STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Perubahan Ini Jadi Tanda Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional

Dyah Arum Narwastu | Beautynesia
Selasa, 28 Sep 2021 17:00 WIB
Perubahan Ini Jadi Tanda Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional

Ada yang bilang kalau kedewasaan seseorang tidak ditentukan oleh umurnya. Hal ini memang benar, Beauties. Nyatanya, ada saja orang yang sudah berusia dewasa namun masih punya pemikiran yang belum matang.

Kedewasaan seseorang bukan cuma dinilai dari fisiknya saja, tapi juga dari kondisi mental dan kemampuannya mengelola emosi. Memangnya, apa saja tanda kita sudah dewasa secara emosional?

Tidak Menilai Orang dari Penampilan

Orang yang menjaga penampilan juga menandakan bahwa ia sayang pada diri sendiri.Menilai penampilan orang lain/ Foto: Foto: pexels.com/Ash Valiente

Sebagai hal pertama yang bisa dilihat, penampilan seringkali jadi faktor penilaian kita akan seseorang. Orang yang punya wajah jutek akan dinilai jahat, orang yang jarang berdandan dianggap malas. Padahal, semua itu tidak benar. Penampilan tidak selalu menggambarkan kepribadian seseorang secara utuh.

Kamu harus mengenal dan mengajak bicara orang lain untuk bisa mengetahui karakternya. Bahkan, itu saja tidak cukup. Orang yang sudah kita kenal bertahun-tahun pun mungkin punya sisi lain yang tidak ia tunjukkan. Jadi, kalau kamu masih menilai orang hanya dari penampilannya saja, artinya kamu belum dewasa secara emosional.

Kebahagiaan Bergantung pada Diri Sendiri

Pertama, seseorang yang mengalami patah hati umumnya akan membuatnya menjadi lebih bijak.Bahagia/ Foto: Freepik.com

Ketahuilah kalau kebahagiaan kita tergantung dari diri kita sendiri. Kamu tidak bisa menggantungkan kebahagiaan pada orang lain karena hanya akan membuatmu jadi kecewa. Jika kamu sudah bisa menggantungkan kebahagiaan pada diri sendiri, kehadiran ataupun kepergian orang lain dalam hidupmu tidak akan membuatmu kehilangan arah. Saat sudah bisa melakukan hal inilah artinya kamu sudah dewasa secara emosional.

Ikhlas Melepaskan

Bahagia/freepik.comIkhlas/ Foto: freepik.com

Dalam perjalanan hidup, kita seringkali harus melepaskan sesuatu yang tidak baik untuk kita. Entah itu pasangan, teman, atau pekerjaan. Perubahan hidup ini memang bisa membuat kita jadi sedih. Namun, orang yang sudah dewasa secara emosional akan mampu mengikhlaskan hal yang tidak baik untuknya. Saat kamu sudah bisa ikhlas, yakinlah kalau hal yang baik akan segera datang.

Mau Menerima Kritik

Apakah kamu pernah berpikir, kalau diri kita adalah pengkritik terburuk untuk diri kita sendiri? Dan ya itu adalah kebenaran mutlakMau menerima kritik/ Foto: Freepik.com

Menerima kritik memang hal yang sulit buat dilakukan. Terlebih lagi kalau kamu adalah orang yang punya ego besar. Tapi kamu harus tahu kalau mau menerima kritik adalah ciri-ciri orang yang sudah dewasa secara emosional. Tidak ada lagi gengsi untuk melihat kekurangan. Sebaliknya, kritik akan dilihat sebagai cara untuk memperbaiki diri sehingga kamu akan jadi sosok yang lebih baik lagi.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE