STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Quarter Life Crisis Saat Pandemi? Coba Baca Ini Dulu...

Fahira Mahza | Beautynesia
Selasa, 15 Dec 2020 12:00 WIB
Quarter Life Crisis Saat Pandemi? Coba Baca Ini Dulu...

Masa pandemi ini memanglah tidak mudah dilalui. Terjadi banyak hal yang merubah hidup dan rencana yang telah kita bangun sehingga dapat berdampak terhadap psikis seseorang. Akibat pandemi yang berkepanjangan menimbulkan kegalauan dan ketakutan tersendiri dalam menghadapi suatu masalah.

Hal ini bisa menjadi sebuah pemicu terjadinya life quarter crisis loh! Life quarter crisis adalah fase yang dialami seseorang pada rentang umur 18-30 tahun dimana mereka merasa ragu pada dirinya dan tidak memiliki arah yang biasa berhubungan dengan keluarga, karir, maupun percintaan. Karena itu, apabila tidak diatasi sedini mungkin, bisa saja nantinya akan menghancurkan diri sendiri.

1. Menggali potensi diri

ilustrasi menggali potensi diri
foto: freepik.com

Semua orang pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan. Lupakanlah kekuranganmu dan fokuslah pada kelebihanmu. Kamu dapat menggali potensi dirimu melalui hal-hal kecil yang ada di sekitarmu. Bisa melalui hobi maupun kegiatan yang biasa kamu lakukan. Jadi kamu tidak perlu cemas dan fokuslah untuk terus berkembang.

2. Stop membandingkan diri

ilustrasi stop membandingkan diri
foto: freepik.com

Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu perlu tau bahwa setiap orang itu berbeda-beda. Membandingkan dirimu dengan orang lain hanya buang-buang waktu dan menambah beban pikiran. Daripada memikirkan hidup orang lain lebih baik kamu mencari tujuanmu ataupun membuat list kegiatan yang ingin kamu lakukan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan manfaat untuk dirimu sendiri.

3. Membuat prioritas hidup

ilustrasi membuat prioritas hidup
foto: freepik.com

Quarter life crisis bisa saja disebabkan karena kebingunganmu dalam bertindak. Untuk itu sebelum merencanakan sesuatu ada baiknya kamu menentukan urutan prioritas hidupmu. Dengan begini, kamu tau mana yang kamu inginkan sehingga setiap kali kamu melangkah kamu tidak akan takut kecewa dan mulai hidup secara nyata.

4. Temukan orang yang bisa mendukungmu

ilustrasi temukan orang yang bisa mendukungmu
foto: freepik.com

Apabila kamu berada di sekeliling orang-orang yang selalu mendukung apapun yang kamu lakukan, maka hal ini bisa mengatasi quarter life crisis yang sedang kamu hadapi. Untuk memulainya, kamu bisa ikut komunitas yang memiliki minat dan hobi yang sama denganmu. Dengan begini, kamu akan merasa satu frekuensi dan nyaman berada di antara mereka. Kamu juga tidak akan merasa kesepian dan akan mulai melakukan hal-hal positif.

5. Cintai dirimu sendiri

ilustrasi cintai dirimu sendiri
foto: freepik.com

Hal yang terpenting dalam menghadapi quarter life crisis adalah kamu harus menerima dirimu apa adanya. Segala kekurangan dan kelebihan yang ada padamu merupakan bagian dari hidupmu. Karena itu mulailah dengan mencintai dirimu sendiri. Perhatikanlah hal-hal yang kamu suka. Wujudkan satu-persatu hal tersebut agar menjadi nyata. Hal ini akan membuat hidup kamu lebih menyenangkan dan indah.

Quarter life crisis sebenarnya dapat dialami oleh siapa saja. Apalagi di masa pandemi ini segala fasilitas terbatas dan dapat meningkatkan stress. Kamu harus menguatkan dirimu untuk bisa melalui fase ini. Semangat!

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE