STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Perempuan Juga Bisa, Ini 5 Wartawan Perempuan Inspiratif dan Tangguh di Indonesia!

Sherley Gucci | Beautynesia
Sabtu, 19 Mar 2022 23:00 WIB
Perempuan Juga Bisa, Ini 5 Wartawan Perempuan Inspiratif dan Tangguh di Indonesia!

Tak jarang, perempuan masih mengalami berbagai tantangan dan kesulitan karena berbagai stigma dan batasan tertentu. Seperti halnya dalam memilih bidang pekerjaan tertentu, apalagi untuk profesi pekerjaan yang pada umumnya di dominasi oleh pria, contohnya jurnalis.

Bagi sebagian orang, profesi ini masih dianggap berisiko untuk dilakukan perempua karena alasan keamanan. Alasan keamanan tersebut meliputi rentan dengan adanya seksisme dan pelecehan seksual hingga ancaman dari narasumber. Melansir dari Dewan Pers, perempuan menjadi jurnalis rentan mengalami diskriminasi di redaksi hingga saat meliput di lapangan.

Namun di Indonesia sendiri memiliki banyak sosok jurnalis perempuan hebat, tangguh, dan dapat dijadikan inspirasi. Simak 5 sosok jurnalis perempuan inspiratif di Indonesia berikut ini, yuk!

Desi Anwar

Desi Anwar
Desi Anwar/Foto: instagram.com/desianwar/

Desi Anwar merupakan salah satu jurnalis senior di Indonesia. Kariernya sebagai seorang wartawan sudah dimulai sejak tahun 1990, bahkan ia sudah masuk ke ranah internasional, lho!

Selain menjadi wartawan, kini Desi juga aktif dalam menulis buku. Salah satu bukunya yang best seller berjudul "Going Offline". Saat ini ia menjadi salah satu pembawa berita di CNN Indonesia dengan program Insight With Desi Anwar.

Najwa Shihab

Najwa Shihab
Najwa Shihab/Foto: instagram.com/najwashihab/

Najwa Shihab bukan nama yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Yup, Najwa Shihab atau yang akrab disapa 'Mba Nana' ini merupakan salah satu jurnalis inspiratif dan berbakat di Indonesia. Kepiawaiannya dalam mengorek dan mengumpulkan informasi serta mengungkapkan kebenaran dapat dilihat di program Mata Najwa. 

Mengawali karier sebagai wartawan di salah satu stasiun televisi swasta, Najwa kini menjadi salah satu sosok wartawan perempuan yang menjadi idola dan motivasi untuk banyak perempuan. Keberaniannya dalam mewawancarai narasumber dengan pertanyaan yang menyentil pun mengundang decak kagum. Kini ia juga merintis start up medianya sendiri yang bernama Narasi.

Rosi Silalahi

Rosi Silalahi
Rosi Silalahi/Foto: instagram.com/silalahirosi/

Rosiana Silalahi atau yang kerap dipanggil Rosi ini adalah salah satu jurnalis perempuan senior di Indonesia. Kariernya menjadi seorang wartawan sudah dimulai sejak ia bekerja di TVRI. Kini selain menjadi seorang pembawa berita, ia juga menjadi seorang pimpinan redaksi di media tempatnya bekerja.

Ia juga kerap mengangkat isu-isu masalah perempuan. Seperti halnya pada perayaan Hari Perempuan Internasional beberapa waktu lalu, dilansir dari Instagramnya, ia menyebutkan bahwa menjadi seorang jurnalis perempuan tidak boleh berhenti bicara.

"Jadi jurnalis perempuan itu tidak boleh berhenti 'speak up', karena itulah yang menjadi pekerjaan rumah kita,", ucapnya dalam caption di salah satu unggahan.

Frisca Clarissa

Frisca Clarissa
Frisca Clarissa/Foto: instagram.com/frisca_clarissa/

Frisca Clarissa merupakan salah sosok satu jurnalis perempuan yang wajahnya juga sudah tidak asing lagi di layar kaca. Selain menjadi jurnalis pada medianya, perempuan kelahiran Bandung ini juga menjadi seorang produser dari acara berita yang dibawakannya.

Frisca sudah memulai kariernya sebagai seorang wartawan sejak tahun 2012 dan kini ia menjadi salah satu bagian dari jurnalis Istana Kepresidenan Indonesia. Dilansir dari Instagramnya, ibu dari satu anak ini kerap membagikan keseruannya dibalik layar dari program berita yang dibawakannya.

Dana Paramita 

Dana Paramita
Dana Paramita/Foto: instagram.com/paramitadana/

Dana Paramita merupakan salah satu sosok wartawan perempuan muda yang juga aktif sebagai influencer di media sosial. Ia mengawali karier sebagai pengajar bahasa Inggris dan penyiar radio di RRI Semarang.

Melansir dari kanal YouTube pribadinya, diketahui bahwa ia bukan berasal dari bidang jurnalisme dan pekerjaannya sebagai seorang jurnalis sudah dimulai sejak masih semester 5 saat duduk di bangku kuliah. Jika dilihat dari akun Instagramnya, Dana Paramita kerap membagikan pengalaman dan cerita menariknya saat meliput berita.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE