Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!

Dwi Lindah Permatasari | Beautynesia
Minggu, 26 Nov 2023 17:00 WIB
Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!
Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!/Foto: Getty Images/iStockphoto/jacoblund

Rasa takut berbicara di depan umum, kecemasan saat presentasi, atau demam panggung sering kali menjadi penyebab kita kesulitan dalam berbicara dengan lancar. Dalam hal ini, mungkin kamu membutuhkan panduan langkah demi langkah untuk membantu kamu menjadi pembicara yang lebih terampil, jelas, dan efektif.

Prinsip 7C dalam komunikasi bisa menjadi cara yang efektif untuk berkomunikasi secara profesional. Apa pun yang ingin kamu sampaikan akan lebih mudah didengar, dipahami, dan bahkan berdampak baik untuk lawan bicaramu. Meskipun tidak ada jaminan 100 persen bahwa komunikasi akan berhasil, prinsip ini dapat membuat interaksi kamu lebih positif dan produktif.

Apa saja prinsip 7C ini? Merangkum dari Study International, berikut prinsip 7C yang efektif membantu kamu untuk menjadi pembicara yang baik layaknya seorang profesional.

Clear atau Jelas

“C” yang pertama dalam prinsip 7C komunikasi adalah “Clear” yang artinya “Jelas.” Jika kamu berbicara dengan jelas, maka audiens akan dengan mudah memahami pesan yang kamu sampaikan, sehingga tidak ada ruang untuk kebingungan atau salah tafsir.

Saat kamu memberikan presentasi, bersikap jelas berarti mengatur ide-ide secara logis dan mengungkapkannya secara lugas. Daripada bertele-tele atau menggunakan kata-kata yang rumit, kamu bisa menyampaikan pesan dengan cara yang mudah dipahami semua orang. Perjelas tujuan kamu dalam berkomunikasi.

Concise atau Ringkas

Biar Makin Fasih dan Percaya Diri, Ini Tips Public Speaking Pakai Bahasa Inggris

Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!/Foto: freepik/freepik

Prinsip yang kedua yaitu “Concise” artinya “Ringkas.” Maksudnya, kamu perlu menyampaikan pesan menggunakan kata-kata sesedikit mungkin tanpa mengecualikan informasi penting yang ingin kamu sampaikan. Cara ini membuat kamu menjadi lebih fokus dalam mengungkapkan ide-ide penting, sehingga meningkatkan kualitas kamu secara keseluruhan.

Saat kamu menulis atau berbicara, tanyakan pada diri kamu sendiri. Apakah ada kata sifat yang bisa kamu hilangkan? Sering kali, kamu bisa menghilangkan kata-kata seperti “misalnya”, “semacam”, “pada dasarnya”, atau “maksud saya.”

Concrete atau Konkrit

Biar Makin Fasih dan Percaya Diri, Ini Tips Public Speaking Pakai Bahasa Inggris/foto:freepik/racool_studio

Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!/Foto: freepik/racool_studio

Ketiga, pastikan komunikasi yang kamu lakukan sudah memegang prinsip konkret. Untuk mewujudkannya, kamu harus membuat kalimat menjadi solid dan tidak ceroboh. Misalnya, ketika kamu sedang mengatur pertemuan, kamu tidak akan mengatakan, “Jika kita benar-benar lancar dalam hal ini, kita bisa bertemu sekitar jam 5 atau 6? Mungkin salah satu dari kita bisa memesan satu kamar di lantai paling atas?”

Siapa pun yang mendengarkannya tidak mengetahui waktu, tempat, dan alasan pasti pertemuan tersebut. Sehingga, kemungkinan besar tidak akan ada seorang pun yang datang. Cobalah untuk mengganti ucapan tersebut dengan kalimat, “Mari kita bertemu jam 5 sore di Ruang Rapat A di Lantai 6 untuk membahas anggaran.”

Correct atau Benar

Biar Makin Fasih dan Percaya Diri, Ini Tips Public Speaking Pakai Bahasa Inggris

Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!/Foto: freepik/katemangostar

Jika kamu ingin menjadi pembicara yang baik, menjadi “Benar” adalah salah satu dari penerapan prinsip 7C dalam komunikasi. Kebenaran ini terdapat dalam informasi faktual serta bahasa dan tata bahasa yang kamu gunakan.

Pasalnya, ketika kamu mengabaikan kebenaran dan membuat kesalahan tata bahasa, ini justru akan merusak kredibilitas dan kualitas pesan yang kamu sampaikan. Namun, apabila kamu memegang teguh prinsip “benar” di sini, kamu akan terlihat memiliki komitmen kuat dalam menyampaikan pesan tanpa kesalahan apa pun.

Coherent atau Koheren

Gaya Public Speaking berdasarkan kacamata psikologi komunikasi. foto freepik.com: freepik

Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!/Foto: Freepik/freepik

Poin kelima dari prinsip 7C komunikasi adalah “koheren.” Komunikasi yang koheren artinya penyampaian yang runtut, efektif, dan logis. Semua poin harus terhubung dan relevan dengan topik utama, serta nada dan alur yang konsisten. Ketika ide yang kamu miliki mengalir dengan lancar dan logis, itu artinya komunikasi kamu sudah koheren.

Melatih koherensi juga dapat meningkatkan kemampuan bicara kamu. Selama presentasi, ini berarti menyusun pidato kamu agar poin-poin penting dapat berpindah secara alami selama berpidato. Misalnya, saat melakukan presentasi kerja, kamu bisa memulai dengan menyatakan tujuan secara jelas, lalu menguraikan langkah-langkah untuk mencapainya satu per satu.

Complete atau Lengkap

6 Tips Rahasia Agar Kamu Lancar Public Speaking

Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!/Foto: freepik/pch.vector

Prinsip C yang keenam adalah “Complete” yang artinya “Lengkap.” komunikasi yang lengkap menunjukkan bahwa pesan kamu mencakup semua informasi dan konteks yang diperlukan. Saat menyampaikan pesan, penting untuk memberikan semua informasi yang dibutuhkan audiens untuk mengikuti alur pemikiran kamu dan memahami dari mana asalnya.

Caranya adalah sesederhana menanyakan apakah audiens memahami kamu dan apakah mereka memiliki pertanyaan. Komunikasi yang lengkap adalah tentang tidak adanya pertanyaan yang belum terjawab. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa audiens memahami pesan kamu secara komprehensif dan mengambil tindakan jika diperlukan.

Courteous atau Sopan

Ilustrasi Cemas saat Public Speaking / Foto: Pexels.com/Kampus Production

Prinsip 7C Komunikasi yang Efektif untuk Public Speaking, Bikin Kamu Tampil Profesional!/Foto: Pexels.com/Kampus Production

“Sopan” adalah komponen penting dalam prinsip 7C komunikasi. Untuk meningkatkan efektivitas komunikasi, kamu bisa mencoba bersikap sopan. Pesan kamu harus ramah, profesional, penuh perhatian, penuh hormat, terbuka, dan jujur.

Tidak ada hinaan tersembunyi atau nada pasif-agresif. Saat berbicara, kamu harus memikirkan pesan kamu dari sudut pandang penerima pesan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE