sign up SIGN UP

Peringati Hari Kanker Sedunia, Berikut 5 Artis Korea yang Pernah Berjuang Melawan Kanker

Dian Purnamasari | Beautynesia
Jumat, 04 Feb 2022 06:45 WIB
Peringati Hari Kanker Sedunia, Berikut 5 Artis Korea yang Pernah Berjuang Melawan Kanker
caption
Jakarta -

Pada Jumat, (4/2) diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahayanya kanker dan cara untuk menanggulanginya.

Dikutip dari laman WHO, kasus kematian akibat kanker di seluruh dunia, pada tahun 2020 terakhir mencapai angka 10 juta. Kasus kanker tertinggi adalah kanker payudara, sebanyak 2.26 juta kasus. Sedangkan kasus kematian tertinggi, sebanyak 1.80 juta diakibatkan kanker paru-paru.

Union for International Cancer Control (UICC), yang merupakan organisasi kanker internasional terbesar di dunia, melalui laman resminya mencetuskan, bahwa tema Hari Kanker Sedunia 2022 adalah Close the Care Gap.  

Tema ini diusung untuk menyatukan individu, organisasi dan pemerintah di seluruh dunia, dalam upaya menciptakan kesadaran dan membantu menutup kesenjangan dalam perawatan kanker. Karena kanker memang dapat menyerang siapa saja, tidak memandang profesi, status sosial atau tempat tinggal, termasuk artis Korea favoritmu, Beauties.

Padatnya aktivitas sebagai artis membuat mereka bekerja tak kenal waktu, bahkan lupa untuk berolahraga. Hal tersebut membuat tubuh mereka rentan sakit, termasuk kanker. Ditemukan beberapa kasus, artis Korea yang divonis kanker dan harus menghentikan aktivitasnya demi menjalankan perawatan.

Siapa saja artis Korea yang pernah berjuang melawan kanker? Berikut ulasannya, Beauties!

1. Park So Dam

Park So Dam divonis mengidap kanker papiler tiroid
Park So Dam divonis mengidap kanker papiler tiroid/Foto: instagram.com/sodam_park_0908

Belum lama ini publik dikejutkan dengan berita tentang Park So Dam yang divonis mengidap kanker papiler tiroid. Berita tersebut dibenarkan oleh Artis Company selaku agensi yang menaungi Park So Dam.

Menurut penuturan dari Artis Company, Park So Dam mengetahui dirinya mengidap kanker papiler tiroid saat pemeriksaan kesehatan rutin. Saat ini dirinya sudah menjalankan operasi dan sedang dalam proses pemulihan.

Kabar tentang dirinya tersebut membuat Park So Dam sedih. Pasalnya, ia jadi tidak bisa mengikuti proses peluncuran film terbarunya, Special Cargo, yang dijadwalkan tayang pada Rabu, (12/1) lalu.

2. Kim Woo Bin

Kim Woo Bin pernah mengidap kanker nasofaring
Kim Woo Bin pernah mengidap kanker nasofaring/Foto: instagram.com/___kimwoobin

Buat kamu pencinta K-drama, pasti sudah tahu jika Kim Woo Bin pernah mengidap kanker nasofaring. Penyakit tersebut ia derita pada tahun 2017, semenjak itu ia pun memilih vakum dari profesinya sebagai aktor dan fokus pada perawatan. Selama proses perawatan, sang kekasih, Shin Min Ah juga selalu setia menemaninya.

Pada tahun 2020, Kim Woo Bin berhasil sembuh dari penyakitnya dan berencana kembali berakting. Dikabarkan ada dua drama yang akan segera ia perankan, yaitu Our Blues, di mana ia dan sang kekasih ada dalam proyek drama tersebut, serta drama Black Knight yang akan segera tayang di Netflix.

3. Yoo Ah In

Yoo Ah In pernah divonis mengidap kanker tulang saat akan berangkat wamil
Yoo Ah In pernah divonis mengidap kanker tulang saat akan berangkat wamil/Foto: instagram.com/hongsick

Tidak banyak yang tahu, kalau ternyata Yoo Ah In pernah mengidap kanker pada tahun 2017. Yoo Ah In mengetahui penyakitnya saat melakukan tes kesehatan setiap bulan demi persiapan wajib militernya.

Saat pemeriksaan ditemukan sel abnormal atau tumor pada tulangnya. Karena kanker tulang yang dideritanya, ia pun di-bebastugaskan wajib militer. Saat ini ia sudah sembuh dan sudah bisa beraktivitas kembali, bahkan baru-baru ini ia baru saja menyelesaikan drama terbarunya Hellbound yang tayang di Netflix.

4. Uhm Jung Hwa

Uhm Jung Hwa pernah mengidap kanker tiroid yang membuatnya kehilangan suara
Uhm Jung Hwa pernah mengidap kanker tiroid yang membuatnya kehilangan suara/Foto: instagram.com/umaizing

Aktris sekaligus penyanyi Uhm Jung Hwa juga pernah divonis kanker tiroid. Karena penyakitnya tersebut ia sempat menghilang dari dunia hiburan Korea selama delapan tahun. Pada sebuah kesempatan, Uhm Jung Hwa bercerita bahwa kanker tiroid yang dideritanya menyebabkan ia kehilangan suara.

Ia tidak bisa berbicara selama delapan bulan, selain itu ada beberapa syarafnya yang rusak akibat operasi. Meski sempat putus asa tidak bisa kembali berkarier, tapi akhirnya ia berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu kembali bernyanyi.

Baru-baru ini, ia tergabung dalam grup vokal Refund Sister bersama Hwasa dan Jessi.

5. Choi Sung Won

Choi Sung Won kembali dilarikan ke rumah sakit karena leukimia
Choi Sung Won kembali dilarikan ke rumah sakit karena leukimia/Foto: soompi.com

Pemeran adik Deok Sun dalam drama Reply 1988 dinyatakan mengidap leukemia akut pada tahun 2016. Ia menyadari bahwa ada yang aneh pada tubuhnya, setelah ia memeriksakan diri ke dokter, ia didiagnosis mengidap leukemia. Sejak saat itu, ia pun menghentikan segala aktivitasnya di dunia akting.

Pada tahun 2020, ia kembali dilarikan ke rumah sakit karena kanker yang diidapnya kambuh. Meski sempat kritis dan membutuhkan donor darah, tapi pihak agensi mengatakan bahwa saat ini Choi Sung Won sudah melewati masa kritisnya dan kondisinya perlahan membaik.

Itulah lima aktris Korea yang pernah berjuang melawan kanker. Kita doakan semoga mereka yang saat ini sedang berjuang melawan kanker bisa segera pulih dan tidak lagi kambuh ya, Beauties.

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id