sign up SIGN UP

Perbedaan Childish dan Childlike, Sifat yang Tanpa Disadari Dimiliki oleh Orang Dewasa!

Retno Wulandari | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 23:15 WIB
Perbedaan Childish dan Childlike, Sifat yang Tanpa Disadari Dimiliki oleh Orang Dewasa!
caption
Jakarta -

Setiap manusia akan tumbuh dan beranjak menjadi dewasa. Secara psikologi, dewasa adalah proses perubahan yang dimulai pada akhir belasan tahun atau awal umur 20-an dan berakhir di umur 30-an. Di masa ini, seseorang mulai disibukkan dengan karir, keuangan, pernikahan, dan anak.

Namun, meski umur sudah terhitung dalam kategori dewasa, bukan berarti kita tidak memiliki karakter seperti anak-anak, lho, Beauties. Sadar atau tidak, kita masih memiliki karakter seperti childish dan childlike layaknya anak-anak. Lalu, apa perbedaan kedua karakter tersebut? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Definisi Childish dan Childlike

Childish

Dilansir dari jurnal Mental Disorders in Early Childhood tahun 2015, childish merupakan sifat atauĀ karakter seseorang yang belum matang secara emosional. Hal ini membuat orang yang memiliki sifat tersebut sulit untuk mengolah emosi secara efektif.

Perbedaan sifat childish dan childlike
Perbedaan sifat childish dan childlike / Foto: Freepik @drobotdean

Karakter childish ini juga bisa didefinisikan sebagai seseorang yang sudah dewasa secara fisik, tetapi belum memiliki kedewasaan secara emosional atau psikologis atau layaknya anak-anak pada umumnya. Dilansir dari Medline Plus, sifat childish bisa dikategorikan sebagai gangguan kepribadian jika terus dibiarkan.

Sifat childish ini akan menimbulkan masalah bagi orang-orang dewasa yang mengalaminya. Misalnya pekerjaan berantakan, hubungan dengan pasangan yang berjalan tidak baik, dampak bagi anak bagi yang sudah memiliki anak, dan masalah serius lainnya.

Childlike

Perbedaan sifat childish dan childlike
Perbedaan sifat childish dan childlike / Foto: Freepik @bangkokclickstudio

Childlike juga termasuk sifat atau karakter kekanak-kanakan, tetapi sifat ini sangat disukai oleh banyak orang. Yup, bisa dibilang bahwa sifat childlike merupakan kebalikan dari sifat childish, Beauties. Istilah childlike diberikan kepada orang-orang dewasa yang memiliki perilaku kekanak-kanakan yang menarik atau terlihat baik.

Meski sudah beranjak dewasa, seseorang harus mengembangkan sifat childlike dan membuang sifat childish. Memiliki karakter yang menarik seperti childlike bukanlah hal memalukan bagi orang dewasa. Sebab, sifat ini akan membuat orang-orang dewasa menjadi pribadi yang menyenangkan, berguna, dan tidak mudah menyerah.

Perbedaan Sifat Childish dan Childlike

Selain definisinya, childish dan childlike juga memiliki sifat yang cukup berbeda. Perbedaan antara keduanya ini akan membantu kamu untuk tahu apa saja sifat childish dan childlike yang kamu miliki, Beauties.

Childish

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa sifat childish:

  1. Egois
  2. Bersikap defensif
  3. Takut berkomitmen
  4. Mengelak dari tanggung jawab
  5. Melakukan perundungan
  6. Tidak memiliki pendirian
  7. Sulit mengendalikan diri
Perbedaan sifat childish dan childlike
Perbedaan sifat childish dan childlike / Foto: Freepik @miksturaproduction

Childlike

Berikut sifat childlike dan sangat penting dimiliki bahkan dikembangkan oleh orang dewasa:

  1. Antusias dan spontan
  2. imajinatif
  3. Berani menghadapi tantangan
  4. Tidak takut untuk mencoba hal baru
  5. Selalu ingin belajar banyak hal

Itulah perbedaan antara sifat childish dan childlike. Meski sudah dewasa secara umur dan fisik, nyatanya dua jenisĀ sifat anak-anak tersebut juga dimiliki oleh orang dewasa, lho. Karena memiliki dampak yang buruk, hilangkan sifat childish dan mulailah untuk mengembangkan sifat childlike.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id