Punya Konflik dengan Rekan Kerja yang Toxic? Atasi dengan 5 Cara Elegan Ini

ALMIRA WIJI RAHAYU | Beautynesia
Kamis, 30 Nov 2023 17:00 WIB
Punya Konflik dengan Rekan Kerja yang Toxic? Atasi dengan 5 Cara Elegan Ini
5 cara menyelesaikan konflik dengan rekan kerja yang toxic/Foto: Pexels/Antoni Shkraba

Memiliki konflik atau masalah dengan rekan kerja mungkin sering dijumpai di dunia perkantoran.

Rekan kerja yang toxic biasanya sering membuat drama yang tidak penting sampai bisa menyampaikan pendapat yang menyakiti hati. Pokoknya, dia selalu berbicara secara negatif. 

Waduh, lalu bagaimana kalau kita kena ‘apes’ dan berkonflik dengan rekan kerja seperti itu, Beauties? Dilansir dari Forbes, ada 5 cara mengatasi konflik dengan rekan kerja yang toxic. Baca sampai habis, ya! 

1. Cari Waktu yang Tepat

Ilustrasi Mendengarkan Rekan Kerja/Foto: Pexels/Alexander Suhorucov

Carilah waktu yang tepat untuk membicarakan konflik tersebut dengan rekan kerja yang bersangkutan. Menurut Forbes, membicarakan masalah secara langsung pada detik itu juga tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaliknya, akan muncul masalah baru lagi karena emosi masih menggebu-gebu. 

Lalu bagaimana cara mencari waktu yang tepat? Carilah hari yang dekat dengan munculnya konflik itu terjadi. Ajak rekan kerjamu untuk mengobrolkan masalah itu secara pribadi tanpa campur tangan orang lain. Sebab, adanya orang ketiga malah menurunkan kepercayaan satu sama lain.

2. Fokus ke Fakta, Jangan Baper!

Ilustrasi perempuan sedang mendengarkan rekan kerja/Foto: Pexels/Tirachard Kumtanom

Yang kedua, kamu harus paham betul apa penyebab konflik itu terjadi dari dirimu sendiri. Jangan ketahui dari orang lain dengan dalil ‘katanya’ atau sebatas rumor belaka. Hal ini akan mengurangi kesalahpahaman antara kalian berdua. 

Contohnya, kamu bisa ngobrol dengan mengucapkan kalimat ini secara objektif, “Saat rapat kemarin, kamu tidak membiarkanku untuk berbicara mengenai proyek terbaru. Aku merasa tidak didengar.”

3. Cari Solusi yang Tepat

Ilustrasi sedang mengobrol dengan rekan kerja/Foto: Pexels/Alexander Suhorucov

Terlalu lama berkonflik akan membuat tidak nyaman saat bekerja. Saatnya kamu untuk fokus mencari solusi yang dapat menyelesaikan masalah itu. Ajak rekan kerjamu untuk mengobrol secara empat mata dan cari rencana cadangan jika hal itu tidak bisa menyelesaikan permasalahan di antara kalian berdua. 

4. Jadi Pendengar yang Baik

Ilustrasi Perempuan sedang Bekerja/Foto: Pexels/George Milton

Menjadi pendengar yang baik mempunyai arti kamu tidak hanya mendengarkan pendapat orang lain saja, tapi kamu juga memahami perasaan si pembicara itu. Dengan menggunakan teknik ini, kamu akan menghilangkan pendapat yang sudah ada sebelumnya dan dapat mendapatkan sudut pandang baru dari konflik itu.

5. Gimana Kalau Tetap Gagal?

Ilustrasi tiga perempuan sedang berbicara/Foto: Pexels/Ketut Subiyanto

Beauties, kita memang tidak bisa memaksakan kehendak orang lain. Jika kita sudah melakukan berbagai cara, tapi rekan kerja kita tidak menggubris dan sukar untuk berdamai, saatnya kamu meminta pertolongan orang lain. Ceritakan masalah ini dengan manajer atau pihak HRD yang bersangkutan. Mereka bisa memediasi atau melakukan tindakan disiplin ke individual tersebut. 

Itu dia 5 cara menyelesaikan konflik dengan rekan kerja yang toxic. Kamu pernah mengalami juga nggak, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.