sign up SIGN UP

Punya Hewan Peliharaan Bisa Jadi Pertanda Kamu Cerdas Secara Emosional, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

Shinta Nikmah | Beautynesia
Minggu, 20 Mar 2022 10:30 WIB
Punya Hewan Peliharaan Bisa Jadi Pertanda Kamu Cerdas Secara Emosional, Kok Bisa? Ini Penjelasannya
caption

Beauties, berbicara tentang topik kecerdasan seolah tidak ada habisnya. Kita tahu bahwa kecerdasan memiliki banyak jenis, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi biasanya memiliki tanda-tanda yang bisa dilihat. 

Melansir dari laman Verywell Mind, ada 7 kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik. Di antaranya, memiliki kemampuan dalam mengenali suasana hati, memiliki empati, mampu mengontrol emosi, dan tentunya memiliki kemampuan bersosialisasi yang bagus.

Dari banyaknya tanda tersebut, ternyata ada satu fakta yang menyatakan bahwa seseorang yang memiliki hewan peliharaan ternyata berpotensi memiliki kecerdasan emosi yang bagus. Wah, bagaimana hal tersebut bisa terkorelasi? Ternyata berikut penjelasannya.

Orang yang Memiliki Hewan Peliharaan Bisa Mengelola Emosi dengan Baik

Berinteraksi dengan hewan peliharaan
Berinteraksi dengan hewan peliharaan/ Foto: freepik.com/pressfoto

Disebutkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan memiliki kecerdasan emosional lebih tinggi karena bisa mengelola emosi dengan baik. Hal tersebut diungkapkan juga oleh laman Healthline, memiliki hewan peliharaan membawa dampak positif pada kesehatan mental bagi banyak orang.

Orang dengan hewan peliharaan sering merasa kurang kesepian, merasa lebih mudah untuk mengelola stres, serta mengalami lebih sedikit gejala depresi. Perilaku sering berinteraksi dengan hewan peliharaan seperti mengajaknya berbicara atau bermain bersama, bisa membuat suasana hati lebih baik.

Tak jarang kamu juga justru sering curhat dengan hewan peliharaan sehingga stres berkurang. Perilaku tersebut jadi salah satu cara yang baik untuk mengelola emosi. Dan pengaturan emosi yang baik, seperti disebutkan di atas, adalah tanda kunci kecerdasan emosional.

Memiliki Rasa Empati yang Tinggi

Tinggi empati
Tinggi empati/ Foto: freepik.com/senivpetro

Selain memiliki pengelolaan emosi yang baik, seseorang yang memiliki hewan peliharaan juga dikatakan memiliki empati yang lebih tinggi.

Hal tersebut sejalan dengan jurnal yang dimuat dalam Research Gate yang mengambil penelitian tentang 'Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Empati Terhadap Manusia dan Hewan.' Dalam jurnal tersebut didapat hasil bahwa partisipan yang memiliki hewan peliharaan, memiliki rasa empati lebih tinggi. 

Meski kamu menganggap diri sendiri tidak memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, namun kamu tidak perlu berkecil hati, Beauties. Sebab kecerdasan emosional bisa diasah dan ditingkatkan.

Salah satunya mungkin kamu bisa mulai untuk memiliki hewan peliharaan di rumah. Selain sebagai teman, kamu bisa terhindar dari stres dan memiliki pengelolaan emosi yang baik.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id