sign up SIGN UP

4 Penyebab Ini Mungkin Jadi Alasan di Balik Rasa Bosanmu Saat Bekerja, Coba Introspeksi Deh!

Phanie Fauziah | Kamis, 09 Sep 2021 21:00 WIB
4 Penyebab Ini Mungkin Jadi Alasan di Balik Rasa Bosanmu Saat Bekerja, Coba Introspeksi Deh!
caption

Rasa bosan memang wajar melanda kita dalam melakukan keseharian, terutama dalam pekerjaan. Bosan membuat kita menjadi mudah mengeluh, menyerah, hingga memutuskan untuk resign.

Hal tersebut sangat biasa terjadi, namun jika dalam setiap pekerjaan yang kita jalani mudah atau bahkan selalu merasa bosan, maka kita perlu melakukan introspeksi diri. Cari tahu penyebab dari rasa bosan yang kita rasakan saat bekerja di kantor.

Introspeksi Diri Penyebab Bosan di Tempat Kerja

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk mengajukan resign yang pada akhirnya malah menimbulkan penyesalan. Nah, Beauties jika kita merasa bosan di tempat kerja, ketahui penyebabnya berikut ini deh!

1. Terlalu Baperan

Baperan
Baperan Penyebab Tidak Betah di Tempat Kerja/Pexels/ Tima Miroshnichenko

Penyebab pertama adalah saat kita dikritik dan diberi saran, menerimanya dengan perasaan sakit hati atau baper. Tindakan ini justru malah membuat kita lebih mudah merasa bosan lho, Beauties! Tak hanya itu, hal ini juga membuatmu lemah secara mental dan sulit berkembang sehingga tidak bisa bekerja semaksimal. Pandangan kita tentunya berbeda dengan orang lain termasuk dalam hal pekerjaan.

Mungkin kita merasa sudah bekerja maksimal dan hasilnya pun sesuai, tapi orang lain belum tentu berpandangan yang sama dengan kita karena pada umumnya orang hanya bisa menilai. Salah ataupun benar dalam pekerjaan tentunya kita harus bisa menerima kritik dan saran dari rekan kerja maupun atasan. Apalagi jika masukan tersebut bermanfaat bagi kita, lebih tepatnya membuat kita berkembang

2. Merasa Tidak Bisa Berkembang

Merasa Tidak Berkembang
Merasa Tidak Berkembang Penyebab Bosan di tempat Kerja/Pexels/ Mikhail Nilov

Baperan, overthinking, serta pesimis adalah sifat yang membuat kita malah berpikir bahwa kita tidak bisa berkembang. Yakinlah bahwa setiap manusia memiliki kemampuan masing-masing termasuk diri kita sendiri. Hal ini tentunya memicu rasa bosan dengan pekerjaan dan merasa tidak percaya diri di tempat kerja.

Perasaan ini juga sebenarnya bisa timbul karena lingkungan kerja yang kurang sehat. Sehingga kita merasa dibatasi dalam menuangkan ide ataupun mengembangkan kemampuan. Jika hal ini terjadi, maka kita bisa mendiskusikannya dengan HRD atau bahkan dengan atasan langsung untuk mencari pemecahan yang tepat.

3. Bermasalah dengan Rekan Kerja

Bermasalah dengan Rekan Kerja
Bermasalah dengan Rekan Kerja Penyebab Bosan di Tempat Kerja/Pexels/Yan Kurkov

Penyebab rasa bosan di tempat kerja juga bisa disebabkan oleh permasalahan dengan rekan kerja. terkadang kita bertemu dengan rekan kerja yng memang tidak sesuai dengan mau dan harapan kita. Saat inilah kita diuji untuk tetap bisa berbaur dan bekerja sama dengan mereka.

Namun, jika kamu tetap tidak suka dengan rekan kerja, jangan bawa hal ini pada masalah kerjaan. Kamu perlu untuk bersikap profesional. 

4. Membandingkan Pekerjaan

Membandingkan Pekerjaan
Membandingkan Pekerjaan Penyebab Bosan di Tempat Kerja/Pexels/cottonbro

Iri hati dengan pencapaian orang lain justru malah akan membuat kita tidak berkembang, apalagi jika kita terus membandingkan kita dengan orang lain. Baik dari segi kemampuan serta pencapaian. Maka, jangan sampai perbandingan ini malah akan menimbulkan rasa bosan.

Nah, Beauties jika kita mulai merasa bosan di tempat kerja. Coba perhatikan penyebab rasa bosan di atas. Jangan sampai kita salah dalam mengambil keputusan ya, Beauties.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id