sign up SIGN UP

Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Fakta Kepribadian Anak Pertama

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Jumat, 29 Apr 2022 22:30 WIB
Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Fakta Kepribadian Anak Pertama
caption
Jakarta -

Ada banyak cara untuk mengetahui karakter atau kepribadian diri sendiri maupun orang lain. Bisa mengikuti tes kepribadian MBTI (Myers–Briggs Type Indicator), melihat dari makanan favoritnya, hingga urutan kelahiran. 

Dilansir dari Everyday Health, seorang psikiater sekaligus penemu teori urutan kelahiran bernama Alfred Adler, meyakini bahwa kepribadian seseorang dipengaruhi oleh urutan kelahiran. Misalnya, anak bungsu yang dianggap memiliki kepribadian penyayang, humoris, manipulatif, dan cenderung manja. 

Lantas, bagaimana kepribadian anak pertama? Yuk, simak kepribadian yang dimiliki anak pertama atau anak sulung, baik pria maupun perempuan berikut ini. 

Mandiri

Anak pertama cenderung lebih mandiri
anak pertama/Foto: pexels.com/ Liza Summer

Karakter atau kepribadian yang dimiliki oleh anak pertama ini sudah bukan rahasia lagi. Mereka cenderung lebih mandiri dibandingkan saudaranya yang lain. Hal ini dikarenakan, perhatian orang tuanya nggak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga harus terbagi dengan adiknya. 

Kondisi ini membuat anak pertama harus bisa mengandalkan diri sendiri dan akhirnya mereka pun terbiasa melakukan segala sesuatu sendiri. 

Bertanggung jawab

Anak pertama punya rasa tanggung jawab yang tinggi
karakter anak pertama/Foto: pexels.com/Gary Barnes

Anak pertama juga memiliki karakter yang lebih bertanggung jawab. Secara nggak langsung, karakter ini tumbuh saat orang tua meminta anak pertama untuk menjaga dan melindungi adik-adiknya. Alhasil, terbentuklah rasa tanggung jawab dalam diri anak nomor satu ini. 

Perfeksionis

Anak pertama cenderung perfeksionis
kepribadian anak pertama/Foto: pexels.com/George Milton

Kepribadian anak pertama yang perfeksionis ini didasari pada keinginannya untuk membuat orang tua terkesan. Oleh karena itu, anak yang terlahir pada urutan pertama akan berusaha untuk melakukan yang terbaik demi mewujudkan impian orang tuanya. 

Kepribadian ini memang terlihat baik, tetapi di lain sisi, kepribadian mereka yang perfeksionis ini juga akan menyulitkan mereka karena selalu menuntut diri untuk tampil sempurna. 

Berjiwa Pemimpin

Kepribadian anak pertama
kepribadian/Foto: pexels.com/Mikhail Nilov

Rasa tanggung jawab yang besar dalam diri anak pertama, ternyata menumbuhkan jiwa kepemimpinan mereka. Pasalnya, anak pertama terbiasa memimpin diri sendiri maupun adiknya sejak kecil. 

Namun, pada sebagian anak, kepribadian ini justru membuatnya jadi suka memerintah orang lain. Oleh karena itu, dibutuhkan peran orang tua agar bisa mengarahkan jiwa kepemimpinan anaknya ke arah yang baik. 

Cenderung serius

Anak pertama biasanya lebih serius
anak sulung/Foto: pexels.com/Craig Adderley

Kalau anak bungsu cenderung lebih humoris, anak pertama justru kebalikannya. Mereka cenderung lebih serius. Apalagi, dalam menanggapi suatu hal yang penting. 

Mereka nggak suka main-main. Bahkan, mereka bisa marah, lho kalau di saat-saat penting adik atau orang-orang di sekitarnya justru terlihat santai dan main-main. 

Nah, itu dia beberapa kepribadian yang dimiliki anak pertama. Sesuaikah dengan kamu yang terlahir sebagai anak pertama? Tinggalkan komentar di bawah, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id