggunakan metode 20-20-20 untuk mengatasi mata lelah dan mencegah terjadinya computer vision syndrom atau CVS. Kamu bisa mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali dan melihat objek lain sejauh 20 kaki dan dilakukan selama 20 detik.
6. Membatasi Distraksi
![]() Membatasi Distraksi / foto : pexels.com/KarolinaGrabowska |
Berbagai hal dapat membuatmu tidak fokus ketika bekerja, seperti adanya notifikasi dari gadget maupun notifikasi lainnya.
Distraksi tersebut biasanya dapat mengurangi produktivitas dan dapat meningkatkan stres. Agar terhindar dari distraksi, kamu bisa mematikan notifikasi dan jangan terlalu sering mengecek hal lain di luar pekerjaan, seperti chat pribadi atau lainnya. Kamu juga bisa mengaktifkan mode pesawat atau do not disturb pada gadget-mu.
Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa mengatur waktu lebih baik lagi dan kamu bisa lebih produktif. Semangat, Beauties!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!




