STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Perhatian! 5 Dampak Fatal Jika Tak Punya Rencana Karier di Usia Muda

Dian Aprilia | Beautynesia
Sabtu, 06 Mar 2021 21:45 WIB
Perhatian! 5 Dampak Fatal Jika Tak Punya Rencana Karier di Usia Muda

Rencana karier memiliki peran yang sangat penting bagi setiap orang. Rencana karier berperan sebagai peta atau kompas perjalanan karier agar fokus, terarah, dan juga bisa mencapai cita-cita / impian yang diharapkan.

Jadi tidak ada tawar menawar lagi mengenai rencana karier, kamu dan setiap orang wajib punya. Bahkan sebaiknya sudah membuatnya sejak usia muda, agar perjalanan kariermu lebih gamblang dan mudah untuk mempersiapkan modal-modal sejak dini.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 dampak fatal jika tak punya rencana karier di usia muda.

Kurang Persiapan

Kurang persiapan
Kurang persiapan/pexels.com

Dampak pertama apabila kamu tak memiliki rencana karier di usia muda adalah kurangnya persiapan menuju cita-cita dan impian karier. Karier adalah perjalanan panjang bahkan bisa dibilang perjuangan seumur hidup. Oleh sebab itu, perlu disiapkan jauh-jauh hari agar persiapan matang. 

Semakin awal dan komprehensif persiapan yang kamu lakukan, maka semakin cepat dan lancar pula perjalanan kariermu. Tak usah berkecil hati, bagi kamu yang sudah melewati usia muda, tetap buat perencanaan karier agar perjalananmu ke depan bisa tertata dengan jelas. Tidak ada kata terlambat untuk sebuah perbaikan.

Tenggelam dalam Kekhawatiran

Khawatir
Khawatir/pexels.com

Bayangkan kamu akan pergi berlibur ke daerah baru, tanpa peta atau panduan apapun. Tentu kamu akan diliputi rasa kekhawatiran, ‘nanti tinggal dimana ya? uangku cukup gak ya? aman gak ya kalau berjalan sendiri di malam hari?’ dan lain-lain.

Sama halnya dengan perjalanan menuju karier impian. Kalau kamu tidak mengetahui langkah apa yang akan kamu lakukan, kamu rentan tenggelam dalam kekhawatiran. ‘bagaimana nanti pekerjaanku di masa depan? bagaimana nanti masa pensiun? apakah anak-anak dan keluargaku nanti bisa hidup enak ya?’  

Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Media sosial
Media sosial/pexels.com

Tanpa perencanaan karier, kamu akan lebih sering membandingkan diri dengan orang lain dan merasa tidak puas dengan pencapaianmu. Saat lihat timeline media sosial, ujung-ujungnya bukan happy atau terhibur malah stres karena lihat pencapaian temanmu yang sudah jauh.

Berbeda halnya jika kamu sudah punya perencanaan karier yang jelas, kamu tak akan mudah terganggu atau tertekan dengan pencapaian orang lain. Sebab kamu sibuk mewujudkan jalan kariermu sendiri dan fokus sehingga seolah-olah tak punya waktu untuk membandingkan diri dengan orang lain.

Mudah Merasa Insecure

Insecure
Insecure/pexels.com

Saat tak memiliki rencana karier, kamu lebih mudah merasa insecure atau minder dengan kondisi diri. Coba cek, pernah gak sih kamu bertanya-tanya pada diri sendiri seperti, ‘Apakah ini karir yang tepat ya?’ apa aku sudah berada di jalan yang benar? apa ini pekerjaan yang akan bikin bahagia?’ dan lainnya.

Sementara itu, saat kamu sudah memiliki perencanaan karir, langkahmu akan lebih mantap. Memang tidak menjamin mampu menjawab seluruh pertanyaan tersebut, tapi setidaknya kamu sudah lebih kokoh. Kalaupun di tengah jalan akan ada gangguan yang bikin kamu ragu, kamu bisa mengubah planning dengan lebih mudah dibandingkan mereka yang tak punya perencanaan sama sekali.

Gampang Menyerah

Menyerah
Menyerah/pexels.com

Terakhir, dampak fatal apabila kamu tak memiliki perencanaan karier adalah gampang menyerah. Saat menemui satu dua kesulitan di tengah jalan, kamu seolah sudah mendapat cap gagal dan harus berganti jalan karier. Padahal, kegagalan dan kesulitan di sepanjang jalan adalah hal yang lumrah dialami.

Bagi kamu yang sudah punya rencana karier, kamu tidak mudah menyerah jika dihadapkan dengan kesulitan. Bahkan mungkin kamu sudah memprediksi akan ada kesulitan tersebut dan menyiapkan strategi untuk menghadapinya.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE