Perbedaan Fandom 3 Generasi idol K-Pop, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

Nevitalia Rosananda | Beautynesia
Kamis, 05 Jan 2023 06:00 WIB
Girls Generation girl group terpopuler pada generasi kedua / Foto: creatrip.com

Berapa banyak yang kamu ketahui tentang sejarah K-Pop? Sudah lebih dari 20 tahun sejak berdirinya K-Pop di Korea. K-Pop mulai dikenal mendunia pada tahun 2000-an pada era Big Bang dan semakin besar hingga kini.

Tidak hanya musik dan grup K-Pop yang berkembang seiring waktu, setiap fandom K-Pop juga memiliki sejarah tersendiri dalam mendukung idola mereka. Melansir creatrip, yuk, intip bagaimana setiap fandom berbeda generasi ini mendukung idola mereka!

Idol K-Pop Generasi Kedua


Fandom generasi kedua yang memotret idolanya dengan kamera besar / Foto: creatrip.com

Tahun aktif K-Pop generasi kedua dimulai pada 2005 hingga 2012. Beberapa boy group yang aktif pada generasi ini adalah TVXQ, Super Junior, Big Bang, SS501, SHINee, 2PM, dan lainnya.

Sedangkan girl gorup K-Pop yang populer pada generasi kedua ada Girls' Generation, Wonder Girls, KARA, 2NE1, Sistar, dan masih banyak lagi. Selama masa ini, idol K-Pop generasi kedua paling aktif mengembangkan industri musik K-Pop dan berhasil tumbuh secara signifikan.

Idol generasi kedua juga mulai dicintai oleh sebagian besar orang Korea dan mendapat fans dari luar negeri termasuk Indonesia. Fandom mereka yang sangat terkenal disebut "cannons" karena mereka akan membawa kamera besar seukuran cannons untuk memotret idola mereka.

Seperti fandom SHINee yang terkenal karena mengambil foto dan video grup berkualitas tinggi dengan kamera besar mereka.

Idol K-Pop Generasi Ketiga


EXO adalah boy group yang mengawali K-Pop generasi ketiga / Foto: creatrip.com

Tahun aktif idol K-Pop generasi ketiga adalah mulai 2013 hingga 2018. Boy group K-Pop yang populer pada generasi ini adalah BTS, EXO, Seventeen, NU'EST, VIXX, GOT7, WINNER, iKON, MONSTA X, NCT, dll.

Sedangkan untuk girl gorup ada BLACKPINK, TWICE, Red Velvet, AOA, EXID, Mamamoo, Lovelyz, GFRIEND, OH MY GIRL, WJSN, dan lainnya. Transisi antara generasi kedua dan ketiga tidak sejelas generasi pertama dan kedua. Pada masa ini idol generasi kedua juga masih aktif memproduksi musik mereka.

Walaupun idol K-Pop generasi kedua masih aktif, perbedaan antara kedua generasi itu tetap ada. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah bahwa idol generasi ketiga membuat berbagai macam konten di YouTube dan aplikasi Naver V.


Variety show yang dimulai pada K-Pop generasi ketiga / Foto: creatrip.com

Idol K-Pop generasi ketiga juga menjual banyak album. BTS, dikenal sebagai grup teratas yang memecahkan banyak rekor, terjual lebih dari 100 ribu dan mencapai lebih dari 300 ribu penjualan album setiap kali mereka merilis album baru.

Fandom generasi ketiga pun juga mulai menjual merchandise seperti photocards, postcards, dan mengadakan acara fansign.

(sim/sim)