sign up SIGN UP

LIFE

Kamu Suka Nulis? Yuk Cari Tahu Bedanya Profesi Content Writer dan Copy Writer

Anindya Milagsita | Selasa, 23 Feb 2021 16:00 WIB
Kamu Suka Nulis? Yuk Cari Tahu Bedanya Profesi Content Writer dan Copy Writer
Foto: Profesi Menulis/Freepik.com

Ladies, tahukah kamu kalau saat ini profesi kepenulisan menjanjikan untuk ditekuni? Buat kamu yang suka menulis, bisa menekuni dua profesi yang disebut sebagai content writer dan copy writer. 

Meskipun terdengar sama, keduanya punya perbedaan yang cukup jauh lho. Apa sajakah perbedaan content writer dan copy writer?

Serupa Tapi Tak Sama

Mengenal lebih dalam soal profesi content writer dan copy writer.
Beda Content Writer dan Copy Writer/sumber: freepik.com/

Terlihat serupa, ternyata dua profesi kepenulisan ini berbeda, Ladies. Meskipun sama-sama berkutat dengan tulisan, perbedaan content writer dan copy writer cukup jauh. Tak hanya hasil tulisan yang berbeda, ada hal-hal lain seperti tugas, tujuan, dan jenjang karir yang memiliki perbedaan. Apa sajakah perbedaan content writer dan copy writer? Yuk cari tahu lebih lanjut!

Content Writer vs Copy Writer

Mengenal perbedaan content writer dan copy writer.
Beda Content Writer dan Copy Writer/sumber: freepik.com

Seperti namanya content writer berfokus pada profesi dalam penulisan konten, Ladies. Konten ini bisa berupa artikel, maupun kalimat yang menarik untuk dibaca yang bertujuan untuk mengedukasi pembaca.

Untuk itulah sosok content writer dituntut untuk selalu update tentang isu dan tren terkini. Berbeda dengan copy writer yang berfokus untuk menulis kalimat menarik yang persuasif dan dapat mempengaruhi pembaca. Inilah yang membuat sosok copy writer harus lihai merangkai kata-kata yang menarik.

Job Desc yang Harus Dikerjakan

Hal-hal yang membedakan antara content writer dan copy writer.
Beda Content Writer dan Copy Writer/sumber: freepik.com/

Nah, kalau kamu udah tahu perbedaan content writer dan copy writer secara umum, saatnya mencari tahu lebih lengkap lagi, Ladies. Salah satu perbedaan di antara kedua profesi kepenulisan ini ada di job description. 

Job desc alias tugas pekerjaan content writer adalah membuat konten yang menarik di website perusahaan untuk mengedukasi pembaca. Berbeda halnya dengan copy writer yang bertugas mempromosikan produk ataupun perusahaan itu sendiri.

Target atau Goals yang Harus Dicapai

Hal-hal yang membedakan antara content writer dan copy writer.
Beda Content Writer dan Copy Writer/sumber: freepik.com/

Tak hanya job desc yang harus dipenuhi, ada target atau goals yang harus dicapai, Ladies. Perbedaan content writer dan copy writer lainnya ada di target. Kalau content writer harus mencapai goals yaitu membuat konten yang dibuat muncul di halaman pertama search engine. Berbeda dengan copy writer yang lebih ke target pencapaian produk atau jasa yang ditawarkan bisa menarik calon pembeli untuk menggunakannya. 

Jenjang Karier di Masa Depan

Perbedaan antara profesi content writer dan copy writer.
Beda Content Writer dan Copy Writer/sumber: freepik.com

Last but not least, saat kamu ingin menekuni profesi yang berkaitan erat dengan kepenulisan jangan lupa perhatikan jenjang karir yang ditawarkan ya, Ladies. Seperti content writer dan copy writer yang memiliki jenjang karir yang menarik untuk masa depan.

Content writer sendiri punya peluang sebagai editor dan bisa berlanjut sampai posisi senior manager lho. Di sisi lain, copy writer juga menawarkan jenjang karir tak kalah menarik. Mulai dari editor sampai creative director.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id