Rayakan Satu Dekade, Sociolla Hadirkan Immersive Exhibition di Sociolla Beauty Museum
Beauties, apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata museum? Koleksi dan pameran? Benda-benda dari masa lalu? Well, lain halnya dengan museum satu ini. Bagaimana jika teknologi, seni, dan kecantikan digabungkan menjadi satu dan hadir dalam wujud museum?
Yes, you read it right! Ada museum yang siap memberimu pengalaman baru dan unik sekaligus mengedukasi dan membantu kamu mengenal dirimu lebih baik lagi!
Merayakan satu dekade atau sepuluh tahun di industry beauty tech Indonesia, pelopor omnichannel retailer kecantikan di Indonesia Sociolla menghadirkan Sociolla Beauty Museum, pameran interaktif pertama yang menggabungkan teknologi, seni, dan kecantikan.
Mengusung tema "Celebrate All The Pretty Things Inside", pameran ini menawarkan pengalaman imersif yang unik dan tidak terlupakan, Beauties.
"Anniversary kali ini sangat spesial karena menandai 10 tahun perjalanan kami bersama Sociolla Bestie. Melalui Sociolla Beauty Museum, beauty exhibition terbesar dengan pengalaman interaktif yang memadukan seni, kecantikan, dan teknologi di Indonesia, kami ingin menghadirkan pengalaman yang tak hanya seru tetapi juga bermakna. Kami berharap pameran ini menjadi simbol komitmen kami untuk terus berinovasi dan merayakan kecantikan di setiap langkah perjalanan bersama para Bestie," ujar Chrisanti Indiana, Co-founder & CMO Social Bella dalam acara Press Launch Sociolla Beauty Museum di Agora Mall, Jakarta Selatan, Kamis (20/3).
Jejak Inspiratif Sociolla di 10 Tahun
Rayakan Satu Dekade, Sociolla Hadirkan Immersive Exhibition di Sociolla Beauty Museum/ Foto: Dok. Sociolla |
Sebagai pemimpin di sektor beauty-tech, Sociolla telah meluncurkan berbagai inovasi berbasis teknologi, seperti SOCO App dan SOCO Review untuk memudahkan beauty enthusiasts dalam menemukan rekomendasi produk yang tepat. Ada pula Insight Factory by SOCO, yang menyajikan data tren kecantikan terkini untuk membantu brand memahami kebutuhan pasar.
Sociolla juga menghadirkan Omnichannel Retail & Teknologi Distribusi, yaitu integrasi pengalaman belanja online dan offline melalui sistem Gudang Terintegrasi serta distribusi berbasis teknologi untuk mempercepat rantai pasok. Tak hanya itu, ada juga Beauty Journal, sebagai platform media yang memberikan konten edukatif berbasis data untuk meningkatkan literasi kecantikan di Indonesia.
"Berawal dari e-commerce kecantikan hingga menjadi pelopor omnichannel beauty retail dengan lebih dari 100 toko di lebih dari 45 kota di Indonesia kami berkomitmen untuk membangun ekosistem kecantikan yang luas, terintegrasi dan berbasis teknologi dalam menjawab kebutuhan konsumen. Dengan penerapan teknologi AI, analitik data, serta inovasi toko omnichannel, kami berupaya memberikan pengalaman belanja kecantikan yang seamless, personal, dan berbasis wawasan data yang mendalam," ungkap Christopher Madiam, Co-founder & CEO Social Bella.
Ada Apa Saja di Sociolla Beauty Museum?
Sociolla Milestone di Sociolla Beauty Museum/Foto: Dok. Sociolla
Sociolla Beauty Museum menghadirkan berbagai area interaktif yang menawarkan pengalaman unik dan mengajak pengunjung mengeksplorasi dunia kecantikan secara menyeluruh. Terdapat tiga area immersive exhibition utama, yaitu Skin Space, Color Studio, Scent Gallery, yang memberikan pengalaman mendalam menggunakan teknologi terkini.
Nah, sebelum kamu memasuki tiga area utama, kamu akan disambut oleh pink tunnel yang sangat eye catching. Rasanya seperti berjalan memasuki dunia baru yang penuh akan kejutan dan petualangan menyenangkan!
Setelah melalui pink tunnel, kamu akan tiba di area Sociolla Milestone. Di sini, kamu bisa melihat perjalanan dan pencapaian Sociolla selama satu dekade terakhir. Kamu dapat melihat bagaimana Sociolla berkembang dari awal berdiri hingga menjadi salah satu destinasi kecantikan terbesar di Indonesia.
"Di Sociolla Milestone, kami ingin menunjukkan bahwa 10 tahun berdirinya Sociolla, ada banyak hal penting yang telah terjadi. Di sini, ada cerita soal toko pertama Sociolla, pop up pertama di 2015, cerita tentang packaging Sociolla, our pink box yang sangat ikonik, dan orang-orang di balik Sociolla," ujar Chrisanti.
Setelah mengenal Sociolla lebih dalam di Sociolla Milestone, area pertama akan mengajakmu mengenal lebih jauh soal kulit, yaitu Skin Space. Area interaktif ini dirancang untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan dan perawatan kulit. Kamu dapat mengeksplorasi berbagai aspek perawatan kulit, mulai dari kulit wajah hingga tubuh, serta memahami kebutuhan kulit melalui pengalaman yang menyenangkan.
Skin Space menghadirkan area dengan masing-masing tipe kulit, mulai dari kulit kering, hiperpigmentasi, sensitif, berjerawat, hingga penuaan. Di setiap area ini, kamu akan mendapatkan penjelasan mendalam dan menyeluruh hingga rekomendasi produk sesuai tipe kulitmu, Beauties. Menariknya, kamu juga bisa mengecek kondisi kulit kamu di area tengah ruangan melalui skin check.
Psst, nggak hanya soal kulit wajah, Skin Space juga siap membantu kamu memahami lebih dalam soal kulit tubuh hingga kulit kepala. Super lengkap!
Skin Space di Sociolla Beauty Museum/ Foto: Dok. Sociolla |
Bergeser dari Skin Space, kamu akan disambut dengan ruangan penuh warna yang siap membuat mood kamu cerah ceria! Yup, Color Studio! Di sini, kamu bisa mengetahui warna-warna terbaik sesuai dengan gaya. Selain itu, kamu juga dapat mencoba berbagai kombinasi warna untuk rambut, riasan wajah, serta pakaian agar tampilan mereka semakin sempurna.
Apakah kamu cocok dengan warna-warna Spring, Summer, Autumn, atau Winter? Color Studio siap membantu kamu untuk mengeksplorasi berbagai warna yang pas denganmu. The good news is, every spot is aesthetically pleasing and eye-catching, making it, of course, Instagrammable! Cocok banget buat kamu yang hobi foto-foto gemas.
"Selain menemukan their best colour, pengunjung juga bisa menemukan their best pink, signature colournya Sociolla. Mungkin kita berpikir bahwa warna pink itu nggak cocok di kita. Tapi, Sociolla percaya bahwa pasti ada shade pink yang cocok untuk semua orang," ujar Chrisanti.
Color Studio di Sociolla Beauty Museum/ Foto: Dok. Sociolla |
Last but not least, ada area interaktif Scent Gallery. Filosofi yang dihadirkan di sini adalah aroma bisa membangkitkan kenangan atau emosi tertentu. Kamu pasti pernah mencium aroma tertentu dan seolah-seolah langsung berada di momen tertentu di masa lalu dalam hidupmu, bukan? Inilah yang berusaha dihadirkan Sociolla—selain mengajakmu untuk mengeksplorasi berbagai aroma atau wewangian yang siap memanjakan hidung.
Di area ini, Sociolla menghadirkan galeri yang menawarkan pengalaman sensorik unik dengan berbagai aroma khas. Kamu dapat menikmati instalasi interaktif untuk mencium berbagai jenis wewangian, sekaligus belajar tentang "fragrance wheel" dan karakteristik setiap jenis aroma.
Ada enam ruangan yang dihadirkan di Scent Gallery dengan instalasi yang menampilkan visualisasi dari masing-masing aroma:
- Floral room: ruangan dengan aroma bunga yang lembut menyatu dengan instalasi bunga berwarna putih.
- Fruity room: ruangan dengan aroma buah yang manis dan segar dipadukan dengan instalasi dengan nuansa cerah dan playful layaknya pesta musim panas.
- Woody room: ruangan dengan aroma kayu yang hangat dan earthy dengan instalasi layaknya ruang baca yang membuatmu rileks dan fokus.
- Green room: pencinta alam merapat! Ruangan ini menghadirkan aroma segar dan alami, seperti bau dedaunan yang basah atau rumput yang baru dipotong. Instalasi bambu, bebatuan, hingga sungai membuat kamu seperti ada di alam terbuka!
- Gourmand room: suka dengan aroma kafe yang menjual dessert? Gourmand room is for you! Aroma vanilla yang manis siap memanjakan hidung, serasa seperti sedang berada di kafe!
- Aquatic room: sejuk, segar, dan rileks adalah sensasi yang akan kamu rasakan begitu menginjakkan kaki di Aquatic room. Dengan nuansa bawah laut dan warna biru yang menenangkan, aroma segar khas laut akan membuatmu betah.
Ada Sociolla Beauty Bazaar hingga SOCO Star Lounge
Ada Sociolla Beauty Bazaar hingga SOCO Star Lounge/Foto: Dok. Sociolla
Selesai mengunjungi tiga area immersive exhibition, layaknya museum pada umumnya, kamu bisa berbelanja di Gift Shop, yaitu toko eksklusif yang menawarkan berbagai pilihan produk kecantikan dan merchandise spesial Sociolla 10th Anniversary. Kamu bisa mendapatkan produk dengan penawaran menarik dan hadiah spesial sebagai kenang-kenangan dari acara ini.
"Sociolla Beauty Museum menghadirkan Gift Shop, di sini juga ada tester corner, di mana pengunjung bisa coba berbagai produk kemudian berbelanja," ujar Chrisanti.
Pameran kecantikan ikonik Sociolla Beauty Bazaar juga turut hadir pada 21-29 Maret 2025. Bazaar ini menawarkan diskon hingga 90 persen untuk ribuan produk kecantikan dari brand ternama seperti COSRX, Skin1004, Mediheal, Erha, Skintific, ESQA, Make Over, hingga Innisfree. Pengguna baru aplikasi SOCO juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon 20 persen untuk pembelian pertama serta berbagai freebies menarik melalui games dan aktivitas interaktif selama acara berlangsung.
Lelah dan butuh sesuatu yang manis dan segar setelah puas berkeliling Sociolla Museum Beauty? Worry not, Sociolla Pink Cafe siap menjamu dengan berbagai pilihan makanan dan minuman kekinian dari brand lokal favorit, yang telah dikurasi khusus oleh Sociolla. Pengunjung bisa menikmati pengalaman bersantap yang unik dan estetik di sini.
Selain itu, ada juga Moms & Lil' Ones Lounge by Lilla, yaitu area yang dirancang khusus untuk kamu yang membawa anak kecil. Tersedia fasilitas tempat penggantian popok, nursing room, hingga mini play area untuk si Kecil bermain.
Ada satu inovasi teranyar dari Sociolla yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Soco Star Lounge. Ini adalah lounge eksklusif untuk berbagai aktivitas menarik, seperti workshop, make-up class, workout session, nonton bareng, dan lainnya.
Di area ini, untuk pertama kalinya Sociolla juga akan mengadakan “Connect by SOCO”, sebuah platform diskusi eksklusif dan inspiratif yang menghadirkan para pemimpin industri dan figur publik untuk berbagi insights dari berbagai industri, mulai dari beauty, fashion, wellness, culinary, finance & technology, hingga leadership yang akan dilaksanakan pada 14-17 April 2025. Super menarik, bukan?
Sociolla Beauty Museum menawarkan paket lengkap pengalaman tak terlupakan untuk eksplorasi kecantikan dan pengembangan diri. Mulai dari mendapatkan edukasi mendalam soal kulit, mengetahui warna terbaik, mencium berbagai aroma dengan instalasi interaktif, berbelanja, hingga mendapatkan insight baru dari figur inspiratif.
Sociolla Beauty Museum berlangsung selama 21 Maret hingga 27 April 2025, di Lower 2 Ballroom Agora Mall, Thamrin Nine, Jakarta Pusat. Kamu bisa menikmati Sociolla Beauty Museum dengan membeli tiket masuk seharga Rp30 ribu. Dengan ragam pengalaman imersif dan interaktif, Sociolla Beauty Museum dirancang tidak hanya untuk para beauty enthusiasts, tetapi juga untuk pelanggan yang lebih luas, memberikan pengalaman eksplorasi yang menyenangkan.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Rayakan Satu Dekade, Sociolla Hadirkan Immersive Exhibition di Sociolla Beauty Museum/ Foto: Dok. Sociolla
Skin Space di Sociolla Beauty Museum/ Foto: Dok. Sociolla
Color Studio di Sociolla Beauty Museum/ Foto: Dok. Sociolla