STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Raja Charles III Perkenalkan Lambang Baru Monarki Inggris dengan Bros, Apa Artinya?

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Jumat, 16 Sep 2022 07:00 WIB
Raja Charles III Perkenalkan Lambang Baru Monarki Inggris dengan Bros, Apa Artinya?

Wafatnya Ratu Elizabeth II memberikan banyak perubahan pada sistem kerajaan Inggris, salah satunya naiknya Raja Charles III yang menggantikan kepemimpinan. Bersama dengan itu, maka royal cypher Inggris turut berganti, Beauties. Ya, monarki Inggris mempunyai simbol yang melambangkan kepemimpinan penguasanya.

Hal ini merupakan tradisi yang sudah ada mulai era Raja Henry I, periode abad 12. Namun sejak Raja Henry VIII berkuasa di abad 16, royal cypher atau lambang monarki terdiri dari dua huruf, yaitu inisial nama dan titel penguasa (Rex atau Regina).

Selama mendiang Ratu Elizabeth II berkuasa, monogram “EIIR” yang merupakan akronim dari “Elizabeth II Regina”––kata “Regina” diambil dari Bahasa Latin berarti ratu ––tercetak di mana-mana, seperti pada stempel, paspor, kotak pos, koin, seragam tentara, dan lain-lain. 

Royal cypher EIIR/
Royal cypher EIIR pada masa kekuasaan Ratu Eilzabeth II/ Foto: pinterest.com/swindonadvertiser.co.uk

Pada proklamasinya sebagai Raja Inggris hari Sabtu (10/9) pagi di Accession Council, St. James’s Palace, Raja Charles III terlihat mengenakan setelan jas hitam dengan bros berbentuk royal cypher baru tersemat pada dasinya.

Kontras dengan kain hitam, bros silver bergelimang batu permata membentuk monogram “CR”, akronim dari “Charles Rex” diambil dari Bahasa Latin yang berarti Raja Charles. Sebuah mahkota kecil diletakan di atas monogram tersebut yang mengidentifikasi takhta.

Raja Charles III/
Raja Charles III di Accession Council/ Foto: instagram.com/theroyalfamily

Resmi diperkenalkan, royal cypher selama masa kepemimpinannya, “CIIIR” atau "Charles III Rex", nantinya akan tercetak menggantikan pendahulunya, “EIIR”. Tentu butuh masa transisi cukup lama hingga sepenuhnya berubah. Siluet wajah ratu pada koin yang dicetak menghadap kanan akan berganti menjadi siluet wajah Raja Charles III menghadap ke kiri sesuai dengan ketentuan tradisi yang sudah ada dari abad 17.

Royal cypher Raja Charles III/
Royal cypher Raja Charles III/ Foto: instagram.com/theroyalfamily

Kotak pos yang lama tetap dipertahankan, tapi kotak pos baru akan tercetak simbol “CIIIR” pada permukaannya. Paspor Inggris yang dirilis atas nama Her Majesty masih tetap berlaku, tapi perubahan penulisan akan dilakukan pada paspor baru, yaitu menjadi His Majesty.

Sementara transformasi lainnya seperti stempel pos, seragam staff kerajaan dan tentara, lambang pada gedung pemerintahan dan lain sebagainya juga akan didesain dengan royal cypher baru.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE